Agar Tanaman Terjaga Dari Terik Panas Matahari

Agar Tanaman Terjaga Dari Terik Panas Matahari

Tanaman di hari hari terakhir ini banyak mengalami dehidrasi, atau daun layu bahkan menjadi kering bagian ujung atau di bagian pucuk sekalipun. Agar Tanaman Terjaga Dari Terik Panas Matahari , maka dilakukanlah langkah penyelamatan. 

Bagaimana itu kiat kiatnya, nah.....ikuti uraian berikut di bawah ini, sampai tuntas.

Seperti di ketahui bahwa untuk memelihara lingkungan, termasuk tanaman sudah tersebut di dalam Al Quran yang adalah :
  1. Al A'raf  ayat 56-58
  2. Ar Rum ayat 41-42

Dengan demikian sudah sangat gamblang bahwa, menjadi tugas yang harus di amanahi oleh manusia penghuni bumi ini untuk menjaga kelestarian lingkungan, dalam hal ini termasuk :
  1. Menjaga tanaman 
  2. Menjaga alam sekitar
  3. Menjaga Laut sekitar
  4. Menjaga diri sekitar
  5. Menjaga hubungan sekitar

Apa hubungannya dengan Tanaman

Nah ini dia yang saya mau ketengahkan. Bahwa sekitar kita ada pohon, tanaman dan segala tumbuhan hidup. Jangan menjadi tabiarkan oleh karena diri manusia tidak memperhatikan atas kehidupan yang lainnya.

Lakukanlah hal positip biar cuma menanam dalam pot bunga sekalipun. Lambat laun akan menjadi sayang tanaman, sayang pohon dan akhirnya sayang hutan. Terus terakhir sayang lingkungan dan alam sekitar..naaa ini yang paling disuka.

Suatu saat saya melihat seorang sedang memotong pohon Angsana dengan geramnya dan sampai habis . 

Kemudian saya coba menanyakan , kenapa di potong sampai gundul tak ada cabang pun.

Dijawabnya , saya kesal tiap saat menyapu daun nya yang banyak tiada henti. Begitu jawabnya sedikit emosi sambil menyapu.

Ya Tuhan, perasaan saya. Bukan begitu cara penyelesaiannya. Positipnya pohon itu dengan negatipnya menyapu daunnya sangat jauh berbeda.

Coba lihatlah dari sudut pandang , poin satu di atas. 

Saya Gunakan tambahan pupuk mengandung Calsium

Beli disini
Dengan ada tambahan Calsium pada pemupukan , maka akan membantu daun bertahan atas panas terik matahari. 

Selain langkah , menyiram secukupnya, jangan lupa tambahkan pupuk Calsium yang biasa dijual di kedai tanaman disekitarmu.

Jangan berlebih dosis. Gunakan secukup wajarnya saja. 

Waktu Penyiraman Tanaman Yang DiSarankan

Tanaman apa saja jenis dan spesiesnya perlu ada penyiraman sebagai sarana minum bagi makhluk tanaman ini. Meski demikian tidak semua jenis tanaman memerlukan air minum yang sama banyaknya atau sama sedikitnya antara satu dan lainnya.

Contoh ada tanaman yang perlu disiram banyak banyak , yaitu jenis tanaman berdaun lebar dan tipis semacam daun kertas.

Sebaliknya anggrek , lebih baik kekeringan dari pada kebasahan, karena kalau basah akar ujung menjadi busuk dan tidak mampu digunakan menyerap makanan.

Nah Bagaimana untuk tanaman Ficus Carica ( Tin).  Jenis tanaman ini perlu air, namun tidak mau becek di dalam media tanamnya.

Maknanya diperlukan media tanam yang cukup porous dan tidak menyimpan air terlalu lama. Media ini seperti pasir dan sekam. Bukannnya tanah clay atau lempungan yang selalau basah berlama lama jika kena air.

Waktu terbaik untuk menyiram tanaman agar tanaman terjaga dari terik panas matahari adalah sebelum matahari panas pagi dan sesudah matahari surut panas pada sore hari.

So jelas lakukan penyiraman sesudah waktu Sholat Subuh dan Setelah waktu Sholat Azar. Kedua waktu ini menurut saya waktu terbaik. Jiwa kita pun sudah selesai beribadah sholat wajib.

Begitulah yang saya sarankan, yang terbaik datang dari Allah sedang kalau ada kekurangan itu kekurangan saya. Semoga dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel