Quick Growth Brown Turkey

Buah Tin

Gambar BT dari Busta Tin
Buah yang dikenal sebagai buah Surga seperti disebut dalam surah At Tin. Merupakan salah satu buah dengan banyak kandungan zat yang memberi barokah bagi kesehatan tubuh.

Meski demikian konon yang disebutkan dalam surah At Tin itu adalah jenis varietas Red Pelestine atau Red Israel atau Khurtmani. Satu benda dengan sebutan tiga. Itu entah betul kah tidak. 
wa allahu allam

Konon jenis Brown Turkey menjadi produsen handal di Texas. Jadi bagaimana dengan di Indonesia. Saya kira tidak jauh meleset keterangan itu. Disinipun dimana mana tanaman Tin Brown Turkey menunjukkan sifat yang adaptif, produktif dan cukup manis buahnya, ukuran sedang.

Asia Barat

Buah ini berasal dari Asia Barat, termasuk Timur Tengah, Turkey dan sekitaran. Kemudian tahun 1600 berkembang ke Eropa Selatan dan sekitaran. Termasuk di daratan Perancis, Italia dan Spanyol serta Portugis.

Amerika 

Kemudian berikutnya tahun 1880 berkembang ke negeri paman sam Amerika. Pohon Tin dibawa oleh seorang missionaris dari Spanyol ke Texas dan California.  Maka disinilah perkembangan paling besar di negeri ini.

Di Texas sendiri sangat berkembang baik adalah varietas Brown Turkey dan hampir menyeluruh penghobi tanaman surga ini menanam Brown Turkey.

Untuk selanjutnya di kembangkan secara ilmiah tentang pohon satu ini oleh Pakar buah Extention texas AgriLife. Muncullah Texas Everbearing Fig.

Brown Turkey

Brown Turkey dari google.
Berikutnya kedua pohon tersebut Brown Turkey dan Texas Everbearing menjadi top nya tanaman Tin di daerah ini. Sehingga berkembang juga ke Indonesia. Mengapa Brown Turkey, karena buahnya sedang sampai besar. berwarna kecoklatan di musim semi tampak cerah segar dengan rasa manis bersifat Juice  yang memberikan kelezatan tersendiri.

Tanamannya mudah di kembangkan dengan cara stek cutting batang. atau dengan cangkok dan okulasi.

Adaptif terhadap iklim dan cuaca, mau hidup pada suhu rendah dan suhu panas apalagi. Tahan curah hujan tahan panas, FullSun FullRain.

Texas Everbearing

Texas Everbearing
Nah yang satu ini pengembangan dari pokok Tin di daerah Texas sendiri. Dan memberikan hasil yang bagus dengan buah lebih besar dan produktif di texas. meski demikian sekarang sudah banyak di Indonesia. 

Di Inggris tanaman Tin Brown Turkey dikenal juga Texas Everbearing, namun di bedakan sedikit lebih produktif dan lebih genjah pohonnya.

Menjadi tanaman di halaman sekolah, tanah yang luas sehingga berkembang leebat buah, adaptif banyak cabang sejak dari pangkal batang primer. 

Warna buahnya kadang lebih pekat kearah purple. Namun biasanya kecoklatan dengan tekstur bergaris. Itulah sebutan Brown turkey 

 

Di Indonesia

Secara umum dari obrolan informal sesama penghobi tanaman menunjukkan bahwa jenis tertentu berkembang sangat baik di Indonesia. meski semua jenis dapat hidup bagus akan tetapi tertentu yang menunjukkan hidup bagus dan lebat buahnya. 

Jadi boleh dikatakan bahwa semua jenis varietas pohon Tin dapat berkembang baik di Indonesia. Subhanaullah.

Perkembangan kesuburan dan produktifitas buah nya sangat subjectif dengan pemeliharanya. kalau rajin dan tepat pemanfaatan media dan pemupukannya maka akan menjadi sangat produktif dan rajin berbuah. Itulah pohon Tin atau Ficus Carica.

Termasuk jenis varieats Tin yang Produktif
  • Brown Turkey
  • Red Pelestine/Red Israel/Khrutmani
  • Red Sicilian
Termasuk jenis varietas Tin yang mudah tumbuh
  • Green Yordania
  • Purple Yordania
  • Tena
  • Conadria
Termasuk jenis varietas Tin yang berbuah Besar
  • Taiwan Golden Fig/TGF
  • Super Jumbo/SUJU
  • Matsui Dauphine 
  • Blue Giant
  • Medeleine de Saux de Saisons
Termasuk jenis varietas Tin yang berbuah manis
  • Negrone
  • Burjasotte Noire

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel