Kulit Telur Untuk Pupuk

 Sahabat setia setiap hari berapa butir telur dikonsumsi dirumah kamu masing masing, maka jangan buang si kulit telur itu.  Kulit telur ternyata dapat menjadi sebagian pupuk yang diperlukan tanaman, saya sudah membuktikan di tanaman Tin saya dan tanaman hias lainnya.

Sekalian memanfaatkan sampah dapur saya mencoba mengumpulkan kulit telur yang sisa dari dapur setiap hari. Dan saya remuk dan ditabur pada pot tanaman, eh ternyata memberikan manfaat yang positip.

Dari yang tidak subur bahkan hampir layu , saya rawat tambah media dan remukan kulit telur , kok hasilnya lumayan ada manfaatnya.

Saya pun kurang paham sekali hal ini, namun saya melihati bahwa ada sisa sisa putih telur itu dan kulit telur sendiri membawa cangkang kalsium yang mungkin ini bermanfaat dalam pertumbuhan tanaman.

Selain dari itu saya melihat manfaatnya remukan kulit telur ini dapat menjadi bagian dari media tanam sebagai pengganti sekam bakar atau pasiran atau kasaran lain yang berguna untuk airasi dan pernafasan di dalam media tanam.

Artinya disana ada cukup banyak manfaat kepada tanaman yang sedang saya rawat tersebut.  Dan sejak itulah saya selalu manfaatkan kulit telur untuk tanaman saya.


Banyakan yang saya berikan kulit telur seperti di booster langsung menjadi berbuah, padahal belum ada cukup daun menurut saya.

Pasalnya sehabis rontok daun di musim hujan berlalu maka pohon menjadi kurus tinggi tinggi lentur dan mudah tumbang, maka saya mencoba mencari akal supaya cepat tumbuh daun.






Tidak ada yang tidak berguna ternyata di dalam sebutir telur , selain isinya kuning

telur dan putih telur yang dimasak. Maka kulitnya yang terbuang saja masih dapat dimanfaatkan.

Kulit telur mengandung Calsium zat yang juga diperlukan oleh tanaman dalam pembetukan batang, akar dan buah. Sedang sisa sisa putih telurnya merupakan protein yang lumayan apabila disiram air akan menyatu dan meresap kedalam media menjadi pupuk yang sangat berarti. 

Inilah sedikit siklus kecil yang ada disekitar kita. Alhamdulillah dan insya Allah bermanfaat semuanya.


Kulit telur menjadikan subur



Kulit telur untuk pupuk


0 Response to "Kulit Telur Untuk Pupuk"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel