Ketimus Singkong

Hari kemarin ada jualan keliling ubi kayu atau singkong, saking penuhnya itu sepeda, maka iseng tanya boleh beli satu pokok saja bang? dan ternyata boleh satu pokok dihargai Rp10 000. Kemudian saya mempunyai ide untuk membuat Ketimus Singkong dan Lemot Singkong. Entah apa namanya tetapi waktu itu ingat wujud kalau sudah jadinya.

Secara kebetulan hari Sabtu libur dan memang anak satunya sedang WFH jadi banyak iseng mau makan iseng tola tola di rumah. Syukurlah ada penjual ubi kayu keliling.

Singkong atau ubi kayu atau ketela pohon  juga disebut Manihot Utilissima, termasuk dalam klas Superrosids, Ordo Malphigiales, Famili Euphorbiaceae, Genus Manihot, Spesies Manihot Utilissima.

Jenis tanaman ini termasuk perdu, mempunyai  tinggi sekitar sampai 3 meter, dan perakarannya berkembang kesamping banyak dan akan menjadi umbi.

Usia tanam sehingga dapat dipanen hasilnya dari cabutan akarnya diperkirakan 8 sampai 9 bulan. Satu pokok Ketela pohon dapat menghasilkan 4 sd 7 akar yang menjadi ubi kayu. So dengan berat diperkirakan antara satu sampai 2 kilogram per batang tanaman ketela pohon.

Semua tergantung jenis tanamannya atau Kultivarnya. Bahkan sekarang ada jenis Singkong yang spesial dimanfaatkan tepungnya , setiap pokok tanaman dapat menghasilkan 20 kilogram. Lumayan berat.

a

Ketimus Singkong


Satu makanan penyela dan menemani minum kopi atau teh hangat adalah kalau ubi kayu atau singkong ini di goreng, atau direbus atau dibuat ketimus.

Selain itu yang paling terkenal bahan singkong ini dibuat Gethuk, Sedang tepung maizena juga diproduksi dari bahan ubi jenis ini dan banyak dimanfaatkan untuk membuat berbagai kue yang berbahan tepung ubi kayu ini.

 

Kandungan Gizi 

Di dalam masakan ubi kayu ini mengandung berbagai zat yang antara lain selain yang paling utama adalah karbohidrat, juga ada Fospor, Kalsium, Vitamin A,  Vitamin C, Protein, Zat Besi, Lemak dan Vitamin B1 dan tentu juga Kalori.

Ubi kayu tidak tahan disimpan, meski dimasukkan dalam kulkas pendingin, karena akan menimbulkan racun dari fermentasi Asam Sianida di dalam singkong itu. 

Tapi kalau sudah dimasak, direbus misalnya, maka asam sianida itu akan hilang , namun jangan lama lama disimpan .

 

Berbagai jenis Ubi 

Banyak macam ketela pohon ini, termasuk telo mukibat, telo tahun, telo kaspo dan telo pohong. Sedang dalam bahasa sebanrnya jenis nya antara lain:

  1. Singkong Gajah
  2. Singkong Manggu
  3. Singkong Mentega
  4. Singkong Putih
  5. Singkong Mukibat 
  6. Singkong Emas
  7. Singkong Tahun

Sementara didaerah yang susah ditanamai padi, seperti sebagian wilayah Gunung Kidul, Yogyakarta banyak ditanam ubi ketela pohon ini, Juga di sebagian wilayah Lampung Tengah, menanam ubi ketela pohon yang besar besar untuk industri tepung maizena.

Sedang Olahan dari singkong yang disebut "gethuk" banyak dikenal kalau sedang berlibur melintas Kota Magelang.

Pasangan dari Gethuk ini adalah Tiwul, sedang yang lainnya disebut "Gatot" maka istilah pasangannya "Gatot Tiwul" atau "Gethuk Tiwul"

0 Response to "Ketimus Singkong"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel