Macam dan Tipe Pohon Tin

Tawon Membantu Penyerbukan
Pohon Tin sudah sejak jaman Nabi Adam dikenalkan Yang Maha Kuasa, mungkin pokok inilah yang memunculkan buah yang menggoda beliau, sehingga menjadi cerita yang ada dalam sejarah nabi. Macam dan Tipe Pohon Tin sehingga sekarang dikenal dimuka bumi ini adalah hasil evolusinya.

Lalu apa yang menarik untuk saya tahu?

Pertama kenali manfaat dan guna nya bagi kita dahulu , biar lebih antusias. Berikut ini kegunaan dan sekian banyak manfaat buah Tin dan Daun Tin


Sejak 5000 BC, sudah di tanam.

Tanaman
yang sudah lama sejak  5000 tahun sebelum Masehi di tanam di daerah Mediterania. Variant Tin Jenis yang berkahwin banyak tumbuh di sana.

Buah Tin memiliki tingkat serat larut yang tinggi serta potasium, kalsium, zat besi dan vitamin K dan B6.
 
Konon banyak sekali manfaat nya bagi kesehatan tubuh, dari sekedar rasa enak, manis, sejuk, juicey sampai menyembuhkan sembelit, menurunkan kolesterol dan gula darah. Lebih detail baca di tulisan berikut.

Baca Juga : Viral Buah Tin Di Indonesia

Banyak diketahui bahwa pokok Tin (Ficus carica) hanya hidup di daerah Mediteranian saja.  Pendapat ini tidak betul sama sekali, buktinya saya dapat menanam pokok ini sehingga berbuah.

Ada lagi ungkapan bahwa pembuahan pokok Tin Ficus Carica ini melalui polinasi yang dilakukan salah satu jenis Tawon yang habitatnya di daerah tertentu di Mediterania. Oh.

Itu kata siapa? banyak cultivar yang sudah adaptasi
Capri Figs dan Tawon
di iklim tropika s
eperti di Indonesia, Malaysia. bahkan ada juga di Taiwan , Jepang yang sudah dikelola lebih profesional, pun beriklim subtropika.

Sesungguhnya , nyatanya bisa berkembang sampai ke Indonesia seperti dapat disaksikan sekarang. 

Nah negara negara yang paling giat mengusahakan tanaman ini sehingga menjadi suatu produk yang konsumtif diminati masyarakat adalah :
  1. Turki : Brown Turkey, Black Mission, Desert King, Kadota. Ada 5 varian berkembang baik di negri yang mempunyai bapak revolusi Kemal Ataturk ini. Sehingga sekarang pokok Tin menjadi penghasil devisa negara yang lumayan dengan produksi 226264 ton/tahun , cukup besar, dan Indonesia bisa.  Baca juga : Turki Produsen Buah Tin Terbesar Dunia.
  2. Perancis : Black Madeira Lisa, Bourjasoute Noire, NDC, BNR, Madeira DSD . Negeri yang penuh revolusi pada jamannya kerajaan dulu ini sekarang menjadi tempat target wisata , termasuk para selebriti tanah air. Pokok Tin disini dikelola secara profesional dan telah menghasilkan berbagai varian baru dari banyak penggiat dan pengusaha di wilayah. Sebut Battaglia Farm & Nursery, Monseur Baud's Nursery.
  3. Spanyol :Coll de Dame Blanca/Negra, CdC Roja, CdC Noir, CdC Rimada, De La Reina, Martinenca Rimada, Molla Vermella & Planera (Mallorca), Quarteina, Bracajote Branca, Black Madeira (portugal)
  4. Maroko : Moroccan Figs Cultivar
  5. Amerika Serikat : Olympian, Ge Neri, LSU , TeB, Calymirna. Di ngri paman sam, pokok Tin dikembangkan lebih maju dan banyak hasil varian baru. Dari sumber asalnya Italia dan Spanyol maka tlah muncul varian Calymirna, Texas Everbaring ,Chicago Hardy, Olympian, Lousiana  State University Gold/Purple. semua merupakan hasil pengembangan ahli pakar botani di negara nya presiden Trump ini.
  6. Italia : Black Genoa,Paradiso, White/Black Triana, Votata/Golden Honey, La Goccia d'orro, Black Mission, Petite Negra, dan yang dikenal sebagai Tin Madu dari Itali Figo Blanco, Rubado, Fico Salama, Fico Abruzeeze, Sals Corleon juga dari Itali
  7. Yunani :
  8. Siria : Syrian Honey
  9. Yordania : Green Yordan, Purple Yordan
  10. Mesir :
Dari sekian banyak penggiat produsen pekebun dan penghobi pokok Tin di sana , dikenal bervariasi jenis tanaman ini.
  1. Capri Figs : Pokok Tin Jantan yang hanya menghasilkan bunga jantan berguna untuk penyerbukan kepada pokok betina. Buah disini tidak enak dimakan. Biasanya banyak dikerubuti tawon yang membantu penyerbukan.
  2. Smyrna Figs : Mengahasilkan bunga betina dan harus diserbuki oleh bunga jantan dari Capri Figs. Brbuah dapat dimakan setelah diserbuki oleh tawon Jenis tertentu.
  3. San Pedro Figs : Jenis pokok Tin ini menghasilkan dua jenis, yang satu berbuah pada batang dewasa, sedang ke dua berbuah pada batang muda yang diserbuki bunga jantan.
  4. Common Figs : inilah pokok Tin biasa yang dapat berbuah tanpa penyerbukan. Semacam pokok ara yang sering dijumpai di tepi sungai (Ficus Racemosa).
Bagaimana Penyerbukan Tin Disana di Mediterania 






r
Capri Figs banyak berkembang di daerah Mediterania saja, karena jenis Tawon tertentu itu habitatnya di sana. Meski ada juga di sekitar kita ini. Namun buah Tin/ara yang jenis Capri figs ini tidak enak di makan, dan umumnya banyak di kerubuti tawon.

Tawon itu lah yang bertugas membawa serbuk sari di bawa ke bunga betina untuk pembuahan.

Common Figs

Common Figs atau Tin Biasa yang lebih dikenal Ficus carica salah satu Macam dan Tipe Pohon Tin yang bisa berbuah meski tanpa pembuahan pada bunganya. Bahkan tidak ada bunga tetapi keluar buah.

Klau masa kecil di desa , ada yang bilang orang tua tua 
" Kalau jumpa pokok Awar-awar berbunga, maka akan ketemu keberuntungan atau itu pertanda rezeki"

Tetapi lah, pokok Awar awar itu common figs jenis Ficus Septica, maka tidak ada bunganya, cuma berbuah.

Ibarat sesuatu yang mustahil mustahal, tak mungkin lah. Bisa aja nenek.

Ara atau Loa atau Lao

Ada juga varian Tin yang hidup sudah lama dikenali orang. Hidup di tepi sungai biasanya banyak buahnya berwarna hijau, merah nempel di batang pokok nya. Macam dan Tipe Pohon Tin seperti ini di sebut Ficus Racemosa, juga Ficus Septica, juga Ficus Auriculata.

Semua termasuk dalam kelas sama meski spesies berbeda satu sama lainnya, oleh karena itu sering di jadikan batang sambungan oleh para hobiis(Rootstock)

Baca Juga: RootStock Untuk Tin

Dengan memperhatikan daya tahan pohon yang liar itu, maka tentu berharap hasil sambungannya dapat hidup lebih tahan terhadap bakteri, kelayuan, panas dan tidak mudah mati.  

Kreatif betul sahabat kita yang telah mengideakan ini, boleh jadi contoh

Tetapi soal bagaimana hasil buahnya, tetap sesuai spesies atau lebih genjah. Nah ini belum tahu , saya sendiri belum pernah merasakan buah hasil rootstock seperti ini. Ada enggak ya pengaruh genetis batang bawah terhadap yang di atasnya. Know body known yet.

Sahabat perlu mengetahui juga yang berikut ini .


"Selamat menambah pengetahuan dan menjadi orang bijak"

https://rubyruthy.blogspot.com/2019/09/agar-tanaman-terjaga-dari-terik-panas.html


Cara mendulang Emas di sungai secara tradisional lengkap


"Pincukan" Silaturahmi Ala Geologi UGM meriah dan makan terus



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel