Daun Tin Ciri dan tandanya

Daun Tin

Semua orang mungkin sudah tahu bahwa buah Tin merupakan buah surga konon. Demikian sudah disurahkan dalam Al Quran surah ke 95 , Surah At Tin. Bahwa buah yang satu ini mempunyai banyak manfaat dan gunanya bagi kesehatan. 

Daun Tin ciri dan tandanya dapat saya share sebagai berikut ini. Untuk yang saya sudah coba tanam dan kembangkan.
Sehingga saat ini sudah lebih dari 1500 jenis, bahkan ada yang menyebut sehingga 2000 varian pohon tin yang dikenal orang atau di usahakan orang. 

Type Ficus Carica

Dua Type Tin atau Ficus Carica. Yaitu yang dapat berbuah sendiri disebut Common Fig dan yang harus dengan pembiakan dari serbuk sari jantan yakni Caprica Fig.
  • Common Fig : jenis Tin yang boleh berbuah sendiri
  • Caprica Fig  : jenis Tin yang berbuah dengan polinesia serbuk pejantan lain pohon
  • Smirna Fig : Jenis Tin perempuan, harus di buahi baru akan berbuah.
Nah, yang ditanam di Indonesia adalah yang jenis boleh berbuah sendiri. Termasuk jenis Tin ini adalah Green Yordan, Purple Yordan, Blue Giant, Brown Turkey, Red Pelestine, Taiwan Golden Fig, Long Yellow, Brown Arabia, Masui Dauphine, Negrone, Syrian Honey, Conadria, Tena, Panacea, LSU Gold, Chicago Hardy, Lebanon , Black Jack, White Genoa, Super Jumbo, Madeleine, Fiorone De Ruvo, Xinjiang, Azio, Martina Rimada, dan masih banyak lagi belum dapat saya sebut.  Ini adalah yang saya sedang tanam saja.

Ciri Daun Tin dan namanya

Model dan ciri daun membedakan sebelum berbuah . Ini penting bagi yang membeli sebelum kenal buahnya.
Blue Giant
Daun bersifat 3 jari dengan, bentuk gerigi halus di tepiannya. Lekuk daun kuat dalam. Kaku dan tidak besar. Pokok ini kurang tahan terhadap hujan. Sebaiknya di letakkan yang setengah terlindung kala hujan.
Kelebihannya sangat mudah berbuah bila cocok hidupnya. Batang kecil saja , muda pun masih mampu berbuah. Buahnya seberat 70 gram



Green Yordan
Daun 3 jari dengan lekuk daun dangkal dan tepi daun kurang bergerigi. Pokok Green Yordania ini paling mudah ditanam di sekitar rumah kita. Syaratnya hanya jangan sampai akarnya di makan ulat ataupun rayap, anai anai dan sebangsanya. Bila ini terjadi, dia akan menjadi mati mendadak, melayu daun, mengering batang.
Kalau sudah begini. Furadan ditaburkan di tanah sekitar batang. Lalu cangkok sehingga setinggi 20 Cm dengan media tanam apa saja. Di harapkan tumbuh akar di bagian tanah baru ini. Sehingga memberikan nyawa baru kehidupannya. In shaa Allah.


Purple Yordan
Daun bentuk 5 jari dengan 3 jari tegas. Tepian daun bergerigi. Lekuk daun dangkal. Dua jari bawah pendek dan bersilang
Pokok Tin ini, akan berbuah berwarna hijau dan menjadi purple kala matang. Batang tidak banyak cabang. Namunmasih tergolong mudah tumbuh. Buahnya seberat 60 gram kurang lebihnya.





Red Pelestine
Daun dengan tepian daun halus tanpa gerigi
Lekuk daun dalam. 5 jari dengan 3 jari tegas.
Nah jenis ini sering dikenal Khurtmani Fig. Namun mempunyai batang tunggal yang lurus keatas. Kurang cabangannya. Kalau sudah tua maka akan muncul buah serta merta. Berat buah sekitar 50 - 60 gram saja.






Long Yellow
Daun dengan 5 jari. Jari panjang panjang terutama 3 jari tengah.
Tepian daun bergelombang keris. Memang agak sedikit berbeda pokok satu ini. Long Yellow mempunyai ciri buahnya panjang berwarna sedikit purple. berat antara 60-70 gram. 
Tergolong mudah di tumbuhkan. terbukti saya mencoba tanam stek batang tanpa cangkok saja muncul trubus dah setelah seminggu.


Iraqi
  Iraqi
Satu jenis ini mempunyai ciri daunnya penuh  dan khas sendiri.
Lekuk daun hampir tidak muncul, kadang saja muncul, dengan tepian sedikit gerigi. Tergolong tahan kalau panas meski daun lebar dan penuh begitu. 
Jenis pohon Tin ini mempunyai warna buah hitam, dengan berat rata rata 60 gram saja. Dikebun saya paling tahan terhadap cuaca hujan terus menerus, meski daun rontok habis, batangnya masih hidup sampai yang lain ludes dia masih mantab hidup.


Black Genoa
B. Genoa
Jenis Tin ini mempunyai ciri daunnya penuh, dengan lekuk dangkal saja, dan tebal daunnya. Sayangnya difoto sedang saya semprot anti karat daun jadi kurang cantik gambarnya.

Saya berharap kalau pas buah dapat saya foto lagi.  Jenis ini juga termasuk Pohon Tin tahan cuaca, terbukti dia tidak termakan rontok dan tahan hujan terus menerus, padahal saya gunakan pot ukuran 30 Cm saja... Tapi surprise lah ini kok malah masih hidup.

Mungkin dengan pot yang dekat dengan tanah ini malah air langsung lurus meresap ke tanah,,, jadi lewat beceknya.


Brown Turkey
Brown Turkey
Jenis pokok Tin ini yang paling saya suka, seingat saya sejak tanam beberapa tahun lalu terus berbuah , ya ada selang ketika hujan terus menerus, tapi begitu musim hujan stop eh berbuah lagi.
Daunnya mempunyai lekuk dalam dengan sublekuk lagi di jari daun, seperti gambar. daun tipis macam daun Green Yordan.
Apalagi yang saya cangkok sendiri, sejak masih dalam tinggi 60 CM sudah bakal buah sehingga sekarang terus produktip, meski cuma beberapa saja, tidak macam buah Ara lokal....ya.
Saya rekomendasi untuk Jenis Brown Turkey ini untuk ditanam banyak banyak, buahnya enak manis dan berat rata rata sedang 60 -70 gram. Beuah berwarna coklat kemerahan,,,saya kira mantul ini jenis.
Dan banyak jenis lainnya, termasuk Syrian Honey, Brown Arabia, Masui Dhauphine, Taiwan Golden Fig,

LSU Gold
LSU Gold
Cultivar Tin LSU Gold mempunyai ciri daun mirip dengan Blue Giant dan Black Genoa, daun bersifat kaku, hijau tua, dengan bentuk jari tidak dalam lekukannya, dan ukuran daun tak besar tak lebar, tebal dan kaku, tahan kepanasan terik matahari.

Jenis ini boleh tahan atas perubahan cuaca dan musim hujan sekalipun. Maka yang masih tersisa banyak dikebun biasanya pokok Tin LSU Gold ini.

Kebetulan ada yang sedang berbuah, sekalian ini contoh gambar daun dan buahnya. Buar berwarna hijau kekuningan dan saat masak akan berbau harum, rasanya manis, juice lumayan, dan pastinya enak segar dimakannya, beratnya 55gram yang kecil 40 gram saja, segera tutup plastik kalau sudah tua, nanti dimakan burung.

Padanan buah Tin LSU Gold adalah Green Yordan, Tena, Osborn Prolific.

Rubado
Jenis pokok Tin ini berasal dari Italia danmempunyai ciri daun yang jari jemarinya panjang, lekuk jari daun dalam dan lebih dalam dari Green Yordan. Secara umum daunnya lebih kecil dari GY. 

Bentuk buahnya hijau dengan tangkai buah sedikit ada panjang, dan berukuran buah sekitar 45 gram saja. Rasa nya manis sedang dengan kematangan normal juice nya muncul.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel