Rubado Figs Fruit

Rubado dari Pomona, Italia
Cultivar Rubado banyak dikembangkan di Texas sejak abad 16, dan terus berkembang sampai sekarang, bersama cultivar samanya adalah San Pieco dan Verde Passo. Rubado Figs Fruit mempunyai ciri daun berjari dalam, dan tipis saja, sehingga tidak tahan panas terik, daunkecil ukurannya. Sedang buahnya hanya berberat 45 gram bahkan 30 gram saja, berwarna hijau sedikit bergaris tembaga, rasanya manis , segar begitu agak juice.

Asal Species Ficus Carica Rubado bukan dari Texas, melainkan Italia persisnya Pomona. Hidup dalam kultur iklim yang cocok di daerah Italia tersebut di kebun petani di daerah. Kemudian dibawa ke Amerika bersama varietas lainnya macam Brown Turkey dari Asia Kecil, 


Di Indonesia tidak banyak dikenal seperti tanaman Tin Green Yordan, Red Pelestine, dan Blue Giant, Matsui Dauphine. 

Rubado Pomona
Namun sekarang cultivar dari Italia sangat banyak diminati lantaran manis buahnya dan hidup langsung cocok ditanam di iklim Indonesia. Meskipun buahnya sedikit kurang, namun itu dapat diakali dengan pemilihan bibit dan media tanam serta pemupukan yang terjaga dengan baik. 

Jauhkan dari hama tanaman, kutu, ulat tanah, jamur dan karat daun serta rajin memerhatikan tanaman kesayangan kamu, insya Allah cepat berbuah.



Baca Juga : Daun Tin Ciri Dan Tandanya


Pengalaman saya Rubadi setelah 8 bulan tanam dari beli cangkokan , sekarang sudah berbuah lumayan ok lah.
Itu ada di gambar di atas. tentang Fico Rubado yang asala Italia dan sudah menjadi betah di Texas.

Keberadaannya di Indonesia masih menyesuaikan dengan alam tropis lembab , dan berpacu dengan saingannya Green Yordan dan Tena.

Setelah saya mencoba tanam sejak musim hujan kemarin, berarti sekarang setahun kurang, sudah berbuah pencil dan lumayan genjah, namun belum tahu seberapa perkembangannya nanti, kita tunggu.

Jumlah buah ada sekita 7 butir di dua cabang dan tinggi pokok tanaman Rubado ini masih 70 Cm saja.

Kalau saya lihat Fico Rubado ini akan mengikuti pokok Tin lainnya Green Yordan, Purple Yordan, Brown Turkey, LSU Gold , yang sudah lebih dulu panen sejak di tanam bersama sama dari musim hujan lalu.

Beberapa jenis cultivar Tin (Ficus Carica) berasal dari Italia antara lain : Rubado, Dela Reina, Dottato, Kadota,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel