Buah Tin Rontok Sebelum Matang

Banyak terjadi rontok buah tin  dari jenis tertentu Green Yordania, yang saya alami. Bahkan bukan saja terjadi pada satu jenis pokok tin GY, buah tin ontok sebelum matang pada jenis Purple Yordan, Brown Turkey, Red Israel, Long Yellow, Abicou, dan lainnya. 

So bukan terhadap jenis tertentu , tetapi lebih kepada umumnya tanaman tin. Meskipun ada yang boleh bertahan atau lebih adaptif di iklim Nusantara yang banyak hujan panas.

Kalau begitu kerontokan buah bukan disebabkan oleh sifat adaptasi jenis varian tertentu, melainkan lebih dikarenakan sebab hal yang lainnya : 
  • media tanam, 
  • kandungan unsur hara tanaman kurang, 
  • suhu lingkungan yang kelembaban lebih.


Lalu mengapa terjadi begini? 

Apa sebabnya? mari kita simak berikut ini.

Banyak penyebab yang merontokkan buah tin atau tanaman lain. Secara umum dapat disebabkan oleh  faktor sebagai berikut :
  • Media tanam
  • Pupuk kohe 
  • keadaan cuaca hujan terus.

Loh kenapa media tanam dapat menyebabkan kerontokan ? 

Begini setelah saya simak sendiri. Dari jenis media tanam yang saya gunakan kurang poros sehingga kalau datang air dari hujan dan penyiraman jadi terlalu basah dan lembab di dalam medianya. Akibatnya ujung akar sakit membusuk , dan tidak sanggup menyerap makanan.

Bukan itu saja , dengan ujung akar yang digigit hewan halus, semacam ulat tanah, cacing dan lainnya dapat menyebabkan kurang pengisapan makanan, dan tanaman menjadi kurang gizi hara , salah satu akibatnya buah rontok.

Pohon Tin ( Ficus Carica) berasal dari daerah mediterania yang menyukai sifat media tanam yang porous. Sekali kali disiram hendaknya jangan lama lama air menjadikan basah di dalam media tanam. 

Sehingga ketika media terlalu basah menyebabkan lembab, maka ujung akar Tin akan tertutup lapisan semacam lilin yang menyebabkan kurangnya pengisapan asumsi unsur hara ke dalam tanaman. 

Semakin lama basah dan berakibat banyak ujung ujung akar yang rusak dan menyebabkan rontok buah terutama. 
Keadaan ini akan dilanjutkan dengan rontok daun.

Jaga kekeringan sedang saja pada media tanam!

Kering sedang , tidak terlalu basah atau jangan terlalu lembab. Inilah yang harus dijaga media tanam pokok Tin. Dengan keadaan sedang sedang saja , maka cukup bertahan untuk terjadinya jamur dalam perakaran. atau jamur dalam media tanam itu sendiri.

Lalu apa media tanam yang paling sesuai?

Pilihan terbaik media adalah material yang mudah lulus air dan mudah di dapat di sekitar . misalnya pasir halus gosong sungai, sekam padi.  Sedang media pun di campur sedikit dengan tanah, atau kompos halus. ambilah 20% campuran kompos , 80% media porous.

Lantas bagaimana soalan pupuk?

Pupuk yang terlalu berlebihan juga menyebabkan keadaan pH tanah terganggu. dapat juga menyebabkan keadaan tidak sesuai bagi tanaman. Semua pupuk di pasaran selalu baik. Pupuk kotoran hewan juga baik. Namun ada yang lebih tepat untuk keadaan umur Tin yang bagaimana.

Pupuk kandang apalagi. Sebaiknya di keringkan dulu. Yakinkan memang sudah tidak baru dari kandang. Setelah terfermentasi secara alami akan lebih subur.

Sementara pupuk organik cair pun bagus. Namun sebaiknya perhatikan betul cara penggunaan dan dosis pemakaiannya. Jangan terlalu berlebih.

Lalu bagaimana tentang keadaan Cuaca?

Hujan yang tidak berhenti terus berhari hari menjadi musuh paling besar bagi pertumbuhan tanaman Tin. Umumnya terpengaruh adalah daun menjadi bercak coklat atau Leaf Rust. Karat daun begini menjadi penyakit tersendiri. 

Perhatikan postingan lainnya dalam blog ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel