Green Yordan Si Buah Surga

Green Yordan
Sejak Maret berada dirumah saja memang menjadikan kejenuhan atas kegiatan sehari hari, tetapi ada Green Yordan si buah surga ini memberikan rasa yang tersendiri bagi saya. Setidaknya hiburan lain sebagai hasil kegiatan selama ini , dan membuat tidak bosan untuk lebih intens berkegiatan berkebun di belakang rumah.

Alhamdulillah dan saya bersyukur ternyata pokok Tin yang saya kira sampai setahun baru berbuah, eh sekarang sudah berbuah meski masih beberapa butir saja. Green Yordan si buah surga konon memang satu cultivar Ficus Carica yang paling populer di Indonesia , sudah adaptasi alam disini.

Dan itu benar adanya saya telah membuktikan sendiri sekarang , bukan lagi tipu tipu. Sebelum ini saya kira si penjual tempat saya membeli , sudah menginformasikan bahwa setahun sudah berbuah. Eh malah baru 6 bulan saja ini sudah memberikan buahnya.  Alhamdulillah. Trima kasih ya Allah.

Bibit Green Yordan

Buah Tin GY
Awal mula ketika saya dan kluarga jalan jalan ke Surabaya dan ke Sidoarjo tertarik tulisan tentang pokok Tin yang konon si buah dari surga. Tulisan itu saya baca di sebuah kedai ketika di Surabaya dekat Unair. Maka saya berpikir, saya pensiun ini mau kegiatan tanam apa. 

Cari tahu baca lagi dan ada orang menunjukkan alamat yang ada sumber jualan pokok Tin bisa di kirim ke Jakarta. Maka saya langsung meluncur ke Sidoarjo. Alhamdulillah membeli beberapa dulu untuk belajar.

Berikutnya saya dapat membeli secara on line melalui Face Book dari pakar terdahulu , master Tin.

Beberapa bit yang saya beli Green Yordan, Purple Yordan, Blue Giant dan Tena ada 10 bibit.

Buah Tin Rasa Manis Juicy

Setelah itu selanjutnya saya langsung balik jakarta dan mulailah menggeluti tanaman pokok Tin ini.

Sejak usia tanam rasanya sekitar 9 bulan dan sekarang sudah berbuah. Ini sungguh memberikan motivasi dan telah membuat saya lupa kesedihan tidak bekerja semula lagi.

Bagaimanapun apapun faktor usia tidak dapat di "rewind" , so hanya suyukur dan bersyukur kepada Yang Maha Kuasa. Trimakasih nikmat hidup barokah . amin ya Allah .

Saya rasakan buah Green Yordan sangat manis, agak berlendir, juice ada, legit ada dan seperti lega gitu kalau sudah makan. Gimana rasanya setelah minum juice ..ha itulah. Tetapi ini buah Tin.

Buah Green Yordan berwarna hijau kekuningan kalau sudah matang, mudanya hijau tua, setelah dibelah nampak butir butir semacam bunga di dalamnya berwarna kemrah coklatan, segar tampaknya berair sepeti agar agar, dan itulah bunga , maka ada lobang kecil di bagian ujung buah, tempat serangga masuk dan melakukan penyerbukan.

Media Tanam Green Yordan Si Buah Surga

Kalau soal media tanam , saya tidak tahu menahu awal dulu saya tanam begitu saja. membeli media dari toko tani di sebelah kampong dan ternyata hidup subur semua tanaman yang saya tanam.

Cuma sedikit saya campur dengan bekas bakaran sampah dan disiram setiap kering dengan air campur pupuk botolan. Pupuk anjuran si penjual tanaman dan ternyata semua berjalan mengagumkan dan akhirnya dapat berbuah meski sedang belajar berbuah. Alhamdulillah.

Demikian saya membagi apa yang sudah saya jalani, semoga memberikan inspirasi positip. Kalau baik datang dari Allah ta ala, kalau kurang itu diri saya sendiri, mohon berikan maaf. Amin ya Robb.

Baca Juga tentang Kelahiranmu KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel