Buah Tin Pecah

 Sedang asik asiknya melihat perkembangan satu satunya pohon Tin saya , eh kok buahnya pecah, tapi sebelumnya sudah saya bungkus dengan plastik, sehingga tetap terhindar dari lalat buah. Alhamdulillah enak rasa buahnya.
Tetapi pertanyaan saya mengapa buahnya menjadi pecah, padahal sebelum ini buah yang sama sangat bagus dan tidak pecah?

Nah sahabat pecinta tanaman yang saya hormati , ini yang saya ketahui dari tanaman Tin saya . Bahwa sebelum ini berbuah dan tidak pecah, pada waktu itu bulan tidak ada hujan sama sekali dan hampir 4 bulan panas terus menerus.  Sedang sekarang datang hujan beberapa hari dan mulai disitulah timbuk rekah sedikit pada buah Tin yang sedang menuju tua masak.

Saya mengkira kira bahwa kebanyaknya air dalam media tanam yang mempengaruhi terjadinya retak buah pada tanaman Tin.

Tetapi bagi saya timbul dilema, kalau tidak disiram menjadi layu dan mati. Mengapa kalau kepenuhan air menjadi retak dan pecah buahnya ya...

Adakah lebih air menjadi begitu?

Mungkin soalah seperti ini sudah banyak yang mengalaminya?

Adakah terlalu besarnya buah sehingga saat menjadi masak jadi pecah begitu?

Banyak pertanyaan muncul di benak saya dan semuanya nya hanya terjawab berdasarkan pengalaman. Belum diteliti secara keilmuan yang benar.

Mungkin para master dan pakar tanaman yang berasal dari daerah Mediterania ini dapat memberikan saran demi baiknya buah yang akan datang, aduhhhh sangat saya hormati dan terima kasih adanya.


LSU Gold 3,5 bulan


LSU Gold 2 bulan

0 Response to "Buah Tin Pecah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel