RootStock Untuk Tin

Saya Belajar Rooting Stock

Saat ini saya belajar membuat tanaman Tin (Ficus carica) dengan kaki bawahnya dari batang lokal yang disebut Root Stock.  

Nah ini saya mempergunakan batang bawah atau Root Stock dari batang Awar-awar (Ficus Septica) atau awar awar model lain Ficus Fistulosa yang berdaun agak berbulu dan lagi lemas.. 

  1. Pohon Tin : Ficus Carica
  2. Pohon Lowa : Ficus Racemosa
  3. Pohon Awar Awar : Ficus Septica
  4. Pohon Awar kebon : Ficus Sur
  5. Pohon Pace/Mengkudu : Ficus Fistulosa
  6. Pohon Beringin : Ficus Benyamina
  7. Pohon Uyah Uyahan : Ficus Montana

Satu Familia Boleh jadi cocok sebagai Rootstock

Kalau kita urutkan spesies dan genusnya, maka semua jenis pohon Ara ini saling dapat dijadikan pokok bawahan.

Sehingga masa sekarang sering digunakan sebagai rootstock adalah dari species Ficus Racemosa atau Pokok Loa, Pohon Elo.

Namun ada kemungkinan pohon Awar Awar (Ficus Septica) juga boleh jadi rootstock untuk pohon Tin . Belum dengar ada yang yang mencoba.

Kalau melihat kelebatan buah Ara yang di hasilkan. Meski hanya melihat gambar dari mana mana sumber dan melihat kalau sedang jalan ke  kampung kampung . Maka saya senang kalau awar awar dapat jadi rootstock pohon Tin.

Sepertinya jenis sama saja dengan pohon Loa. Hanya dibedakan untuk pohon Loa berdaun ramping memanjang. Sedang daun awar awar lebih melebar gemuk. Tetapi kedua jenis daunnya sama seperti daun Mengkudu , tapi satu ramping satunya gemuk.


  Apa maksud rootstock untuk Tin

Sebagai tanaman yang diharapkan buahnya, akan tetapi sedikit mistrius pokok Tin ini (Ficus carica). Kadang trlalu banyak hujan jadi layu dan tamat. Tetapi pokok ara hutan (Ficus racemosa dan Ficus Auriculata) keduanya boleh bertahan hidup meski banyak panas kering kerontang dan juga dalam situasi hujan banyak air sekalipun becek

Bawah Ara Kampong (Ficus Racmosa) yang mempunyai akar tahan cuaca dan situasi media tanam. Baru sambung di atasnya boleh Tin dari jenis apa saja, sebaiknya dicoba dulu.


Pohon Loa / Ficus Racemosa

RootStock Untuk Tin dari jenis Pohon Loa atau disebut Ficus Racemosa ini paling cocok sudah banyak dicoba oleh penggiat tanaman Tin. Sebut saja dari Kebun Tin di Nganjuk, Pekebun Tin di Pamulang dan banyak lagi lainnya.




Pohon Awar Awar

Pohon awar awar atau disebut Ficus Septica sepatutnya juga cocok. Mengingat buah dan Famili yang sama dengan Tin juga.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel