LSU Gold Lolos Ujian Musim Hujan

LSU Gold masih tua belum matang
Saya bukan hobiis atau pekebun, tetapi sekedar punya saya menanam pokok Tin, secara tidak sengaja ketika main ke penjual tanaman ada pokok itu dan saya beli. LSU Gold lolos ujian musim hujan menurut pendapat saya, dapat di iyakan. Lantaran pokok Tin yang aslinya dikembangkan oleh Universitas Lousiana ini memang yang boleh tahan diantara jenis lainnya.

Perlu diketahui saya membeli satu dua satu dua dan akhirnya ada sekitar 50 lebih jenis pokok Tin. Nah diantara yang tahan dimusim hujan dialah LSU Gold. Dan sekarang tetap memberikan buah nya yang lumayan enak.  Tahu lah kalau musim hujan pokok Tin yang konon buah dari surga ini akan mengalami masalah rontok daun atau kena wabah bercak daun, karat daun yang menyebabkan lama lama mati layu batang.

Kalau sudah karat daun obatnya tidak ada yang Jozz , semua katanya katanya dan katanya saja. Itu iklan boleh saja, terbukti memang tetap daun berkarat dan makinm menjalar ke daun baru dan lama lama tinggal sedikit daun kuncup dan akhir nya tak berdaun, pokok mati lah.

Tanaman Tin ini berasal dari daerah Mediterania yang sedikit hujan, dan bersisitim cuaca kering tidak lembab semacam disini. Sehingga yang disana dapat hidup subur  bin berbuah lebat, maka setelah datang ke Indonesia belum tentu. Mungkin sudah adaptasi dari satu pekebun ke yang bari kedua ketiga dan seterusnya.

Akan tetapi yang namanya cultivar asli masih saja menjadi habitat yang tetap tidak 100% seperti semua di asal muasalnya. Inilah yang perlu diadaptasi dan ini tananam yang perlu khusus cara penangannannya.
LSU Gold matang

LSU Gold lolos ujian musim hujan

Yang pasti jenis LSU Gold di temapa saya tanam ini paling tahan masih hidup segar biasa meskipun melalui musim hujan yang berterusan beberapa bulan lalu. Bahka sekarang dimusim panas sekian bulan justru dia memberikan buah yang muantap berwarna hujau kekuningan bersih bulat dan segar, berat mencapai 70 gram, rasanya manis lumayan, nilai juice biasa saja, masih dibawah buah Tin Brown Turkey, yang pastinya kalau matang ada harum baunya manis harum begitu.

Jenis yang satu ini dengan batang nglancir daun terkumpul di pucuk batang dan buahnya, serta cabangnya sedikit saja. Umur pokok LSU Gold saya ini tanamnya setahun lalu. So rata rata kalau lewat musim hujan masih bertahan, maka akan memberikan isyarat saya akan tanam perbanyak lagi. Yang sudah mati berarti tidak lolos ujian.

 

LSU GOLD DI USA

LSU di negara asalnya
Di negara tempat dia dikembangkan cultivar ini sangat baik pertumbuhannya,mungkin karena sedang dalam penelitian boleh jadi. Akan tetapi sudah sejak puluh tahun belasan tahun lalu sampai sekarang masih tumbuh bagus.

Saya kira musim dan iklim disana menunjang, tidak lembab seperti di sini di Indonesia.

Pada abad ke 16 tanaman ini dibawa dari Yunani kuno, atau dari asia kecil. Menurut sumber daerah asalnya adalah Anatole (sekarang wilayah Asia Barat Daya, atau Turkey dan sekiatarnya). Melalui orang orang perdagangan dan misionaris.

Di Amerika dikembangkan di pantai Timur wilayah California, tetapi lebih berkembang di Lousiana Utara. Sedang ditempat asalnya di Yunani dan Mediterania sejak abad 16 sudah dibawa ke benua Amerika di pantai Timur California oleh misionaris dan pedagang pada waktu itu.


Menurut AGFarm Lousiana:

LSU Gold
LSU Gold - Sebuah buah ara kuning besar dengan pulpa merah muda hingga merah muda. Karena buah memiliki mata terbuka saat matang, maka buah harus dipetik segera setelah mencapai kematangan karena pembusukan buah dapat terjadi selama pematangan pada periode kelembaban tinggi. 

LSU Gold memiliki kualitas yang baik untuk dimakan segar dan diawetkan

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel