Membiakkan Pokok Sirih

Sirih
Pokok Sirih atau nama bekennya Piper Betle, dari golongan Piperaceae, Ordo Piperales, Takson Magnoliidae, Kingdom Plantae, di Indonesia sangat alami terkenal dan hidup dimana mana, dicirikan daun berbentuk jantung ujungnya meruncing dan merambat sehingga dapat tumbuh sampai 15 m panjangnya. Daun Sirih bila diremas mengeluarkan bau sedap, sering digunakan memakan Sirih oleh tetua jaman dulu.

Berkali kali saya memperhatikan orang sering memetik daun sirih yang saya tanam dipagar halaman rumah. Untuk apa saja mereka itu, pertanyaan saya dijawab macam macam. Lantas saya berpikir baik tanam saja kalau kebutuhannya sering sekali, begini cara membiakkan pokok sirih, mereka bilang susah lah, atau tidak ada pekarangan lah atau tidak ada yang siramlah.

Menyimak dari apa yang saya lihat itu bahwa manfaat daun sirih sudah tentu ada, bahkan banyak. Terbukti ada yang menjawab untuk cebok, ada juga untuk merambang mata, ada juga yang bilang untuk rendam kaki dan ada pula yang bilang mau diminum air rebusannya, dan yang satunya untuk menginang. Nah yang terakhir ini saja yang bisa saya tahu.


Kalau begitu apa salahnya saya buatkan bibitnya, untuk memudahkan mereka yang membutuhkan kalau ada minat mau menanamnya. Cukup dengan satu tempat pot ukuran sedang 25 - 30 cm cukup untuk pembibitan pokok Sirih ini.

Kalau kita perhatikan batang Sirih , maka dapat keluar akar disetiap sambungan ruas ruasnya. Maka ini kesempatan untuk membuat pembiakan melalui cangkok batang.

Kalaupun harus diperhatikan dalam membuat cangkok Sirih adalah:

  • Pilih batang yang sudah tua, bukan yang masih hijau.
  • Pilih posisi cangkok pada sambungan ruas yang ada bibit akar halusnya, atau mulai berakar sudah.
  • Gunakan Cangkok Plastik di isi dengan media tanam baru dikempitkan pada posisi cangkok tersebut.
  • Jaga tunggu sampai keluar akar muda yang dapat dilihat melalui cangkok plastik
  • Baru boleh dipotong kalau sudah cukup akar keluar.

Tanamlah potongan baru dari cangkokan Sirih ke Pot Media tanam yang sudah disiapkan ukuran 25 sd 30 CM, tunggu sampai tumbuh dengan baik baru bisa dibawa pindah ke tempat baru, antara seminggu lah.

Kalau sudah menanam Pokok Sirih di Tanah langsung, atau di Pot yang disediakan untuk permanen lama waktu , maka sediakan media tanam yang subur membeli di Toko Tani dan atau bekas bakaran sampah pun ok.  Jangan lupa selalu disiram saja sudah cukup asal medianya bagus.

Sesekali diberi pupuk untuk pertumbuhan daun, karena pokok Sirih dimanfaatkan daunnya, maka berikan pupuk daun akan lagi bagus.

Baca Juga : Daun Sirih Banyak Manfaatnya

a

0 Response to "Membiakkan Pokok Sirih"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel