Belajar Membaca

Belajar membaca sejak dini
Membaca sudah sangat lama ditekankan dalam kegiatan kehidupan manusia, bahkan sejak jaman Nabi Muhammad saw. Belajar membaca sudah di firmankan melalui turunnya surah Al Iqro, dan momentum ini memberikan inspirasi bagi banyak orang untuk membaca dan belajar membaca. Melalui gemar belajar membaca , maka banyak ilmu pengetahuan dan informasi yang dapat diserap kedalam pikiran dan otak kita sehingga menjadi bertambahnya wawasan ilmu pengetahuan serta menjadikan orang punya ilmu.

Waktu kecil dulu selalu disuruh suruh untuk belajar mengaji ke surau mbah Ibu waktu itu, namun masih kecil  tahu makna artinya apa yang sedang  dipelajari sehingga merasa beban dalam hal ini. Akan tetapi sekarang merasa menyesal kok tidak dari dulu mengenal membaca lebih awal akan lebiik hasilnya. Insya Allah. Ini dalam hal belajar membaca Al Quran.

Bukan saja tersebut diatas, melainkan dalam sekolah pun hendaknya belajar membaca menjadi topik yang paling utama. Coba saja kalau terlambat belajar membaca, kan semakin tidak mampu menyerap apa pelajaran yang diberikan oleh guru klas. Ai pelajaran sekolah yang banyak buku diktat  tugas. Maka belajar membaca menjadi wajib dan nomer satu untuk didahulukan sebelum pelajaran lainnya.

So itulah , maka dikelas duduk pertama pelajarannya adalah membaca Abjad A i u e o, na ni nu ne no, ta ti tu te to... dan sebagainya. Pun sewaktu dirusau mbah Ibu disuruhnya membaca Alip Bak Tak Sak Jin .....dan seterusnya.

Mengajar anak belajar membaca

Untuk si kecil kesayanganmu juga perlu diajarkan membaca sejak dini, banyak survey telah melakukan penelitian tentang positipnya memberikan anak kecil belajar membaca. maka didalam perkembangan otaknya akan menjadi lebih berwawasan luas, mudah untuk menerima pengetahuan dari guruguru berikutnya.

Maka ada sementara orang yang mengirim anaknya belajar Al Quran dulu sampai Hafids , dan kalau sudah hafal Quran baru belajar di SD, insya Allah lebih mudah menyerap pelajarannya.  Jangankan soal pengetahuan pelajaran sekolah, lah wong isi Al Quran saja dia sudah dapat hafal. 

Mungkin lebih banyak lagi manfaatnya lebih didahulukan belajar AL Quran, banyak bukti dan keterangan dari teman saya yang memang sangat bagus kalau bisa mengirim anaknya untuk belajar membaca Quran dulu. 

Bagi saya solusinya karena anakj sudah sekolah dan sudah hampir remaja, maka saya memanggil guru ngaji untuk belajar membaca Quran di petang hari, sehingga malam masih dapat belajar sekolahnya, dan pagi sampai siang sudah pasti banyak belajar dengan pelajaran sekolah. Cukup dua kali seminggu saya bagikan anak anak wajib belajar membaca Quran, alhamdulillah mereka sudah pintar tajwid, malah lebih  baik dari saya sendiri.

Lain lagi Belajar Membaca Memberikan wawasan luas

Dengan memberikan waktu anak anak sejak dini untuk belajar membaca, maka dapat membuat si kecil menjadi senang membaca secara sendirinya. Dari sisi ini dia akan secara tidak langsung banyak menyerap ilmupengetahuan dan membuka wawasan pikirnya menjadi anak yang luas berwawasan.

Kalau sudah banyak menyerap wawasan pengetahuan, maka anak anak kelak setelah berkembang akan mempunyai banyak informasi dan membuatnya mudah berkreasi inovasi di dalam segala hal yang dia hadapi.

Misalnya sedang menerima tugas sekolah, maka tidak lagi bingung melainkan sudah langsung mempunyai wacana mau membuat apa dan sebagainya.

Begitu pentingnya belajar membaca

Sebegitu pentingnya mengajari anak lebih dini untuk belajar membaca, ini sudah pernah diteliti diluar negri sana. Bahkan dalam tulisan ilmiah seorang pakar pendidikan sudah pernah dibahas dalam presentasinya.

Maknanya bukan sekedar membuat anak menjadi bisa membaca saja, melainkan belajar membaca sejak dini akan memberikan banyak hal positip yang tidak terasa secara langsung . 

Setelah sekian tahun anak berkembang dalam kehidupannya akan nampak berbeda dengan yang tidak belajar sama sekali. Inilah yang perlu disimak dari mengajar anak belajar membaca sejak dini.

Kalau ada yang memberikan buku bergambar macam macam hewan sambil mengajak bicara kepada si baby kecilnya. Maka seorang ibu itu sedang mengajar membaca anak nanak mereka. Dan ini sangat baik dan positip kelak kemudian hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel