Cara Mengatasi Hama Tikus

Tikus Topik Kali Ini

Pagi hari , lepas Subuh dah dikejutkan dengan habisnya semua daun tanaman sayur sawi yang dirumah. Urus punya urus , tengok kanan kiri ternyata jejak Tikus yang memangsa daun daun sawi ini. Tapi iyakah  tikus mau memangsa sayur. Bukankah makanan dia ikan asin dan lainnya.?

Ini sungguh saya dikecewakan oleh binatang cerdik. Mengapa?  Kok dia ya menunggu sawi sudah remaja jadi segar daunnya. Dan berapa ekor , sampai habiskan banyak pot sayur.

Bagaiman mengatasi hama Tikus ini

Sekarang saya dapat informasi kalau tikus sudah cerdik dan lincah. Dipasang jerat dia loncat. Dipasang perekat di ambil tepian. Dipasang bunyi getar hanya semalam saja hilang.

Kalau gitu saya mencoba beberapa racun tikus lah. tapi rekan bilang nanti matinya dimana mana. Wah jangan sampai salah pilih. Model racun yang matinya mencari air , atau ke tempat ramai, kalau bisa nyungsep ke tempat sampah langsung.

Berbagai merek racun tikus saya coba.

Ada yang beli di Indomart  sudah tidak mempan. Lalu beli di penjual barangan kebun, kurang ok juga, matinya di atap rumah. Wow takut susah buangnya .
Maka yang terakhir saya membeli di super mall besar di kawasan Lebak Bulus. Eh yang satu ini lumayan manjur. Sementara tiga hari sudah tikus hilang di kebun sayur kecil belakang rumah.


Kencing tikus berbahaya

Apa yang menjadi ketakutan saya bukan soal tanaman sayur habis. Akan tetapi dia makan, dia najis dan pasti kencing juga, Nah disinilah ketakutan saya. Konon dari air kencing nya tikus kan berbahaya bagi kesehatan. Di kencing tikus ada bacteri Leptospirosis yang mematikan.

Keluarga temen saya sudah mengalami panas demam karena suatu penyakit bakteri yang datang dari kencing tikus pada makanan. Nah ini satu bahaya cukup serius , momok bagi kesehatan. 


Cara saya mengatasi hama Tikus

Tekat saya jangan ada tikus berkeliaran dalam rumah dan kebun kita. Oleh karena itu berbagai cara saya coba kerjakan. Sebagai berikut , mungkin dapat sharing .
  1. Dengan alat bergetar sampai dengan 10,20,30 Decible.
  2. Dengan racun yang mematikan perlahan
  3. Dengan Lem tikus, perekat tikus
  4. Dengan Jebakan tikus dari Botol Aqua, buat sendiri
  5. Dengan Trap kawat beli di kedai
  6. Dengan piara kucing. tapi sekarang kucingnya takut. waduh
  7. Frustasi dah mau dengan apa lagi.
  8. Mungkin pembaca lebih banyak tahu lagi.....

Berikan contoh alat pengusir tikus apa?

Dari yang saya coba, Paratoli yang lebih aman, Tikus mati kemana pun saya tidak lihat, hanya satu depan pintu. Lainnya kemana tak tahu, tapi tidak ada yang busuk dirumah pun.

Cara mengatasi hama tikus dengan Lem Tikus

Saya sudah mencoba sebelum menulis posting ini. Menggunakan Lem Tikus cap Gajah atau cap Giant. Saya beli di Giant harga murah saja. Selanjutnya saya ambil kertas bungkus nasi, di gunakan bagian yang berplastik.

Taruh lah umpan dan jebakan lem ini di tempatkan di mana tikus selalu lewat , dan dekat tempat strategis tikus melewati lobang.

Dalam semalam 3 tikus boleh terkena lem, sayang hanya d2 yang dapat ditangkap. Satu tikus merusak lem dan kertasnya lalu terlepas.

Sekian hari kemudian, tikus tidak terlihat muncul kembali. Ini sudah seminggu, kok tumben tidak ada tikus lagi. 


Kesimpulan saya :


Kombinasi Lem Tikus dan Paratoli sangat ampuh untuk mengusir dan menangkap tikus di rumah saya. Alhamdhulillah.

Baca juga tulisan lainnya lihat di RubyRuthy

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel