Tin Subur Setelah Tidak Kehujanan


 Salam sehat , Bahwa tanaman Tin saya setelah dipindahkan ke tempat jemuran malah subur. Kalau saya amati adalah karena tidak terkena air hujan sehingga daun tidak rontok sama sekali. Pada akhirnya malah menjadi tumbuh subur lebat daun nya.

Perlu diketahui saya sudah menanam setahun yang lalu , namun pohon Tin tidak pernah berdaun banyak dan hanya beberapa helai daun saja. Nah oleh karena waktu itu ada mau menebang pokok Rambutan, maka pot Tin saya pindahkan sementara. Dan ternyata setelah dipindahkan lah kok malah banyak daun baru yang hijau royo royo subur begitu.

Maka kesimpulan saya adanya pemindahan pot Tin tersebut sangat membantu pertumbuhan dan hal ini dapat dikarenakan beberapa hal positip bagi pertumbuhannya. Antara lain adalah adanya sinar matahari cukup di tempat jemuran, adanya angin segar setiap saat, adanya area kering nan bersih tidak lembab dan lebih dari itu tidak terkena air hujan sama sekali.

Tentu terakhirnya ada sesuatu yang menarik, Ya kalau ketika di bawah kurang perhatian, maka setelah di lokasi baru pokok Tin menjadi diperhatikan selalu. Setiap naik ke jemuran pasti melihati sehingga kekurangan apa saja yang terjadi segera di tindak lanjuti, misalnya air kering, kurang pupuk dan lain sebagainya. Kadang kadang bahkan didoakan sambil berkhayal buahnya nan genjah dan subur.

Nah sekarang sudah dapat dan tampak adanya kehidupan yang normal pada tanaman Tin yang saya kelola sejak setahun yang lalu. Sekitar hampir satu tahun merana di bawah naungan hujan hari hari ternyata menjadikannya sengsara, mungkin seandainya boleh ngomong , maka akan menjerit minta tolong untuk dipindahkan ke tempat yang lebih nyaman dan aman dari hujan.

Dalam hal ini saya jadi ingat nasihat guru ngaji bahwa pohon pohon pun bertasbih kepada Yang Maha Kuasa. Nah disinilah nampak bagi saya beberapa tanda nya , yang antara lainnya adalah seolah menangis ketika belum mendapatkan tempat yang ada simat di jemuran. Namun setelah ditempatkan di jemuran seolah menyampaikan rasa gembiranya sehingga menampakkan daun yang subur nan hijau.

Tingga menunggu berbuahnya, sekarang sudah enam bulan kurang , maka sudah sewaktunya untuk mengeluarkan bakal buah. Adapaun buah Tin tidak memerlukan pembungaan, langsung saja keluar buah tanpa harus melalui bunga dulu.

Jenis pokok Tin yang saya tanam ini jenis Genji, Brown Turkey dan Lousiana State University Gold. Berikutnya saya akan mencoba Rubado dan Neuro De Caromb yang keudanya dari Italia. Konon jenis varian ini lumayan manis dan sedang ukuran buahnya.

Ketika sedang kosong tiada kerja kantor maka kerjakan sesuatu, biar pikiran tidak blank. Selalulah isi kehidupan ini dengan berkarya, smoga karya nya dapat dimanfaatkan oleh khalayak dan membawa barokah. Itu saja.

Satu lagi yang penting berkegiatan dan positip , dan menanam barang hidup itu sudah menjadi hal yang beramal , maka lakukan sebanyak banyaknya. Lingkungan hijau , dunia mu menjadi makmur, insya Allah.

0 Response to "Tin Subur Setelah Tidak Kehujanan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel