Lima Faktor Tanaman

Salah satu target menanam bagi para penghobi maupun petani adalah hasil buahnya atau hasil sayuran daunnya. Oleh sebab itu maka perlu memperhatikan Lima Faktor Tanaman.  Karena dengan demikian target akan tercapai, buah genjah, daun subur, hasil memuaskan.

Antara yang paling sering menjadi bahan di tanam oleh penghobi biasanya Bunga, Pohon tertentu yang sedang in atau tanaman herbal. 

Sedang bagi seorang petani yang di tanam tentunya yang dapat membawa penghasilan sebagai pencahariannya, yaitu misalnya padi, jagung, ketela, kacang. Atau dapat juga petani buah buahan misalnya apel, salak, anggur. 

Sekarang yang sedang naik daun dalam dunia media sosial adalah Buah Surga yaitu Tin, Bidara dan Zaitun.

Namun sebagai bekal tambahan pengetahuan andaikan saya dapat membagi apa yang saya amati pada tanaman saya. 

Saya kira berlaku bagi semua tanaman yang kita budi dayakan menunjukkan kepentingan yang sama. 

Mungkin dari segi intensitas dan jumlah keperluannya yang sedikit berbeda antara tanaman satu dengan lainnya.

Lima Faktor Tanaman

  1. Bibit : pemilihan bibit tentu menjadi dasar paling awal sebelum menanam. Pilihlah bibit yang unggul. Dalam arti adaptif, mudah dirawat, suka berbuah. Atau kalau daun yang cepat panen, subur dan enak dimakan. Kalau cangkokan jangan mencangkok batang terlalu tua, ambil batang yang sedang sedang saja, bukan tua dan bukan muda. Sebab disana sedang ada pertumbuhan yang baik nah disitu di cangkok.
  2. Sinar Matahari : Sinar matahari menjadi suatu bahan pemberi bantuan kepada tanaman untuk memproses metabolisme melalui daun , batang dan akarnya. Dengan adanya penyinaran cukup maka tanaman dapat mengolah memasak bahan mentah yang disedot dari dalam media tanam melalui ujung akar. Atau melalui kulit daun dan akar angin. Maka dari itu keperluannya sangat mutlak.
  3. Media Tanam : Ini sangat mutlak diperlukan oleh setiap tanaman. Dimana dia menjadi tegak berdiri atau menempel tentu media tanam lah yang menjadi tumpuannya. Ada berbagai media tanam yang sesuai bagi setiap jenis tanaman. Dapat tanah biasa gembur. atau media sekam padi, atau media pakis bagi jenis anggrek. Untuk beberapa tanaman memerlukan media yang relatip poros , tidak menggenang air, basah terlalu, namun cukup laluan air siraman saja. Bagi anggrek filosofinya " lebih baik kekeringan dari pada basah"
  4. Pupuk : Setelah di tancap ke media tanam, maka tanaman memerlukan lauk pauk untuk hidupnya. Inilah pupuk tanaman. Berbagai jenis pupuk telah ada di pasar, tinggal pilih yang mana mau. Untuk daun pilih yang N berlebih. Untuk buah pilih yang P berlebih. Semua disediakan di toko tanaman.
  5. Perhatian : Nah inilah satu satunya yang perlu dimiliki bagi tuan tanam. Jangan hanya dapat menancapkan batang, namun tidak dipelihara. Maka sengsara bagi tanaman tersebut. Oleh sebab itu peliharalah tanaman seperti kesenangan dan perhatian. Kadang tanaman yang masih muda baru dipindah dari satu media ke media baru akan perlu perhatian khusus. Kurangi sinar matahari, lindung dari hujan, lindung dari serangan pengganggu hama belalang, tikus, dan lainnya.  Perhatian ini juga akan memerlukan bantuan obat . Misal obat pembasmi jamur Fungisida, atau obat pembasmi hama Pestisida. keduanya tersedia di pasaran toko tanaman di dekat rumah tentunya.
Baca Juga Artikel Terkait :


Tin Brown Turkey
https://rubyruthy.blogspot.com/2018/11/minum-teh-tin-jangan-lupa-air-putih.html

https://rubyruthy.blogspot.com/2019/10/caa-mengatu-media-tanam-pohon-tin.html


Gamba

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel