Daun Sirih Banyak Manfaat

Daun Sirih obat herbal
Daun Sirih tergolong tanaman yang banyak dijumpai dilingkungan kita, bahkan mudah ditanam di pagar dihalaman rumah, dan dapat ditanam di pot atau langsung di tanah. Daun Sirih banyak manfaat sebagai obat herbal atau sebagai bahan kinangan bagi sebagian orang tua tua. Daun ini termasuk dari kelompok famili Piperaceae, dan termasuk spesies Piperaceae Betle.

Sekilas saya ingin menulis lantaran banyak yang memetik daun sirih dihalan rumah, yang konon untuk obat sakit secara herbal. Ada yang memetik hanya 3 lembar, ada yang memetik 7 lembar dan ada yang memetik 11 lembar. Dalam hati untuk apa ya orang minta daun sirih.

Setelah mencari tahu satu persatu dari sekian banyak orang , ternyata daun sirih ini banyak manfaatnya:
 
Untuk obat mata, waktu itu ada seseorang anak muda yang minta 3 lembar saja, untuk obat sakit mata. Dia bekerja tukang las dan karena safety googgle pecah jadi masih terkena pancaran sinar las. Maka minta daun sirih untuk dipakai merendam mata yang sakit.

Satu lagi yang minta daun sirih sampai banyak lembar, konon daun sirih direbus dan dia campur dengan batang serai, lalu air rebusan campuran sirih dan serai itu dipakai merendam kakinya yang persendiannya sakit.

Sedang beberapa minta daun sirih untuk neneknya yang makan kinang, kapur sirih.

Sementara satu orang lagi minta daun sirih untuk digunakan sebagai pembersih kulit yang luka sobek karena jatuh di pasiran.

Ada lagi yang mempergunakan daun sirih untuk obat herbal lainnya. Berikut ternyata hasil survey dari berbagai sumber yang dilansir di majalah kesehatan Netmeds secara mendetail.

Daun sirih adalah analgesik yang sangat baik yang menawarkan bantuan instan dari rasa sakit. Hal ini dapat digunakan dalam mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh luka, memar, ruam. 
Buatlah pasta dengan daun sirih yang lembut dan oleskan pada daerah yang terkena. 
Jus daun sirih memberikan bantuan dari nyeri internal dalam tubuh ketika diminum.

Antiseptik dan anti-jamur properti: daun sirih memiliki sifat antiseptik yang luar biasa karena mereka kaya akan polifenol terutama menawarkan perlindungan ganda dari kuman. Hal ini juga digunakan secara ekstensif dalam mengobati arthritis dan orchitis
 
Daun sirih adalah penghasil antioksidan radikal yang jelas dari tubuh. Mengembalikan tingkat PH normal dalam tubuh dan membantu sakit perut. Ayurveda banyak merekomendasikan makan daun sirih untuk bantuan dari sembelit. 
Hancurkan daun sirih dan memasukkannya ke dalam air dalam semalam. Minum air di pagi hari pada perut kosong untuk meringankan Flue.

Pernah bertanya-tanya nenek makan sirih, mengapa mengunyah daun sirih setelah makan yang baik? Dianjurkan karena karminatif yang, usus, anti-flatulent dan untuk properti yang membantu dalam melindungi usus. 
Daun sirih meningkatkan metabolisme memicu sirkulasi dan merangsang usus untuk menyerap vitamin dan nutrisi penting

Ada juga dapat mengurangi masalah pernapasan dengan daun sirih. Secara luas membantu dalam mengobati masalah yang berkaitan dengan batuk dan pilek. Ini adalah obat yang sangat baik bagi mereka yang menderita dada, kemacetan paru dan asma. 
Oleskan minyak mustard pada daun, hangat dan meletakkannya di dada untuk menyembuhkan kemacetan. 

Rebusan daun sirih dalam air, dengan menambahkan kapulaga, cengkeh dan kayu manis dalam dua cangkir air. Kurangi untuk 1 cangkir dan mengkonsumsi ramuan ini dua sampai tiga kali sehari untuk bantuan yang sangat baik kemacetan dan masalah pernapasan.
 

Daun Sirih Banyak Manfaat

Sebegitu banyaknya manfaat daun sirih, maka membuat tanaman merambat ini menjadi sangat diminati banyak orang.
 
Banyak yang membuat hal iini menjadi sangat diminati apabila dalam situasi yang menuntut akan pentingnya satu kesehatan dari kebersihan diri. Seperti hal yang baik untuk dilakukan adalah mencuci tangan, membasuh muka, dan selalu memakai masker serta jaga jarak.
 
Karena dipercaya dalam daun sirih ada kandungan antiseptik , maka menjadikan tanman ini banyak dicari. Sekarang satu pot harganya bisa Rp25000 sd Rp50000 termasuk dalam satu pot ukuran 25 atau 30 Cm.
 
Hayo yang mau bersih dan mudah digunakan, cukup direbus kemudian digunakan mencuci atau dapat daunnya untuk merendam kaki atau tangan.
 
Sering dipadukan dengan batang Serai. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel