Earth Quake So What

Earth Quake So What

Tectonic di dunia
Gempa bumi baru saja terjadi. Tepatnya di wilayah pulau Jawa bagian Barat- Selatan . Earth Quake So What itulah judul yang saya pasang pada postingan ini. Lantas dengan adanya gempa apa jadinya? Diam saja, Berbuat sesuatu atau apa lagi yang kamu lakukan?

Banyak idea saya sehubungan dengan peristiwa gempa. Bukan soal terjadi dimana atau termasuk gempa apa, atau berkekuatan berapa. Most important yang akan saya sampaikan dalam postingan ini adalah how to educate  about the earthquake to peoples.

Mengapa saya sampaikan , karena bukan saja pengetahuan tentang gempa itu lebih baik harus dipahami oleh banyak orang. Semakin banyak yang paham tentang gempa di masyarakat banyak , maka semakin orang memahami apa, mengapa, dan bagaimana. 

Oleh sebab itu, maka saya menulis postingan ini untuk berbagi. Semoga dapat dibaca dan menambah wawasan tentang kebumian.

Tectonic Plate of Indonesia 

Para ahli telah menerangkan bahwa kulit bumi ini terdiri dari berbagai lempeng. Dimana lempeng tektonik ini saling bergerak dan saling bertmbukan. Ada pada bagian yang bertabrakan (subduction zone) , dan ada bagian yang berjauhan(spreading centre zone). 




Gambar di atas adalah cuplikan dari Prof Dr Robert Hall yang telah disiapkannya tahun 1995 tentang perkembangan tectonic di Asia Tenggara dalam slidenya.

Di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa lempeng tektonik. Antara nya adalah Lempeng Benua Asia, lempeng Australia dan Lempeng Pacifik. Ketiga lempeng tektonik ini bergerak aktif untuk membentuk kepulauan Indonesia. 

Sehingga kepulauan Indonesia menjadi berbentuk seperti sekarang inilah. Berbagai pulau pulau kecil, berbentuk macam macam. Ada yang besar Pulau Kalimantan. Ada yang panjang Pulau Sumatra. Dan ada yang seperti huruf K yaitu Pulau Sulawesi. Pun ada yang pendek Pulau Jawa, Pulau Bali, Pulau Lombok.  Bahkan ada yang hanya kecil bertaburan . Contoh Kepulauan Seribu, Kepulauan Mentawai dan Kepualauan Natuna.

Zaman Tertiary 

Terjadinya pembentukan kepulauan Nusantara Indonesia ini di awali dari Asia Tenggara. Pada saat itu terbentuklah Gondwana pada zaman sebelum Tertiary. Dan kemudian berkembanglah Semenanjung Malaysia oleh pengaruh pergerakan SIBUMAZU. Terjadi pada zama Permian sampai Triassic .


Pada zaman Teriary mulailah berkembang daratan Gondwana  menuju ke arah Indonesia sekarang. Di awalai dari Ujung Kalimantan barat, Sumatra, Utara Jawa. Dan akhirnya seperti Jawa, Bali, Lombok, Sulawesi dan Maluku Utara.

Selanjutnya dari Lempeng Australia membentuk Papua Barat dan kepualau di sekitarnya. Itu semua pengaruh dari Pacifik Plate dan Australia Plate.

Volcanic Arc dan Subduction Zone

Section Tectonic Subduction zone
Melihat kedudukan kepulauan yang ada di Indonesia. Hampir semuanya terletak atau dipengaruhi oleh Jalur vulkanik, gunung api. Sehingga muncul deretan gunung api di setiap pulau di negeri ini.

Pada saat ini jalur  subduction bergeser di Selatan Jawa, Barat Sumatra dan intinya kearah luar dari pantai.

Ini menyebabkan adanya kemungkinan pergerakan lempeng yang bertumbukan dan menyebabkan gempa di seluruh wilayah yang terkena.

Tergantung dari besarnya gempa dan terjadinya dimana. Melihat dari posisi plate tectonic, maka di semua wilayah di Indonesia dapat terjadi Gempa.

 

 

 

Tzunami atau Gelombang Laut 

Istilah ini dikenal orang Jepang pertama kali. Geombang pantai katanya, karena gelombang ini membalik dari surut menuju darat di pantai.

Tidak semua gempa menyebabkan terjadi Tzunami. Banyak hal yang perlu diketahui untuk terjadinya Tzunami. Tentu gempa pasti besar, boleh jadi di atas 8 atau 9 ukuran Skala Richter. 

Pun juga tergantung dimana posisi kamu tempat tinggal. Dekat pantai atau tidak. Pantainya dekat gempa atau tidak.

Contoh Pantai Utara Jawa, lebih dianggap Stabil atas Tzunami dari pada pantai Selatan Jawa. Karena jalur tektonik berada di Selatan Jawa.  Kemungkinan pusat gempa lebih banyak di Selatan Jawa.

Pesan dan Masukan Tentang Gempa 

Gempa merupakan peristiwa alam yang dapat terjadi di daerak Nusantara di Indonesia. kapan saja , dimana saja. Maka ada beberapa item sbb:
  1. Kenali mengapa terjadi gempa, karena ada gerakan lempeng.
  2. Dimana lokasi gempa (epicentrum) biasanya di jalur tektonik aktif contoh di Jalur Subduction Zone. Juga bisa di jalur Volkanik (Volcanic Arc) contoh Gunung Agung gempa Bali
  3. Besar kecilnya seberapa dapat menyebabkan Tzunami. tentu gempa besar yang menyebabkan tzunami. karena sedotan air laut besar sehingga membalikkan gelombang besar juga.
  4. Gempa di dasar laut yang berbahaya, yang besar dan panjang 
  5. Adanya pergerakan patahan bumi, menyebabkan gempa. Ingat Aceh. 
  6. Pahami pengetahuan Gempa dari berbagai sumber.
  7. Siapapun dapat mengerti tentang gempa, tzunami dan yang berkaitan.
  8. Semua datang dari Allah, Serahkan kepada Allah.
  9. Semoga dapat Selamat Aman Sejahtera.
Banyak sudah ahli meneliti tentang Tectonic of Indonesia. Contoh Waren Hamilton dalam bukunya Tectonic Of the Indonesia Region, Hutchison dalam bukunya tentang Geology of Peninsula Malaysia,Robert Hall dalam bukunya tentang Tektinik di Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Demikian sekilas apa  yang dapat saya share disini tentang gempa. semoga Earth Quake So What dapat memberi masukan pembaca.
Jangan lupa comment ya.  thank you.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel