Green Yordania Jenis Tin Mudah Tumbuh

Satu jenis Tin yang saya tanam adalah jenis Green Yordania . Dulu tnaman ini masih kecil sekitar 40 cm saya beli di penjual bunga seharga Rp75000, dan sekarang sudah dua tahun , setinggi 2 meter. Green Yordania Jenis Tin Mudah Tumbuh, jenis pokok Tin ini saya katakan mudah tumbuh dan boleh tahan atas penyakit. 

Memang ada kelemahan dan kelebihan dari Green Yordania ini yang antara lain saya sebut berikut.

Mengapa  saya sebut mudah tumbuh?

Sejak awal saya belum tahu apa itu pohon Tin, dan saya membeli di penjual bunga. Dia katakan ini pohon Tin, namanya tidak tahu. 

Saya lalu membeli dan merawatnya. Alhamdhulillah bisa hidup subur dan berbuah. 

Lantas apa yang saya lakukan?

Bukan berhenti begitu saja, ingat si penjual bilang ini sudah ada disebut dalam Al Quran pak. Itu yang menjadi ketertarikan saya..Wah baru tahu saat itu.

Perlu diketahui saya menanam hanya di depan rumah halaman kecil saja.

Selanjutnya saya browshing di internet, mbah Google menolong saya memberi tahu tentang pohon syurga ini. Betul kata penjual bunga, sudah ada di dalam Al Quran. jelas di surah At Tin. 

Dalam pengrtian saya , kalau sudah disebutkan di dalam Al Quran ya tentu ini pohon bukan sembarang pohon. So pasti ada makna yang , memanglah ternyata semakin saya kenal memang banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan manusia.

Browshing Green Yordan

Pokok Tin Green Yordania Jenis Tin Mudah Tumbuh, varian ini suka dengan panas dan perlu disiram dengan air secara kontinyu rutin untuk pertumbuhannya.  Yang penting jangan becek tetapi ada lembab lah.

Sekali sekali dipupuk dengan jenis pupuk yang dijual di pasaran. Saya gunakan pupuk organik cair. Penyiraman dengan air bekas kolam ikan lebih bagus untuk pertumbuhan, air itu tidak asam , sudah oksidasi dan mengandung kotoran ikan.

Baca juga : Air Kolam Lele Dan Tanaman

Buah Tin Green Yordania mempunyai ciri berwarna hijau jika masih muda, dan menjadi hijau kekuningan bersih setelah tua. Dalam daging buahnya berwarna kecoklatan bintik bintik. Hindari kebanyakan air untuk tidak pecah buah tua. Berat buah antara 40 - 60 gram saja.

Kelebihan Green Yordania Jenis Tin Mudah Tumbuh menurut kami
  • Mudah ditumbuhkan di halaman rumah saja, saya aduk aduk tanah dan saya tambah sedikit abu bekas bakaran sampah, membuat subur tanamanku.
  • Mudah dicangkok , hanya dengan kantong plastik kecil saya dapat memperbanyak tanaman Tin ini.
  • Berbuah manis, ukuran sedang 50 gram, genjah juga, berwarna hijau kekuningan.
  • Buah dan daunnya seemua bermanfaat untuk kesehatan
Kelemahan Green Yordania di tanaman saya
  • Mudah terserang rontok daun bila musim hujan, Leaf Rust
  • Akar mudah terserang bakteri terutama anai anai
  • Buah kurang besar, ukuran buah sedang saja
  • Buah kurang genjah di banding Brown Turkey.

Media Tanam 

Semua kelemahan dan kelebihan itu menjadi hilang dan berbaur setlah digunakan media tanam yang tepat. 
Tanaman Tin sebaiknya dalam kondisi media tanam yang lembab tidak terlalu basah, dan dengan demikian perlu media yang air siraman cepat lepas.  So oleh karena itu , paduan media tanam dengan komposisi tepat itu akan membantu pertumbuhannya.

Green Yordania Jenis Tin Mudah Tumbuh, bukan saja isapan jempol belaka, kalau semua unsur yang azas sudah terpenuhi. Contoh media tanam cukup baik, ada penyiraman tercukupi, ada penambah pupuk yang teratur.

Dalam pertumbuhannya perlu diperhatikan , ada kalanya tanaman perlu di potong pucuk (prunning). Tapi saatnya harus pas, jangan masih kecil sudah di pangkas pucuknya. Lah mati nanti.

Tengoklah kalau mau prunning kira kira tinggi tanaman sudah satu meter, batang sudah berwarna gelap kecoklatan, bukan masih hijau.

Baca juga : Lima Faktor Tanaman

 

Pupuk Dengan Teratur

Untuk membantu pertumbuhannya , maka asupan unsur hara dalam media tanam juga harus diperhatikan. Sekarang semua serba praktis, di toko semua ada. Pupuk organik cair, pupuk spesial , pupuk untuk akar, pupuk untuk bunga, untuk daun dan semua dikemas dalam satu penyajian yang sangat praktis, mudah bagi petani, penghobi tanaman. 

Gunakan pupuk organik cair yang bagus, jangan asal murah saja. Sesekali coba dengan kotoran hewan , najis kambing lagi bagus untuk pembuahan. 

Sekurang kurangnya , lah tanaman dikurung dalam pot, ya tentu harus diberi makan. Sama halnya dengan piara hewan dalam kandang. 


    https://rubyruthy.blogspot.com/2018/12/jenis-tin-terbesar-saat-ini.html


    https://rubyruthy.blogspot.com/2019/09/tgf-jumbo.html


    .


    https://rubyruthy.blogspot.com/2019/05/tin-brown-turkey.html


    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel