Belajar Sambung Pucuk

Hari ini saya belajar Sambung Pucuk

Apalah istilahnya , yang jelas hari ini saya belajar menyambung pucuk dan tempel mata tunas Blue Giant ke batang primer Green Yordania. 

Secara kebetulan batang Blue Giant rontok daun semua. Dan patah, maka saya potong saja patahan tersebut. Selanjutnya saya manfaatkan sebagai sambung pucuk pada Green Yordania. 

Pada beberapa postingan terdahulu saya membahas sopak akar Tin. Adalah pada pohon yang hampir mati, rontok habis sudah daun daunnya. Maka saya sopak di bagian bawah batang dengan media yang subur. Untuk menumbuhkan perakaran dari atas. Hal ini untuk menghindari , barangkalai ada Tin itu mati karena akar didalam tanah sudah dimakan binatang tanah.

Kenapa saya coba ke pohon Green Yordania?

Karena hanya satu pokok itu GY yang cukup kuat hidup di tanah terbuka dan sekarang tingginya sudah 2 meteran lebih , dengan ukuran diameter batang 1 inch.

Alasan tersebut logik, karena ketika batang itu dilukai, dan dia akan mengkonsentrasikan makanannya untuk menyembuhkan lukanya. Dan kambrium yang teriris tadi akan menjadi pemicu pertumbuhan kembali batang Tin tersebut.

Pemupukan dengan unsur Nitrogen yang dominan sangat diperlukan. Mengingat untuk menjaga asupan makanan ketika batang sedang sakit. 

Tujuan Sambung Pucuk atau Tempel mata tunas 

Dengan langkah ini, saya belajar menggabungkan antara species BG dan GY untuk mendapatkan buah yang bersifat keduanya. 

Blue Giant berbuah besar, rasa sedang manis, tetapi jarang berbuahnya, sayangnya batang kecil. 

Nah Green Yordan manis dan tahan berbatang besar, buah manis sedang, hijau kekuningan.

Coba nanti kita tunggu hasil akhirnya. Mohon zat kehidupan yang berbuah baik.

Semoga dapat positipnya.

Hambatan saya pada saat ini hampir setiap hari datang hujan. Maka sungkup aluminium foil harap jangan bocor perekatnya. 

Caranya step by step

  • Ambil potongan Blue Giant
  • Runcingkan/ tipiskan sebelah
  • Iriskan batang primer GY , sedikit saja sebanding dengan potongan BG
  • Kemudian tutup dengan plastik wrap
  • Sungkup dengan Aluminium Foil
  • Tunggu satu bulan baru di buka sungkupnya
  • In shaa Allah tunas tukul tembus plastik wrap.
  • Jangan lepas plastik sampai kuat tempelan batang BG tadi.

Sisa sebagian batang Blue Giant saya manfaatkan untuk okulasi. Tempel mata tunas. Secara kebetulan ada tunas sebagian potongan tadi.

Maka saya manfaatkan dengan menempelkan tunas ke Green Yordan. Cuma saya tempel di batang sekunder.

Hari Rabu , hari tanam pohon berbuah.

Sebagai warisan pesan dari nenek saya dulu, bahwa kalau mau menanam pokok yang berbuah, maka pilihlah hari Rabu. Nah itulah maka selagi dirumah , kalau pas hari Rabu saya manfaatkan untuk bercocok tanam. 

Apa saja yang sedang berminat?. 

Sekarang saya berminat tanam pohon Tin. inspirasinya dari Blog Walking

Meski hari lainnya saya tetap beraktifitas lainnya, misal pemeliharaannya. Jangan terpaku pada kepercayaan . Bahwa semua hari adalah baik. Semua atas karunia Allah ta ala. 

Selain tanam juga diperlukan penyemaian, pemupukan, penambahan media subur, kohe dan sekam padi. 

Tanpa memandang hari pun selalu melakukan kegiatan yang bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel