Cara Mempersiapkan Media Tanam Pohon Tin Untuk Pemula

Media tanam bagi semua tanaman merupakan bumi tempat berpijak, dan menjadi sarana tumbuh berkembangnya suatu tanaman. Sedang pohon Tin ang ditanam adalah pohon harapan tumbuh dan berbuah, memperlihatkan pokok tanaman yang eksotik, sehat, dan membawa keindahan taman halaman rumah. Itu yang diharapkan. Setuju bukan.

Cara Mempersiapkan Media Tanam Pohon Tin Untuk Pemula adalah salah satu ramuan resep yang saya aplikasikan pada tanaman saya, dan bermaksud untuk share saja. 

Banyak resep media tanam yang digunakan dan dikenal , namun saya hanya berdasarkan pengalaman saya dan hasilnya menurut saya cukup ok.

Ketahuilah bahwa pohon Tin menjadi viral karena banyak manfaatnya bagi kehidupan, dan salah satunya manfaat yang cukup banyak , dan juga menjadi tanaman taman yang cukup eksotik di halaman rumah.

Dalam mempersiapkan tempat sarana kehidupannya, maka media tanam harus bagus dari berbagai hal atau benda , termasuk :
  • Material media tanam : tanah , sekam, pasir halus, Turface, kompos, pupuk kandang atau kohe, bekas bakaran sampah.
  • Cukup tahan terhadap basah, jangan ada kayu lapuk, kertas , karton bekas, jangan ada batu, jangan ada plastik .
  • Cukup rongga untuk infiltrasi, untuk melancarkan penyerapan air siraman, air hujan, air di waktu pemupukan.
  • Mampu menyimpan unsur hara tanaman, gunakan tanah gembur, bersifat "earthy", tidak berminyak, kurang clay atau tanah liat.
  • ruang cukup untuk ukuran tanaman
  • Dapat sinar matahari , sekurang nya 6 - 8 jam penuh. 

Media Tanam Siap Pakai

Banyak media tanam siap pakai di jual di pasaran di mana mana, terdiri dari berbagai mek dan kwalitasnya. 

Mana yang terbaik untuk menanam pohon Tin kesayangan kamu?

Sekarang sulit untuk menentukan mana yang terbaik dari sekian media tanam di pasar. Untuk  itu sahabat perlu mencobanya semua jenis maka yang ada, kalau mau mengetahui secara pasti. 

Kenapa demikian sulit mengetahui mana yang terbaik.?


Ya , karena pada saat saya mempergunakan media yang saya menilai terbaik ternyata kurang cocok juga untuk tanaman Tin saya. Banyak faktor untuk menilai mana yang terbaik.

Oleh sebab itu saya memakai pengalaman saya sendiri. Dalam ramuan resep saya gunakan tanah . Itu tanah  media tanam dari beli di pasaran.

Rasio Campuran Media Tanam

Mengatur perbandingan media tanam ini sangat berpengaruh kepada pertumbuhan tanaman, dan pada saat pembungaan atau muncul buah.

Sering kali buah sudah muncul bakalan buah tetapi rontok , karena suatu hal yang tidak diketahui. Mungkin sekali dikarenakan media tanam yang masih kurang dapat menyimpan unsur hara C, H, O, N , S , P, K, Ca, Cl, Mg dan Fe.

Perbandingan  di dalam Cara Mempersiapkan Media Tanam Pohon Tin Untuk Pemula yang saya terapkan pada tanaman pohon Tin saya adalah : 
  1. Sekam 45%: sekam biasa
  2. Tanah 20%: boleh di ganti media tanam yang sudah jadi.
  3. Pasir Halus 10%: disaring dulu kalau baru dari toko material, pasir tepi sungai lagi bagus yang dari pas tikungan sungai.
  4. Abu Bakaran Sampah 10%: Ada unsur carbon dan sisa pembakaran lain.
  5. Kotoran Hewan Kambing Halus 10%: banyak unsur Nitrogen
  6. Turface 5%: mengontrol kelembaban media tanam dan aerasion

Untuk praktisnya yang tidak ada halaman tanah, gunakanlah media di beli di pasaran. Banyak produk berkwalitas , cari yang terbaik. 

Tinggal di tambah Sekam , Pasir, Kohe dan Turface. 




RASIO KOMPOSISI MEDIA TANAM


Baca juga Artikel Terkait :


Ukuran Pot Ideal Pohon Tin
Air Kolam Lele Bagus untuk Siram
Jenis Buah Tin Tebesar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel