Air Kolam Lele dan tanaman

Banyak Menyuburkan tanaman

Air tanah yang baru dari pompa umumnya masih mengandung sifat asam yang kurang baik untuk tanaman. Apalagi tanaman yang sedikit sensisitif terhadap keasaman tanah, misalnya pokok Tin.

Sedangkan air kolam ikan yang umumnya sudah diam di kolam dalam beberapa hari, maka tentu sudah beroksidasi dengan udara normal. Sudah tentu pH air dari kolam ikan Netral.

Berbeda dengan air yang bau di sedot dari dalam bumi, tentu lebih pH asam. Sehingga masih memberikan efek kurang baik terhadap tanaman. 

Ternyata air kolam ikan lele  banyak menyuburkan tanaman. Terbukti pada tanaman pokok Tin Red Pelestine yang saya siram dengan bekas turasan air ikan lele sudah berbuah kecil. Ini menunjukkan ada manfaatnya air bekas turas kolam ikan lele. Disana banyak memberikan manfaat bagi tanaman yang ada disekitar tempat saya siramkan. Air Kolam Lele dan tanaman ternyata ada link hubungan.

Pokok Tin pun jadi subur, tanaman kuping gajah jadi lebat daunnya, pokok sirih jadi banyak cagangannya, pokok binahong jadi banyak tunas muda.

Nah dari beberapa hal tanpa sengaja ini maknanya setelah saya perhatikan. Eh kok ya bagus dan bermanfaat. Meski demikian tetap saya campur sedikit dengan pupuk organik cair , barang sesendoh teh, sangat sedikit, setengah CC sampai satu CC.

Media Tanam saya gunakan

Sedangkan media tanam yang saya gunakan , termasuk umum saja. berikut media tanaman campuran saya yang lumayan hasilnya ini.
  1. Sekam mentah - 40%
  2. Media Tanam Pak Tani - 30%
  3. Pupuk Kandang kotoran hewan - 20%
  4. Sedikit Cocopeat halusnya saja - 5%
  5. Sedikit saja Kapur pertanian/Dolomite - sesendok teh per galon air.
  6. Furadan 3G sesendok makan per karung media.
Setelah media di campur dan di aduk aduk. Lepas itu saya diamkan beberapa hari , tetap disiram sampai menjadi siap, tenang dalam pot ukuran 40 hitam. Dan untuk selanjutnya setelah tampak ready, siap untuk dipakai menanam pokok Tin.

Campur sesendok teh saja dalam satu kolam 100 lt

Sebelum saya turas , saya tuangkan dahulu pupuk organik cair SUBUR yang saya beli di warung tanaman sebelah rumah. Dan murah saja, namun ternyata manjur untuk pertumbuhan dan pembungaan , serta perakaran. 

Tunggu sejam biar si ikan Lele sempat mengaduk aduk air. Percaya ikan tidak mati karena pupuk cair ini. Itulah saya sebut ikan Lele yang paling tahan atas keruh dan segala keadaan air hidupnya. 

Nah itulah manfaat turasan kolam ikan lele yang semula tidak saya perhatikan. Secara tidak sengaja saya gunakan ...eh kok cocok dan memberi kesuburan. Sadar akan hal ini, maka sebelum menguras kolam saya taburkan pupuk sesaat sebelum dikuras.

Maka ikan akan membantu mengaduk mencampur pupuk dengan airnya. 

Sebulan Dua Kali Grow More

Setelah pokok cukup kuat batang dan sudah 6 bulan lewat , maka saya coba dengan tambahan pupuk Grow More, 20:20:20  yang target saya adalah pembungaan. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel