Jenis Pohon Tin Untuk Pemula

Brunwick
Pohon Tin merupakan salah satu pohon yang cocok untuk taman halaman rumah yang menghasilkan buah dan enak rasanya dan juga banyak kasiatnya. Menanam jenis pohon Tin untuk pemula gampang dan mudah dilakukan oleh siapapun. Hal ini tidak rumit serumit menanam bunga anggrek.

Pohon Tin kalau sudah ditanam mudah perawatannya, tidak mudah kena hama, satu yaitu "Karat Daun". Tidak kenal musim kalau sudah berbuah, dia akan terus saja berbuah. Buah itu akan masak dan bisa dipetik kira kira sampai tiga bulan. Buah Tin dari Common Figs ini sifatnya partenokarpi, yaitu buah perawan, yang tidak melalui satu proses penyerbukan.

Kalau sudah di tanam, tinggal mengikuti pertumbuhannya, rasakan bagaimana setiap hari selalu ingin melihat perkembangannya. Lihat batang, tangkai dengan daun lebar berjari lima seolah memberi sentuhan hati. Sangat menarik dan juga eksotik diperhatikannya.

Sedang perawatan sangat penting selalu memperhatikan tanaman, dia tidak boleh terlalu becek media tanamnya, dan tidak boleh kekeringan. Ini jelas. 




Indikasinya kalau daun mulai lemes terkulai terutama daun yang masih hijau muda, itu tandanya kurang disiram, dalam hal ini jangan sampai sudah mati baru ingat menyiram. Percuma saja.

Atau banyak datang hujan juga perlu perhatian, akibat daun basah muncul Simpton Jamu atau bakteria daun. yang menyebabkan penyakit "Karat Daun" becak coklat bintik bintik pada daun Tin.

Baca Juga : Bercak Coklat Daun Tin

Sebagai pemula dalam bercocok tanam pohon Tin, maka sebaiknya memulai dengan jenis varian yang adaptif dan mudah berbuah. 
Contoh : 
  1. Green Yordan: buah hijau kekuningan
  2. Purple Yordan: buah purple kehijauan
  3. Brown Turkey: buah hijau kecoklatan tembaga
  4. Blue Giant : buah ungu
  5. Red Israel : buah ungu kemerahan
Jenis varian Pokok Tin tersebut masing masing mempunyai kelebihan dan yang paling penting mudah untuk di tanam, adaptif tidak mensusahkan.

Dua favorite saya untuk pemula , pilihannya jatuh pada Green Yordan dan Brown Turkey.

Alasan saya Mengapa memilih varian di atas untuk pemula? 

  1. Mudah di dapat di mana mana pekebun, hobiis dan online seller
  2. Murah maharnya , bagi pemula kalau takut mati pula.
  3. Cepat tumbuh : ya biar cepat ada buah juga
  4. Cepat berbuah : senang hasil segera
  5. Genjah berbuahnya : produktif
  6. Ukuran buah sedang sd 6o gram
  7. Rasanya mantep puol, manis.
Baca Juga : Pohon Tin Legend Di Indonesia

Apa yang perlu dipersiapkan bagi pemula untuk memulai menanam pokok Tin ?
  1. Beli bibit yang berkwalitas : Sumber Jelas Profesional, Cinta Tin, batang tua, Full Sun Full Rain, sudah hidup dalam polybag berakar dah.
  2. Pot atau tanah langsung: Dimana mau bercocok tanam, langsung tanah atau di Pot. Keduanya persiapannya berbeda.Kalau halaman sempit sebaiknya di pot , cari ukuran pot 40, 45 atau 50. kalau di tanam di tanah langsung , maka dipersiapkan gemburkan dulu, buat saluran drainase yang baik.
  3. Media Tanam : Tanaman di Pot perlu media tanam yang tepat, porositas, menyimpan air tetapi tidak menjadi becek. Perlu campuran "Turface", yaitu media kasar untuk membantu pernapsanan dan menjaga kelembaban.
  4. Pakai GH atau terbuka saja: Jika becocok tanam di tanah luas, mau gunakan Green House atau lepas terbuka saja. Tentu ada biaya untuk membangun GH (plastik UV, Tole Net, Tiang , Airasion dsb)
  5. Siap merawat sampai berbuah, menyiram, pemupukan, prunning,fungisida, insectisida, repotting, fruitfullness, perhatian terhadap tanaman.

Pasca Tanam Pohon Tin

Setelah kamu menanam salah satu atau salah dua Jenis Pohon Tin Untuk Pemula tersebut di atas, maka ada perlu perhatikan benda benda sebagai berikut:
  • Suhu atau Penyinaran : Tanaman perlu sinar matahari untuk berbagai hal yang adalah : 
    • Fotositesa, 
    • Mengaktifkan kloofil
    • Menghijaukan daun, 
    • Mengeringkan media sekitar pohon, 
    • Mengatur kelembaban udara sekitar pohon
    • Sumber nutrisi ada pada sinar matahari
    • Membantu tumbuhnya tanaman
    • Membantu mengatur suhu untuk buah, batang dan daun.
  • Pemupukan dua kali sebulan , gunakan pupuk yang sudah komplit sudah banyak dijual di toko tanaman. praktis dan mudah di dapat. Sekali waktu gunakan pupuk kandang. Saya saran di jemur dahulu bau digunakan. Semua pupuk kandang baik, cuma pengalaman orang konon "chicken manure", kotoran kambing, dan baru tahi sapi/kerbau. Ingat semua itu dijemur atau dipanasi dulu.
  • Pemangkasan/prunning , dilakukan untuk membatasi penyebaran gizi makanan supaya menjadi buah.
  • Ganti media tanam , kalau sudah tidak memberikan daya tumbuh lagi. Atau biasa suka terdapat jamur tanah, yang berwarna putih. Nah ini mengurangkan ruang buat akar pohon Tin.

Belajar Bagaimana Cara Menanam Pohon Tin

Banyak sekali sumber yang dapat menjadi panutan menanam pohon Tin, belajar ke para pendahulu yang tentu lebih banyak tahu itu penting.

Media sosial Face Book, Blogspot , Blog Tin banyak sekali. Sekarang tinggal di tangan dan jari jemari dan Hand Phone saja . Gerakkan sedikit sudah semua dapat di baca dilihat dan terserah kepada anda.

Pohon Tin Lainnya yang Disarankan

Saya percaya kalau sudah mencoba beberapa varian pohon Tin di atas, pasti ingin bercocok tanam yang lainnya lagi. yang pertama adalah hobi, yang selanjutnya adalah koleksi. Itu sah sah saja.


    Nah, berikut beberapa varian yang disarankan untuk dikoleksi sebagai pecinta pohon Tin. Kalau sudah menjadi Figs Lovers ya pasti banyak belajar dari yang sudah lebih dahulu, atau para master, kata FB .


      Ada banyak group figs lovers di FB, sebut saja LATANZA, PPPT, dan lainnya.
      Matsui Dauphine, Black Mission, Black Genoa, Taiwan Golden Fig Jumbo, Super Jumbo, Lousiana State Univeesit Gold/Purple, Tena, Osborn Prolific, Desert King, Calmirna, Celeste, TeB, NDC, Bourjasote Noire, Martinenca rimada, Panacea Tiger, Iaqi, Chicago Hardy, yellow Banyuwangi, Fico Salam, Neuro de Caromb, De La reina, Black Madeira Lisa, Bojihong, Wuhan, White Genoa, Abicou, rubado dan Excell.

      Banyak kalau mau ditulis semua, lainnya cari sendiri. Sudah penuh varian di Indonesia, nah sekarang yang paling penting cari yang cocok , mudah tumbuh dan genjah, buah mantap jozz.

      Baca Artikel Terkait :


      Macam dan Tipe Pohon Tin
      Green Yordan adaptif
      Brown Turkey recomend tanam

        Iklan Atas Artikel

        Iklan Tengah Artikel 1

        Iklan Tengah Artikel 2

        Iklan Bawah Artikel