Sopak Akar Tin

Sopak Akar

Sopak akar Tin
Istilah ini adalah dimaksudkan membentuk pertumbuhan akar baru dibagian pangkal batang primer Tin yang sedang atau hampir mati, meluruh daunnya.  Ini dimaksudkan untuk merangsang pembentukan akar baru di atas tanah tanaman pertama.

Sopak Akar di pasang untuk menjadikan pertumbuhan akar baru. Dan ini dipraktikkan manakala pokok Tin kamu mati yang disebab kan oleh busuk akar bawah. Karena binatang anai anai, atau lainnya. Maka jangan kawatir. 

Pokok Tin ini menunjukkan sifat akarnya berkembang di atas. Pokok lain berakar mulai dari bawah. Nah Tin tidak. Dia muncul akar di permukaan media tanam. Perhatikan seksama setiap tanaman Tin yang baru saja kamu tambah tanah. Selalu akan muncul akar baru secara cepat di permukaan.  

Akar di atas

Sifat pokok Tin sendiri menunjukkan pertumbuhan akar berada di atas. Coba kamu stek batang Tin dan tunggu beberapa hari, maka akan muncul akar di atas , bukan di pangkal bawah. Itu sifat pokok Tin ini. Oleh sebab itu , maka dengan menambah media tanam di atas tanah pertama akan memberi peluang batang primer untuk membentuk akar baru.

Dengan kelebihan atau sebut kekurangan ini maka kamu tahu bagaimana mengelolanya. Kalau saya dengan menambah media selapis demi selapis setiap sudah mulai tumbuh akar baru. Perhatikan pada tanaman Tin kamu.


Media dengan zat penumbuh akar

Pergunakan media tanam yang sudah dicampur dengan perangsang penumbuh akar. Misalnya pupuk dengan banyak Nitrogen. Atau gunakan olesan Root Up pada batang sebelum di tambah media baru.

Yang paling baik adalah kotoran ayam yang sudah dikeringkan atau sudah cukup lama. Kohe ini lebih kurang menjadi pembawa serangga atau hewan tanah semacam uret atau lipan halus.

Tabur Furadan 3G di media baru

Saya menambah obat pengusir binatang tanah sistemik Furadan 3G dalam media baru yang digunakan. Dengan maksud setelah tumbuh akar baru , maka akan menyerap zat dari obat tersebut dan masuk kedalam jaringan tubuh pokok Tin. Lepas itu selanjutnya kalau binatang tanah memakan ujung akar atau daun  muda akan merasa kan tidak nyaman tidak sedap, ini secara sistemik obat tadi sudah berkerja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel