Labu Cucurbita Pepo

Labu atau waluh

Cucurbita Pepo
Kedua kata tersebut merupakan satu Taxonomia familia Cucurbitaceae , Genus Cucurbita. Spesies Labu atau Waluh atau Cucurbita yang sering di jumpai di pasar umum termasuk Cucurbita Pepo (Labu Kuning) , Cucurbita Moschata (Labu Tulang) dan Cucurbita Maxima(Labu raksasa) serta Cucurbita Argyrosperma (Labu Gantung). Tumbuhan merambat yang sering dijumpai buahnya di pasar berbentuk bundar dan lonjong berwarna kuning kecoklatan dan hijau . Dan mempunyai rasa yang spesial kalau di bulan Puasa. Banyak olahan dari bahan Labu ini sebagai bubur labu, Kolak Labu atau hanya kukus Labu.

Tanaman ini menghasilkan banyak manfaat, terutama dari buahnya dan pucuk batangnya. Keduanya memberikan warna makanan tersendiri pada hari hari tertentu, karena menjadi bahan makanan favorit bagi berbuka puasa.


Cara Penyerbukan Labu

Sering dengar mudah bertanam Labu. Ya benar benar mudah dan murah. Karena asal ada media tanah cukup sudah. Tidak perlu di pupuk dan di biarkan saja akan berkembang berbunga dan berbuah.

Namun jangan mudah percaya dan  lepas juga, ada kalanya  disana tidak pernah terjadi permbuahan yang ditunggu tunggu untuk menjadi buah Labu. 

Mengapa demikian?

Bunga Jantan Labu
Karena sang pembantu si Kumbang atau Lalat tidak pernah menyentuh bunga Jantan dan membawa serbuk sari ke bunga Betina, Akibatnya bunga betina menjadi busuk percuma.

Keadaan ini dapat terjadi dilingkungan yang bersih, atau sering terdapat pembakaran sampah, atau sering disemprot dengan insectisida atau fungisida atau pestisida. 

Dapat juga terjadi tanaman berada di lingkungan yang kurang terbuka sehingga serangga pembantu tidak pernah berani datang, misalnya sering ada semprot obat nyamuk, atau dipasangi Lem tempel Lalat, maka akan menjadi penyekat datangnya serangga atau kumbang pembantu penyerbukan.

Lalu Bagaimana cara penyerbukan Labu Cucurbita?

Penyerbukan Labu dapat dua cara. Yaitu dengan alami oleh bantuan binatang serangga liar atau dengan cara manual handy pollination. 

Yang pasti penyerbukan dengan tangan lebih terpercaya. Lakukanlah dengan memotong bunga Jantan, dan bukalah kelopak bunganya , tinggalkan tangkai serbuk sari. Lalu tempelkan ke bagian kepala putik bunga Betina yang berada di tengah kelopak bunga, ada empat lidah kecil berwarna orange. Masukkan tangkai serbuk sari yang bentuknya seperti tongkat penuh serbuk berwarna orange kuning.

Kerjakan penyerbukan di waktu pagi dan kemudian biarkan datang matahari pagi yang bersinar kuat dengan Ultra Violetnya, Gold Sun.

Apa ciri ciri bunga Jantan dan Bunga Betina Labu?

Bunga Betina Labu
Bunga Jantan dicirikan dengan tangkai bunga yang relatif lebih panjang dan kecil. Sedang bungan Betina dicirikan dengan tangkai bunga relatif besar dan lebih pendek dengan Bulb Body bunga di ujung tangkai, baru kelopak bunga yang berwarna orange kuning emas.

Bunga Betina berbentuk unik , umumnya berada pada tanaman bagian ujung rayapan batang. Tidak sebanyak bunga jantan dan berbanding satu muncul bunga Betina akan di barengi sepuluh bunga jantan.

Maka kalau ada bunga Betina segera lakukan penyerbukan dengan manual saja. Tanpa menunggu datangnya kumbang pembantu yang belum tentu datang.

Setelah terjadi Pollination



Dalam proses selanjutnya, jagalah agar tidak kena air saat penyiraman , kecuali setelah benar benar berhasil penyerbukan tersebut.

Ciri ciri penyerbukan yang berhasil adalah dengan terjadinya pembesaran secara cepat dari body bunga tersebut menjadi cepat besar sampai sebesar Labu yang umum  dijumpai di pasar ramai.

Nah sekarang tinggal bagaimana menjaga agar perkembangan pertumbuhan dapat berlangsung dengan aman dan tidak patah atau pohon tidak mati atau kekurangan unsur hara media tanam. Oleh sebab itu jagalah dari pada medianya, penyiramannya dan penyinaran sinar matahari sekurang kurangnya 4 jam sehari.

 

Jangan ditunjuk dengan telunjukmu

Ini hanyalah kepercayaan orang tua dulu saja mungkin. Akan tetapi masih saja ada yang memberi tahu saya demikian. Bahwa jangan pernah menunjuk, menghitung bungan betina Labu. Kalau terpaksa mau menunjukkan gunakanlah ibu jari tangan .

Mengapa demikian ? Tahyul kah?

Saya pun tidak tahu pasti, yang saya alami memang ada dua bunga betina yang sudah saya tunjuk tunjuk kok menjadi layu sebelum menjadi. Maka saya  berpendapat mungkin juga ada perlunya mempraktekkan petuah orang tua dulu tersebut.

Lebih baik saya menghindar dari layu bunga, dan pun tidak keberatan menunjuk dengan ibu jari. Malah lebih sopan ya...

So Jangan menunjuk bunga betina Labu dengan telunjukmu, maka akan menjadi layu sendiri akibatnya.

 

Cara Mengenali Buah Labu Siap Panen

Sekarang saatnya memetik buah Labu Pepo. Maka kenali dahulu tanda tandanya :
  • Ukuran buah sudah cukup besar
  • Menunjukkan kulit buah yang cukup keras
  • Menunjukkan tangkai buah yang layu dan mengering
  • Warna buah menjadi kuning kecoklatan
  • Berat bisa 2 Kg (Labu Pepo) sampai dengan 4 Kg (Labu Maxima)
  • Meskipun rata rata berat labu 1.5 Kg kalau tidak terawat 

 

Manfaat Makan Labu bagi Kesehatan

Penurun Tekanan darah Tinggi, Jaga kecantikan kulit dan jaga tulang keropos

Pertama kenali enaknya makan labu dalam bentuk apapun yang kamu suka, termasuk sekedar di rebus, di buat Bolu kukus, dibuat kue labu , atau di buat bubur labu...dll.

Selanjutnya rasakan manfaat Labu , yang antara lain:
  1. Bagus untuk diet, karena Labu low Fat, rrendah kalori, dengan serat tinggi. So apalagi yang diragukan. Cucok untuk diet kan.
  2. Labu banyak mengandung mineral, serat, karoten yang dapat membentuk zat anti oksidan yang dapat mencegah toxic dalam tubuh. 
  3. Dapat membantu mencegah darah tinggi
  4. Pastinya membantu mempercantik kulit , dengan kandungan banyak mineral yang dapat membatasi sinar UV.
  5. Kandungan beta-karoten dapat menjadi vita-A untuk kesehatan mata
  6. Kalsium di dalam labu membantu menjaga kesehatan tulang, jauh dari osteoporosis
  7. Pun juga bermanfaat pada kesehatan Gigi
Waouw banyak sekali ya manfaatnya...hebat , baik bertanam Labu Pepo di dalam pekarangan yang ternyata bermanfaat banyak sekali dalam membantu kesehatan tubuh.....in shaa Allah


Olahan Makanan dari Labu

Dari buahnya Labu dapat di proses menjadi makanan 
  1. Kolak Labu  dan sering di tambah pisang.
    Puding dan Bolu Labu
  2. Kukus Labu , karena rasa manis dan soft
  3. Bubur Labu , memberikan bagi yang sedang sakit maagh
  4. Kue Labu
  5. Puding Labu
Dari pucuk batangnya
  1. Sayur putih pucuk Labu
  2. Lalapan pucuk Labu dengan sambal
  3. Sayur bening pucuk Labu.


Nilai Gizi dalam buah Labu

Disana terdapat banyak nilai gizi yang notabene kurang kolesterol, sehingga buah Labu bagus untuk dikonsumsi.

Apa saja vitamine yang terkandung di dalam buah Labu? berikut ini:
  1. Selain karbohidrat, protein, gula, serat dan kalori , maka di dalam buah Labu terdapat juga vitamin.
  2. Vitamin A paling dominan,vitamin C,D,E dan K
  3. Vitamin B1,B2,B3,B5,B9
  4. Zat Besi, Phospor, Kalsium, Kalium, Sodium, Magnesium dan Zeng.
  5. Pigmen Beta-Karoten

Nilai Bisnis Labu Di Pasar

Sementara menanam Labu, kiranya tidak ada ruginya. selain dapat di makan sendiri juga dapat di jual di pasar.  Harga buah Labu Pepo saat ini sekitar Rp10,000 / Kg di penjual di pasar. Sedang harga petani hanya Rp 3,500  saja. Kasihan yaa.
Jadi kalau satu buah beratnya sampai 2 Kg, 
maka harga perbuah Labu = Rp 7,000 / buah.

Tanam sekitar 20 pohon Labu dengan catatan 15 buah perpohon , maka akan menjadikan panenan 300 buah.  

kalikan harga buah , 
maka penghasilan menjadi Rp 2,100,000. 
Dalam kurun waktu selama 2 bulan panen.

So hasil rata rata sekitar Rp 2,100,000. / bulan 
untuk setiap 20 pohon Labu di tanam. 
dengan catatan setiap pohon menghasilkan buah sampai 15  saja. 

Kalau dipotong biaya media tanam, dan sebagainya 20% ,  
maka ada keuntungan bersih sampai 1,8 jutaan setiap panen.  
yaaa lumayan lah bagi pertanaman hobbiis.

Cukup menjadi budidaya bisnis yang menarik. Tinggal bagaimana niat membudi dayakan dan bagaimana membuat laku di pasaran.

Hitungan tersebut saya dasarkan harga petani buah, alasan lebih realistis begitu. 
Reff. Petani Banyuwangi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel