Rasa Manis Renyah Juice

 Buah Tin rasanya manis renyah dan seperti jus ini kesan saya setelah makan buah dari tanaman Tin sendiri setelah 8 bulan tanam. Terasa nikmat dan berasa banget , pasal makan panenan sendiri yang konon kemarin hanya dapat berita dari sono sini saja. Entah jenis apa yang saya tanam ini, Brown Turkey ..bukan, tetapi buahnya mirip , namun daunnya menjari dan terlihat lebih kurus jarinya kalau dibanding BT. Nah lalu jenis apa aku pun tidak tahu, tetapi saya senang lantaran rasanya enak, manis segar, renyah dan juice ...itu saja yang penting buat aku.

Kemudian aku sekarang berpikir untuyk bagaimana memperbanyaknya , mengembangkannya...dengan tunas biji tak mungkin rasanya , karena buahnya model begitu. Saya kira hanya dengan mencangkok saja atau satu lagi dengan stek batang itu nampak lebih mungkin. Dua cara pengembangan pokok Tin ini sudah banyak referensi di mbah Google , jadi hemat saya insya Allah  bisa lah ditangani sendiri.

Ingin aku mau mengenali bagaimana cara membuat awet si buah yang sudah dipetik dari tangkainya. Pasalnya pengalaman kemarin itu baru semalam sudah busuk gitu dan sudah lembek sekali seperti kurang menarik untuk di konsumsi, eh eh tetapi saya coba juga wkwkwk enak enak busuk.

Kalau ada yang mungkin dapat membuat resep atau cara membuat awet buah Tin itu sangat bagus. Model buah ini mengandung zat gula cukup tinggi sehingga mudah lembek dan busuk percuma.

Saya mencoba disimpan di almari sejuk, akan tetapi setelah dua hari sajamenjadi kisut hilang kandungan airnya dan setelah hari ketiga di dalam almari sejuk kok langsung melipat lipat kulit buahnya dan kurang menarik untuk dikonsumsi.

Itulah seninya si buah Tin yang konon disebut juga si buah surga bagi segelintir orang itu.  Saya menganggap ini sebenarnya dulu tanaman biasa saja mungkin tetapi hidup di Mediteranian yang bersuhu dan kelembabab udara spesial. 

Stelah duibawa dan migrasi ke negara lain seperti di Indonesia yang beriklim tropis ada panas kering dan hujan , maka akan berbeda hasilnya. Hidup ya hidup saja , akan tetapi bisakah memproduksi buah seperti di Itali, Turki atau dunia Timur Tengah itu.

Kalau memang sudah dapat beradaptasi dengan alam iklim di Indonesia , wuiiih sungguh sangat ok banget.

Jenis kultivar lain yang sudah banyak ditanam sahabat penghobi tanaman Tin di Indonesia sebenarnya sangat banyak meski belum sebanyak varian yang muncul di dunia ya konon hampir 1500 cultivar, sedang yang sudah beradaptasi di negri kita baru sekitar 350 an saja.

Yang paling popular adalah Purple dan Green Yordan, Blue Giant, Brown Turkey, Red Israel dan Calimyrna. Diantara semua yang sudah banyak ditanam oleh penghobi di negri tercinta ini. Sedang yang paling enak dan paling berbuah genjah ya Brown Turkey dan Calimyrna menurut saya.

Nah bagaimana dengan anda, apakah sudah pernah merasakan buah yang konon banyak memberikan andil bagi kesehatan badan ini, Ayo coba lah dan baru menanam bibitnya. Cari on line saja murah sekarang.

Yang terpenting adalah senang menanam dahulu dan baru merawatnya sedikit sedikit lalu akan menjadi hobi dan ujungnya akan membeli berbagai varian. Seperti pertama ini saya membeli 12 jenis dari Surabaya dan akhir nya mati semua. Ternyata tidak boleh kehujanan berterusan. 

Kekurangannya tanaman Tin dalam pot adalah, kalau kehujanan terus dan becek medianya , maka akar lalu sakit dan mati. Sudah berapa biji pokok saya mencoba dan baru tahu setelah sekian kali gagal.

Banyak belajar kepada para pakar dan master yang sudah lebih dulu adalah hal paling baik untuk menuju sukses. Selamat mencoba menanam buah yang manis renyah dan juice. insya Allah barokah.  

0 Response to "Rasa Manis Renyah Juice"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel