Jenis Tin Terbesar Saat Ini

Tin terbesar buahnya versi saya

Jaman Now sudah dikenal  beberapa jenis Tin dengan buah besar. Jenis Tin Terbesar Saat Ini termasuk di antaranya Super Jumbo, Taiwan Golden Fig, Matsui Dauphine, Medeleine de saux de saosins. dan yang medium besar adalah BTM6, Black Genoa, Tena, Bourjasote Noire, Noire De Caromb, JCKA. Meski demikian penelitian dan pengembangan tentang Jenis Tin Terbesar Saat Ini terus bergerak maju. 

Bahkan bukan saja mencari mengembangkan varian baru yang berbuah besar di tambah genjah pula. Lebih maju lagi penlitian tentang membuahkan Tin (Figs Carica) yang mempunyai rasa paling top :
  • Top manisnya
  • Top Juicy nya
  • Top Buah Besarnya
  • Top Awet distribusinya
  • Yang terakhir bagaimana peningkatan produk nya.
Di antara perusahaan yang telah berusaha dalam pengembangan pokok syurga ini antara lain :
  • Maroko, di Provinsi Berkan, tpatnya kota Aqhbal telah mengembangkan pokok Tin ini dengan cultivar baru. Setiap tahun mengadakan festival buah Tin. Kegiatan ini didukung oleh Menteri Pertanian Maroko dan melibatkan 30 asosiasi pngusaha Tin , di koordinir Gharmawne Agriculture Cooperation.
  • Prancis, Languedoc-Roussillon dngan produksi Tin dari varian Rouge de Bordeaux, Sultane, Marseillaise, Noire de Caromb dan Goutte d'or.
    Louis XIV adalah penggemar berat buah Tin, dan menanam 700 pohon berbagai varian di kebunnya. Diyakini bahwa orang-orang Yunani memperkenalkan buah ke Prancis pada masa pemerintahannya.
  • USA, di Olympia ( Olympian Figs), di California (Calymirna), Di Lousiana (LSU Gold) , di Texas (Texas everbearing) merupakan tempat yang giat mengembangkan pokok yang imigransi dari Perancis, Italia, Spanyol yang dibawa pada jaman perjelajahan orang Eropa ke Amerika dulu

Berikut adalah beberapa jenis Tin yang mempunyai buah berukuran besar.

Meskipun demikian Buah Tin kalau cukup asupan unsur hara tanaman tentu boleh memberikan buah yang berukuran besar dari normalnya.

Jenis Tin Terbesar Saat Ini tentu yang genjah dan besar kecilnya buah tanaman sangat tergantung dari jenis variant, media tanam, unsur hara yang ada, pemeliharaan penyiraman. Salah satu hal lagi adalah bahwa tumbuh tumbuhan berbuah itu sangat tergantung yang Maha Kuasa. 

Seperti disebut dalam Al Quran Surah Ibrahim 14.24 dan 14.25 :

14.24 "ALAM TARO KAIFA DORO BALLOHU MASALANG KALIMATANG TOYYIBATANG KA SYA JAROTING TOYYIBATIN ASLUHA SABITUWWA FAR 'UHA FISSAMA I."  

"Tidakkah kamu memperhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik, seperti pohon yang baik, akarnya kuat dan cabangnya (menjulang) ke langit"

14.25. "TUKTI UKULAHA KULLA HINIMBI IZNI ROBBIHA. WAYADRI BALLAHUL AMSALA LINNASI LA'ALLAHUM YATAZAKKARUNA". 

"(pohon) itu menghasilkan buahnya pada setiap waktu dengan seizin Tuhannya. Dan Allah membuat perumpamaan itu untuk manusia agar mereka selalu ingat",

Meskipun semua karena Allah , so pasti ada usaha manusia juga sebagai bagian dari kehidupan yang bersinergi.

1. GE Neri Fig - extra large

Menurut saya Buah Tin jenis ini yang dikenalkan oleh penghobi tanaman bernama Byron Martin, menjadi terbesar yang di kenal saat ini. Bayangkan saja besar buah GE Neri sama dengan bola tenis. Mungkin kira kira berat melebihi 150 gram.
Gambar dari Blog Logee's
Jual GE Neri di sini

Tanaman Tin GE Neri dapat beradaptasi di negaranya pun juga di Italia dan USA. Mulai dikenalkan sejak 2014. Belum lama di migrasi ke USA dan berkembang hingga saat ini.

Karena buahnya yang extra large, maka sekarang sedang banyak di buru oleh penghobi pokok Tin.

Berapa harga bibit GE Neri Figs. ?
Kalau di lihat di beberapa sumber OnLine di bandrol antara $18.5 sampai dengan $49.5 

Bayangkan berapa rupiah untuk mendatangkan cutting stek batangnya $7.9 .  So murah ..?  ya belum termasuk Ongkir. dan expedisi. 

Jenis varietas Tin ini nampaknya belum masuk Indonesia. Mungkin penghobi yang besar minat sudah ada, namun saya tidak tahu. 

In shaa Allah nanti segera menyebar di Indonesia dan saya bisa membeli anakan nya. Itu saja kemampuan dan harapan.

Ini adalah kutipan dari sumber terpercaya :

"Ge Neri adalah tin Italia dan mungkin saja tumbuh terbesar dari semua jenis! Variant  langka ini untuk koleksi Anda dan bawa rasa manis dan lezat ke dapur Anda! 
Ikhtisar: Tinggi dewasa rata-rata: 9 kaki. 
Tanah: Tanah yang dikeringkan dengan baik. Tidak akan mentolerir tanah yang terlalu basah, tetapi membutuhkan kelembaban yang cukup selama berbuah. Cahaya: Sinar matahari penuh. Zona: 7 - 9."


2. Olympian Figs-extra large - tennis ball

Diperkenalkan pada tahun 2014, Olympian menghasilkan benar-benar besar, sebesar buah jeruk tangerine, berwarna ungu, berkulit dengan daging merah ke unguan, rasanya yang sangat manis. 

Maknanya beratnya berapa ya?
Bisa dibayangkan kalau ukurannya sebesar jeruk tangerine, boleh jadi hampir bola tenis juga. estimate berat di atas 150 gram.

Tanaman breba hardy yang dingin dapat matang pada awal Mei dan diketahui tahan suhu ke remaja. 

Tanaman Tin ini sendiri tahan hingga nol derajat setelah terbentuk dengan baik meskipun akan membeku ke tanah hanya untuk kembali di musim semi dan menghasilkan buah pada musim panas berikutnya.


Denny Mc Gaughy  discoverer Olympian

DennyMcGaughy
The Olympian Fig ditemukan di Olympia, Washington oleh Denny Mc Gaughy dan merupakan varietas pilihan untuk iklim dingin serta daerah yang sedikit lebih hangat. 

Tanaman ini sebenarnya adalah pusaka yang telah tumbuh di situs yang dilindungi selama lebih dari 100 tahun. 

Olympian dikonfirmasi untuk menjadi kultivar yang berbeda melalui pengujian DNA bila dibandingkan dengan 270 varietas di USDA ARS Germplasm Repository di California, Amerika Serikat.
 

Pohon Tin ini paling baik bila mereka mendapatkan setidaknya 8 jam matahari langsung per hari. 

Setelah mapan mereka cukup toleran kekeringan tetapi periode kering yang berkepanjangan dapat menyebabkan penurunan daun dan buah serta dormansi dini. 

Mulsa organik yang dalam akan membantu mengurangi tingkat kelembaban yang ekstrem, mengurangi masalah nematoda, serta mengurangi persaingan dari gulma.

3. Super Jumbo Fig - extra large -184 gram

Gambar dari Kebun Tin Malaysia
Saya mengambil informasi dari kebun Tin jiran Malaysia.  Bahwa jenis varietas Tin ini mempunyai ukuran buah yang extra large. 

Menurut ukuran standard umum perihal Tin.
  • Very Small - 1 inch
  • Small - 1.5 inch
  • Medium - 2.25 inch
  • Large - 2.75 inch
  • Extra Large - 3.25 inch
Hampir pasti ukurannya mendekati bola tenis. Bahkan ada yang di timbang berat menunjukkan berat sampai dengan 184.5 gram. Bukan main besarnya buah Tin ini.

Sehingga sekarang variant SUJU Tin sudah banyak di pasarkan secara on line di Indonesia. Sebut saja di Bukalapak, Shopee dan on line lainnya. 

Di bandrol harga bibit pohon tin varietas SUJU siap full sun full rain Rp 150,000 .
Meski demikian sekarang sudah banyak di obral harga di online untuk Fresh Cangkok di Banyuwangi antara Rp 25,000 sd Rp 30 000 sahaja, belum termasuk ongkos kirim.


Namun saya ingatkan untuk yang jaraknya jauh sebaiknya gunakan cara ekspedisi yang super ngebut. 

Pengalaman diri saya sendiri, waktu membeli FC paket Tin di Banyuwangi dengan perjalanan 4 hari jalan darat , pada akhirnya hanya 4 yang masih hidup.


Namun kemudian saya membeli lagi dan mohon dikirim dengan layanan SUPER NGEBUT , alhamdhulillah sekarang hidup semua. 

Mungkin karena hari kedua petang sudah sampai dan malam itu langsung saya tanam di polibag.

4. Taiwan Golden Fig - large

Gambar dari Busta Tin, Sidoarjo.
Dari namanya sudah dapat di tebak. Pasti dikembangkan dari Taiwan . Karena saking besar buah Tin ini. Maka sering dikenal sebagai TGF Jumbo. 

Berat buah Tin ini dapat mencapai 150 gram lebih. Pengaruh asupan unsur hara tanaman mempengaruhi pertumbuhan buahnya.

Saya mencoba menanam bibit TGF ini dari kebun Busta Tin, Sidoarjo, Jawa Timur. Indonesia. Disanalah saya banyak mendapatkan inspirasi dan bertanya banyak hal tentang buah surga ini. Konon Busta = kebun.

Banyak sekali jenis varietas Tin dijual di kebun Busta Tin, hampir 200 varietas. Dan saya membeli sedikit saja, maklum sedang belajar bercocok tanam pokok Tin.

5. Madeleine De Saux De Saisons - large 120 gram

Madeleine d s d s
Varietas Tin yang satu ini berasal dari Perancis. Di negara asalnya menjadi jenis pokok Tin yang termasuk di koleksi karena besarnya buah dan manis rasanya. 

Saya kira di Indonesia masih jarang jenis varietas Tin ini. Padahal jenis yang mudah beradaptasi pertumbuhannya.

Dikenal sejak abad 13 lalu. di daerah Anglo-French. Kemudian berkembang ke wilayah Asia melalui Turkey. Disana memang penghasil buah terbesar di dunia. Hampir 30% produk Tin di dapatkan dari negeri Kemal Ataturk ini

Buah Tin ini banyak mengandung Kalsium, Kalium, Fosfor dan zat besi. Sehingga bagus untuk kesehatan tubuh, menjaga stamina dan ketahanan dari penyakit.


Bagaimana Tin di Indonesia


Kalau di negeri beriklim Tropika , maka banyak perkembangan bervariasi baik secara alami maupun yang dikembangkan secara teori keilmuan.

Contoh banyak beredar varian Yellow Banyuwangi, Brown Turkey Modified 6, semua itu menunjukkan gerak maju penggiat tanaman Ficus Carica di Indonesia.

Hampir 700 varian di tanam di Indonesia, meski telah dikenal diseluruh dunia ada sampai 1500 varian Ficus Carica. Tanaman ini menyebar di kota kota di Jawa Sumatra , Bali, dan Kalimantan. Sebut saja Cirebon, Banyuwangi, Surabaya, Solo, Bandung, Tangerang, Bekasi, dan Jakarta.

Sayangnya  kalau saya lihat masih diklola scara individual usaha ini, blum sbagai kompani bsar profsional bgitu. Dan lagi pngmbangan pokok syurga yang banyak manfaat dan masih trgolong mahal buahnya ini blum mndapat prhatian bsar dari yang brkomptn bidang profsi ini.

Coba kalau di kelola dan dikembangkan sebagai sebuah perkebunan besar, mungkin dapat mengalahkan kebun Jagung atau lainnya. Bukanlah kalau di samakan dengan kebun kopi atau coklat.

Semacam pokok Kelor saja , seorang penggiat pak Budi di Kunduran , Blora telah membahana ke manca negara dengan produksi daun kelor. Dia dapat mengembangkan dengan berberapa hektar kelor dan diusahakan secara profesional dan pula di akui oleh orang manca negara.

Baca Juga Artikel Menarik Terkait:

Buah Tin TGF Jumbo
Turki Produsen Tin Terbesar Dunia
Viral Buah Tin Indonesia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel