Minum Jamu Gendong

Jamu Gendong di Pasar Papringan
Pagi pagi di week end ini saya  ibunya anak anak sudah menyetop ibu jamu gendong, sementara saya membersihkan kebun di halaman rumah, dan saya ikut minum jamu juga. Minum Jamu Gendong ternyata menurut si embok jamu ada manfaatnya untuk menjaga kebugaran sehat lho pak. Konon semua jamu yang dijualnya itu dibuat disiapkan sendiri, bahannya dari pasar dekat rumahnya.

Kebetulan kami semua senang minum jamu , maka ternyata ibunya sudah sering berlangganan membeli jamu gendong yang ini. Alhamdulillah memang sedap ada manisnya, ada pedasnya ada juga pahiiiitnya trus pahit itu yang saya minum. Karena saya minta yang pahitnya ditambah. dicampur semua jenis jamu.

Apasaja Jamu Gendong

Ada bermacam jenis jamu dalam botolnya jamu gendong, antara lain : kunyit asem, beras kencur, pahitan, Jahe wangi dan lainnya saya lupa padahal sudah tanya.

Satu hal yang saya catat bahwa katanya minum jamu dapat mengurangi penyakit gula darah .

Saya tanya Jamu yang mana ? Yang ini dia tunjuk Botol berwarna kekuning mudaan dan itu ternyata kunyit hitam atau di Jawa disebut Temu Ireng. Ya ya ini dapat membantu penderita diabetes melitus.

Sedang tadi yang saya minum campuran beras kencur, kunyit asem dan pahitan ini yang kuingat, Gunanya untuk Kesehatan belaka, beras kencur untuk menghangatkan badan tidak mempan didekati nyamuk. Sedang kunyit asem untuk menjaga usus tetap sehat tidak kena sakit radang usus dan asam lambung. Satu lagi pahitan untuk menjaga kelenjar dan daleman dari penyakit berat malaria, DB dan lainnya.......Itu kata si embok jamu.

 

Dikebun ada Tanaman itu

Omong omong tentang bahan yang dibelinya dipasar, ada jahe, kunyit, akar akar pahit, brotowali dan lainnya biasanya orang tidak terasa sudah ada tanaman itu di dalam kebunnya. Cuma tidak familiar jenis tanaman itu.

Jahe dan kunyit saya yakin di tanam juga dikebun saya dan semua orang , nah lainnya itu di pasar saja adanya.

Biasanya kalau orang daerah suka bertanam tumbuhan keperluan dapur termasuk Cabai, Jahe, Kunyit , Kencur dan Pepaya, dan lainnya. 

Ada juga yang menanam daun salam, Salam koja , Serai, Kemangi, dan daun kenikir

Pilih Jamu Gendong  Botolan

Jamu Gendong  botolan
Saya cuma satu hal kalau membeli jamu gendong , yaitu yang memakai botol kaca, bukan yang memakai botol bekas aqua atau botol plastik.

Soal Mitos jumlah botol ganjil atau genap saya tak peduli, itu hanyalah ungkapan isap jempol belaka. menurut saya.

Alasan memilih jamu gendong yang memakai botol kaca, adalah sterilisasi bagi botol kaca lebih baik menurut saya. Maka jamunya untuk diminum juga insya Allah lebih baik.

Plastik mungkin lebih ringan bagi mbok Jamu, namun dari segi menjaga kebersihan Botol lebih mudah dibersihkan dari pada plastik, so jelas botol lebih terjamin dalam hal ini dari pada lainnya.

So perhatikan sebelum minum jamu, Bukan saja  hanya memerhatikan mbok Jamunya saja melainkan apa yang akan kamu mau beli...Jamu saja kan?

Lah sudah lah jamu saja. KLIK DISINI SAJA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel