Viral Buah Tin Indonesia

Viral Buah Tin Indonesia

Di seluruh negeri nusantara tercinta Republik Indonesia ini sudah Viral Buah Tin Indonesia. Bahkan suatu saat menjadi Viral pada hal tertentu misalnya daun teh nya yang mempunyai banyak kasiat. 

Seperti si buah Besar TGF Jumbo, pada waktu pertama dikenal di Indonesia. dan banyak viral tentang buah Tin lainnya yang dapat di dengar oleh publik.

Kenapa menjadi Viral Buah Tin?

Pasti ada kelebihan dari buah syurga ini. Betul kata teman saya. memang lah banyak guna dan kasiatnya dari pada makan buah Tin dapat menyembuhkan atau mengurangkan berbagai penyakit atau gejala sakit. Tersebut dalam Al-Quran dalam Surah At-Tin, sepertinya varian Khurtmani atau Red Israel atau Red Pelestine.


Dikenal sejak  5000 BC

Tanaman Tin sudah lama dikenal penduduk bumi ini, bahkan sejak 2500 tahun sebelum nabi Musa. 

Hidup di wilayah Mediteranean, termasuk negara di sekitar Laut Mediterania. Sehingga pun sekarang sebagai penghasil produk ekspo buah Tin terbesar di dunia dari negara negara di sekitar laut yang membatasi antara benua Eropah dan benua Afrika.

Baca Juga : Turki Produsen Tin Terbesar Dunia

Nama "Ficus Carica" sendiri di dasarkan atas penamaan yang pendahulu di daerah sebelah Barat Turki benama Caira. Adalah jenis Brown Turkey waktu itu hidup dan berbuah di tempat tersebut.


Pada perkembangan manusia urban ke mana mana , dai Eropa ke Amerika, ke Asia ke Afrika. Disitulah pokok Ficus Carica ini ikut di bawa kaum urbanis. Sehingga sekarang dapat dikenal di Indonesia, Malasia, Taiwan, Jepang, USA seluuh negaa bagian ada, Canada , Mexiko , Guatemala.

Sekilas berikut manfaat dari buah Tin adalah sbagai:

  1. Obat Diabetes: buah ajaib ini membantu mengendalikan gula darah
  2. Obat Hipertensi: konon juga dapat mencegah tekanan darah tinggi atau Hipertensi
  3. Obat Kolesterol: memakan buah ini dipercayai akan menurunkan kolesterol
  4. Obat Kanker: mengkonsumsi buah Tin dapat mencegah kanker payudara
  5. Obat kanker usus besar: Mencegah kanker usus besar
  6. Obat Sembelit : memakan buah Tin dapat Membantu mengatasi sembelit
  7. Membantu melancarkan BAB
  8. Obat Diet : konon makan buah Tin dapat membantu menurunkan Berat badan (makan sedikit saja, jangan kebanyakan)
  9. Obat Jantung : konsumsi buah Tin dapat mencegah sakit jantung koroner
  10. Obat untuk  Anemia
  11. Makan buah Tin juga mampu meningkatkan stamina seksual
  12. Makan buah Tin juga dapat Meningkatan kekebalan tubuh
Ternyata banyak manfaat buah Tin, bahkan juga teh daun Tin. Baca postingan terdahulu:  Teh Daun Tin


Apa saja sih di dalam buah Tin?


Di dalam buah Tin terdapat zat yang diperlukan tubuh kita: yang antara lain adalah :
  • Kalori , disebut dalam 100 gram = 60 Kilokalori
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Zat Tembaga
  • Serat kasar 
  •  

Varian apa yang ada di Indonesia?


Sebut saja Green Yordan, Purple Yordan, Blue Giant, Red Israel, Khurtmani, istilah ini sangat viral. Setiap pekebun Tin atau sekedar menanam hampir dapat dipastikan ada Green Yordan. 

Mengapa?

Tentu varian ini menunjukkan adanya adaptasi dan produktifitas yang ok.


Siapa pekebun  Tin di Indonesia?

Tidak melupakan juga banyak viral lainnya dari para master dan para pendahulu penghobbi pohon tin termasuk bapak bapak berikut ini :  Fauzi, Riswanto, Sulis, Kartika Indrayana, Khomarudin, Setiawan, Agus, Seno, banyakkkkk lagi kalau mau sebut . 

Dari semua ini menunjukkan bahwa perkembangan Tin menjadi viral dengan munculnya hal hal baru. 

Pertemuan 

Akan ada pertemuan atau seminar begitu. Yang lalu di One Bell , Jakarta Selatan. Namun saya baru kenal baru 4 bulan ini jadi masih betul betul brand new.  Awalnya saya ke Surabaya menunggu anak , wisuda Unair. Buka blog kok nemu Kebun Tin BUSTA TIN di Sidoarjo. nah lalu saya datangi membeli selusin FC pohon tin.  

Tapi sayang sampai di rumah cuma hidup dua saja, sehingga sekarang. Akunya belum tahu tanam dan banyak curah hujan ditempat teduh pula. Kemungkinan karena panas dalam perjalanan juga boleh jadi. tiga hari tiga malam dalam perjalanan darat. Maklum...lah.

Lantas putus asa kah saya?  Oh Tidaaaaaak

Terus Mencoba

Kebunku
Sekarang saya mencoba lagi ketemu jenis yang tahan banting dan saya coba beli yang sudah jadi dalam polibag. Green Yordan dan Blue Giant.. eh hidup bagus dan berbuah malahan Green Yordan nya.    Alhamdhulillah.

Dari situ saya mulai menggali banyak bacaan tentang pohon syurga ini, dan banyak membaca facebook soalan ini di group.   Syukurlah banyak yang share, itu suatu bentuk silaturahmi antara sesama penghobbi Tin. Sungguh suatu kesempatan bagus bagi saya untuk belajar bertanam Tin.

Mungkin sekedar share saja ini saya muat di Viral buah tin Indonesia di Blog ini,semoga dapat memberikan inspirasi yang positip bagi pembaca . Meski saya sendiri belum ada kesempatan ikut bersilaturahmi seperti seminar itu.

Green Yordan, Long Yellow, Blue Giant dan Brown Turkey saya coba lagi dan masih baru dalam polibag. Belum turun pot besar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel