Cara Membuat Pohon Tin Berbuah Lebat

LSU Gold
Sekarang musim sudah mau berubah, sedikit hari sudah terjatuh hujan, ada pengaruh pada tanaman Tin, antaranya media tanam menjadi becek dan juga yang paling berpengaruh menjadi banyak Karat Daun. Nah disini masalah mulai muncul yang sudah sekian bulan hilang, padahal hujan baru beberapa hari yang turunnya bukan seharian , akan tetapi dampak sudah tertampak di daun Tin.

Sebagai penghobi atau sekedar menanam tanaman asal daerah Mediterania ini, maka selalu ingin mengenal perkembangannya setiap waktu, sampai berbuah , atau perkembangan pertumbuhannya. Bahkan dikala senggang pun selalu berbincang soal tanaman yang disebut dalam Al Quran ini.

Waspada dengan persiapkan mengatasi karat daun Tin dengan berbagai cara seklaigus membuat lebat buah:

  1. Membuat perforasi media tanam sehingga ada udara masuk
  2. Berikan pupuk organik cair yang lebih rutin
  3. Lakukan potong dahan dan pucuk Tin yang tidak berguna
Setelah menanam apapun pohonnya, tentu selanjutnya ingin segera tahu bunganya mekar, atau buahnya , atau hanya sekedar daunnya. Demikian juga terhadap tanaman Tin, yang tidak berbunga tetapi berbuah, karena dia termasuk jenis pokok Tin Smyrna Type. Jenis Tin ini tidak perlu penyerbukan "polynation" dari hewan serangga atau batuan angin.
 
Lakukan tiga hal diatas untuk membuat tanaman harapan menjadi cepat berbuah, genjah atau lebat. 
 
1. Media tanam sebaik baiknya dari campuran bersifat poros , dan yang mengandung humus dan tidak mudah jamur berkembang. Pohon yang disebut dalam Al Quran ini dikenal tidak mau dengan situasi media tanam becek berair. Maka dari itu kalau sudah terlanjur tanam dan sudah menjadi subur, caranya lakukanlah perforasi. Ditusuk tusuk dengan bambu atau kayu agar ada celah , udara yang membuat oksigen masuk dan air segera lepas dari media. Hal ini untuk menghindari tumbuhnya jamur di dalam media tanam. Biasanya jamur tanah berwarna putih , bergumpal gumpal kecil, yang merusak media tanam, digulung menjadi jamur, lama kelamaan tidak mampu akar berebut kesempatan bernafas dan layu lah pokok tanaman.
 
 
2. Pemupukan sangat diperlukan, saran gunakan pupuk organik cair,

akan lebih mudah di konsumsi ujung akar. Setelah diyakini media tanam cukup bagus, tidak berjamur dan tidak menjadi becek berair, maka berikutnya yang disarankan adalah memberikan pupuk dengan kandungan Phospor lebih tinggi. Mungkin banyak pupuk beredar di pasar, pilihlah yang POC, karena akan lebih mudah dicernak di dalam media tanam. Lakukan dengan kadar secukupnya sesuai aturan yang tertera dalam kemasan. Jangan berlebihan, akan membuat datangnya jamur kalau berlebih.

3. Potong ujung atau pucuk tanaman Tin, sebagai pemutus rantai penyebaran makanan yang tertuju ke pertumbuhan. Kalau sudah terputus dengan begitu arah makanan akan dialokasikan ke pemunculan buah atau pemunculan anak ranting atau cabang. Maka selain potong dibagian pucuk, juga buang bibit bakal pucuk yang ada di ruas tanaman. Terutama yang berkembang di bagian bawah batang utama. Pun demikian juga kalau sudah keluar bakalan buah , segera lakuakn potong pucuk yang paling ujung untuk segera membuat buah cepat matang. Biasanya buah Tin setelah 4 bulan dipetik, akan tetapi dengan mengurangi pucuk pertumbuhan akan terkonsentrasi ke pebesaran buah dan lebih cepat ,sehingga buah dapat matang 3 bulan. Selain itu bermanfaat sebagai penumbuh bakal buah di ruas lainnya, so tanaman akan genjah dan lebat buahnya.


Sinar Matahari juga harus diperhatikan dalam sehari hari pertumbuhan tanaman akan memerlukan simat sekurang kurangnya 6 jam langsung. Simat bagi tanaman merupakan bagian hidupnya sebagai pendukung untuk mengolah makanan dengan masuknya vit D dan Ultraviolet ke permukaan daun.

Dan satu hal lagi, bahwa semua yang hidup ini diciptakan oleh Yang Maha Pencipta, maka memohon untuk berbuah lebat kepada Allah swt sangat diperlukan. Ingat sepenggal ayat dalam QS Ibrahim :25, bahwa pohon itu berbuah atas izin Allah, sedang di lain ayat bahwa pohon pun bertasbih kepada Allah. Oleh karenanya ya harus dimohon untuk hidup subur, berbuah lebat dan tidak kena hama. Insya Allah.

0 Response to "Cara Membuat Pohon Tin Berbuah Lebat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel