LSU Gold Pohon Tin

LSU Gold , the only one fruit.
Banyak sekali jenis tanaman yang asalnya dari Mediterania ini, dan sudah menyebar ke seluruh pelosok dunia California, Texas, San Diego di Amerika, Jepang, China , Thailand dan Juga Indonesia , Malaysia.

Pokok yang termasuk dalam Species Ficus Carica ini tidak berbunga dan langsung menghasilkan buah. Karena sifatnya yang Smirna Type, berbuah tanpa penyerbukan dari bunga.

LSU lumaya 3 buah muncul
Salah satu yang hidup bertahan di halan rumah saya adalah LSU Gold , dimana pokok ini sejak saya tancapkan ke Pot ukuran 40 Cm sudah jarang sekali saya kelola dengan baik. 

Bukan karena malas, tetapi saya lebih suka mengelola yang semacam Matsui Dauphyne, dan Brown Turkey. Akan tetapi ternyata LSU Gold ini yang malah bertahan hidup ketika datang hujan bertubi tubi berturut turut. Saya sungguh surprise bin tak menyangka hidup.

Sepatutnya sudah layu dan atau kekeringan tidak disiram, eh lah kok malah masih tersisa sampai sekarang. Maka saya jadi sayang dengan Pokok Tin jenis LSU Gold ini.

Ini 3 buah ok lah
Sebelumnya ada sekitar 20 jenis saya tanam, sekarang tersisa beberapa saja, karena pada saat musim hujan kemarin bersama situasi corona virus , pokok Tin juga layu sendirinya. Tetapi karena asam media tanam yang becek kena air hujan terus menerus.

Tidak tahu lagi mau di apakan, maka saya tinggal diam saja, Lah saya sendiri tidak tahan kena air hujan. Mau apa lagi so tua ngana sayang. Lebih baik tunggu sampai musim reda hujan.

Ternyata LSU Gold Pohon Tin yang paling tahan atas air hujan , itu pengalaman di kebun halam rumah saya.

Media Tanam

Saya mempergunakan media tanam dari Pak Tani dan saya tambah campuran sekam padi mentah. Perbandingan hampir 50% dan 50%.

Sekam dominan sebagai media tanam
Entah sesuai atau tidak terkadang saya banyakkan sekam mentahnya. Karena mahal sikit media tanam sekarang di banderol RP25000 per sak bag. Wah sebelumnya hanya 17500  saya membeli. Sekarang meningkat pesat mahalnya, so saya campur dengan sekam banyak banyak.

Cuma dalam pemupukan saya menambahkan POC , dan saya gunakan POC SUBUR dan POC ALAMI. Bergantian saya berikan kepada tanaman setiap hari libur Sabtu atau Minggu.

Nah kalau sekarang nampak lumayan hidup, ada daun baru yang muncul dan tampak menjadi hijau. Berbeda dengan sebulan lalu ....semua daun rontok kena karat daun seluruh pohon.

Sedih rasanya kasiahan juga pohon kalau tidak sehat ...yaa. Saya merasakan betapa susahnya menumbuhkan daun secara subur, hijau tanpa ada gangguan hama dan kutu atau bakteri.

Recomended Untuk Ditanam

So saya memberikan rekomen kalau mau menanam pohon Tin. Salah satu pilihan adalah LSU Gold. Yakin saya dan sudah saya buktikan sendiri itu lah hasilnya , tahan dari cuaca dan hama.

Cuma kalau bicara buah , lah saya kurang tepat dalam mengelola secara baik. Saya merasa banyak kekurangan, Media tanam kurang bagus, pemupukan kurang bagus.

Konon informasi dari sebelah Facebook, bagus kalau diberi pupuk kambing yang halus. Pastinya ppupuk kandang yang sudah kering atau bakteri sudah dimatikan.
  

Kurus NGlancir Sebatang

Satu lagi saya mau ingatkan bahwa , kalau mau menanam LSU Gold ini, sebaiknya di treat dari muda. Supaya cabang tersusun dari bawah.

Saya tidak hiraukan ya akhirnya nglacir sebatang saja. Maka buahnya mungkin hanya satu satunya.

Coba kalau banyak cabang dan banyak daunnya kan memasak makanan makin banyak so buah pun ikut jadi banyak. Itu mungkin yaaaa....tanya ahlinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel