Hobby or Business

Hobbi atau Bisnis

Begitu judul tulisan saya kali ini adalah Hobby or Business di maksudkan akan membahas tentang peluang bertanam tanaman sebagai hobbi atau menjadi bagian dari bisnis. Sebab ada yang berangkat dari sekedar suka dan senang bercocok tanam atau hobbi. Namun juga ada yang sudah di wacanakan berusaha mengganti penghasilan bulanan misalnya.

Tulisan ini sekedar tukar pikiran saja. Semoga bermanfaat untuk saling berbagi pikiran. Itulah yang saya kerjakan setelah lepoas dari pekerjaan pokok saya sebagai karyawan perusahaan swasta.

 

Keperluan Hidup

Sebagai kepala rumah tangga , maka dalam hati selalu merasa sebuah tanggung jawab besar harus saya tuntaskan. Apakah itu untuk memenuhi kebutuhan kluarga atau apa saja yang diperlukan untuk membahagiakan kluarga. Baik perlu yang wajib maupun yang bersifat sunat sekalipun.

Kalau bisa jadilah anak anak menjadi dirinya sendiri setelah melalui suatu proses pendewasaan dalam kluarga. Inilah yang idelnya. Seperti selalu menjadi idaman setiap lamunan pikiran dan hasrat hati setiap saat. 

Seperti keadaan sekarang , kalau kita membawa sepeser duit ke pasar misalnya, maka hanya dapat kebeli cabe dan bawang merah. Lantas sayur bagaimana, lauk ikan atau ayam bagaimana. Belum daging dan asesorirempah nya.

Mengapa demikian terasa?

Entah lah. Harga 9 bahan pokok yang naik, atau keuangan daya beli kami yang tidak mencapai. Mungkin dua duanya menjadi penyebab keadaan sekarang. Ini sungguh terasa apabila dalam situasi dan keadaan harga BBM pun naik , belum lagi bayar listrik juga naik, naik angkotan pun naik, semua jadi naik karena alasan BBM naik. 

Bagi sekedar hidup ya pasti boleh bisa dan dapat di capai. Namun untuk mencapai tingkat sejahtera dan makmur , rasanya belum. Karena masih selalau merasakan ke khawatiran hidup dan di rasakan setiap hari pagi maupun malam.


Alternate Passive Income

Bertanam tanaman apapun dapat memberikan peluang penghasilan tambahan. Terutama bagi yang sedang tidak ada pemasukan atau bagi pensiunan atau yang sekedar saja hendak mencoba. 

Bagi sahabat setia tercinta, untuk yang mempunyai ketrampilan komputer maka jadilah yang kreatip dan aktip. Jangan duduk diam saja. Manfaatkan waktu dan kesempatanmu untuk meraih karya Blog misalnya. Cobalah dan awali dengan yang gratis. Maka disana banyak manfaat untuk mendapatkan duit pasive melalui iklan .

Contoh ladang untuk mendapatkan passive income di internet:
  1. Adsense Blog/Youtube
  2. Internet Marketing
  3. Reseller On Line
  4. Design Web/Fashion/Iklan/Flog/Poster
  5. Jual Karya tulis on Line/ Buku On Line/ Resep -resep On Line
  6. Dan masih banyak lagi


Real Income

Untuk yang berangkat dari hobbi , maka menanam tanaman dapat memberikan penghasilan tambahan dan itu juga tidak sulit meski juga tidak mudah. Bagi diri saya sendiri cukup saya menanam saja. Bagaimana nanti saja hasilnya , serah pada Yang Maha Kuasa. Bagiku bercocok tanaman juga ibadah apalagi kalau tanaman itu dapat di manfaatkan hasilnya.

Oleh sebab itu saya mencoba menanam apa saja dari jenis sayuran, dasawisma keperluan dapur dan juga Pohon Tin.  Seperti disebut dalam kitab suci Al-Quran dalam surah At-Tin. Bahwa disebut Allah buah Tin dan buah Zaitun. Maka saya yakin bahwa kedua tanaman ini pasti dapat memberikan Barokah....in shaa Allah.

Contoh tanaman yang dapat membawa sedikit real income :
  1. Tanaman Herba : Jahe , Kunyit, Kencur, Lengkuas, Serai, 
  2. Sayuran Daun: Sawi, PakCoy, Kangkung, Selada, Seledri, Kailan, 
  3. Sayuran buah : Cabe , Tomat, Terong, Labu Siam, Oyong, Labu,
  4. Tanaman buah : Mangga , Jambu, Rambutan, Alpokado, Lengkeng, Durian
  5. Tanaman Khas : Tin, Zaitun, Bidara

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel