Ukuran Ideal Pot Pokok Tin

Ukuran Ideal Pot Pokok Tin

Sumber gambar dari Google.
Setelah sekian lama coba dengan berbagai ukuran pot. Maka secara tidak sengaja menurut pengamatan saya selama ini bagi ukuran pot tanaman pokok Tin adalah sebagai berikut. Banyak ukuran pot dijual di pasar dan apakah sesuai dengan tanaman dan tempat di halaman rumah. Maka berikut ini pengalaman saya.

Banyak pot dijual dipasar dengan berbagai ukuran dan model. Ada yang pakai kuping, ada yang biasa lurus, ada yang hitam, ada hijau, ada merah, coklat. Dan harga bervariasi dari Rp10000 , sd Rp50000. Dapat dibeli di setiap penjual tananam di mana saja.

Pengalaman saya, yang paling sering digunakan adalah ukuran 40, berkuping, hitam dengan harga sekitar Rp25,000,- per satuan. Ini untuk tanaman Tin permanen yang saya gunakan.

Meski demikian bukan saja pot yang cantik, sesuai ukuran, namun adalah media tanam yang sesuai dan cocok bagi pertumbuhan tanaman Tin. Media soft, mudah ditembus akar, mudah air turun, dan kaya unsur hara yang diperlukan tanaman.

Akar di atas

Umumnya perkembangan pokok Tin menunjukkan tumbuh akar di bagian permukaan media tanam. Sehingga disebut akar di atas.
Dengan sifat demikian itu maka mudah tumbuh akar hanya dengan menambah  media tanam selapis di atas media lama.

Pokok Tim dapat hidup dalam keadaan tertutup media tanah yang sedikit saja, asal masih dapat kelembaban cukup. Kecuali terjadi kekeringanmaka akan layu dan mati.

Pemilihan ukuran Pot.

Pemilihan ukuran Pot yang tepat dapat membantu perkembangan tumbuh kembang tanaman Tin. Dengan media yang serasi dan tepat, airigasi cukup dan lingkungan matahari cukup, maka saya garansi , tanaman akan cepat berbuah. Ini sudah saya buktikan dihalaman rumah yang sempit saja.

Oleh sebab itu , maka perkirakan sebagaimana akan tumbuh tanaman yang kamu sedang tancapkan itu. Dan seeloknya nanti akan besar bagaimana , lebar , tinggi seperti apa, maka akan disesuaikan dengan pot yang digunakan.

Sesuai Ukuran dan usia bibit Tin

Untuk pengembangan biakan pokok Tin, maka berbagai ukuran pot yang pernah saya gunakan adalah sebagai ini.
  1. Pot ukuran botol Aqua glas : saya gunakan untuk stek batang
  2. Pot ukuran 5 : saya gunakan untuk stek batang
  3. Pot ukuran 10 : penanaman usia sampai dengan 5 bulan
  4. Pot ukuran 25 : penanaman sampai usia 12 bulan , biasanya sudah buah
  5. Pot ukuran 35 : penanaman sampai usia 24 bulan, usia berbuah.
  6. Pot ukuran 40 : penanaman permanen semua pokok utama, indukan.
  7. Pot ukuran 50.: jarang saya gunakan.
Loh kalau begitu sering tananam Tin dipindah ke pot lain. Iya saya seperti itu, meskipun tidak selalu setiap tahun. Tengoklah kalau sekiranya nutrisi bagi mensuply keperluan tanaman dengan sebesar tertentu sudah tidak layak , ya ganti aja.  

Tapi ingat, jangan sampai  karena pemindahan membuat tanaman stress. Berakibat kagol untuk berbuah, atau rontok bunga, bakal buah. Ini pernah saya terjadi, karena pemindahannya tergesa gesa dan tiada ilmu. Maklum baru belajar dengan pengalaman.

Media tanam penting

Jangan hanya ukuran pot diperhatikan, akan tetapi juga media tanaman yang digunakan. Pengalaman saya, yang saya gunakan berbagai macam jenis media tanam 
  1. Tanah bekas bakaran sampah : media ini bagus tidak ada binatang tanah, dan cukup subur, tetapi suka ada batu, plastik dan arang.
  2. Tanah kampung biasa : kurang bagus, kurus dan mengering tanamanku
  3. Media beli gambar pak tani : Bagus, meski ada yang lebih bagus lagi
  4. Campuran Sekam padi, Kohe, Media pak tani, cocopeat. : terbagus, best
Dan yang paling the best adalah no.4 media campuran Sekam padi mentah, Kotoran Hewan, Media pak Tani dan Cocopeat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel