Awas Jamur Tanah

Jamur tanah
Menanam tanaman di dalam Pot atau wadah tertentu mempunyai seni tersendiri. Awas Jamur tanah yang sering muncul di dalam tanah media tanam tersebut. Jamur ini tidak nampak dari permukaan, namun berkembang pesat di lapisan atas bagian bawah di dalam media tanam.

Media tanam merupakan tempat sumber makanan bagi tumbuhan di dalam Pot atau yang sejenis. Oleh sebab itu perhatian yang lebih sangat lah di anjurkan bagi petani gunakan pot.

Lain halnya kalau di tanam langsung di tanah, maka sedikit bebas lah akar tumbuhan tersebut mencari makan sendiri. 

Sekali waktu coba dibongkar media tanam di Pot kamu, mungkin terdapat gumpalan putih yang adalah jamur tanah. Jenis jamur ini memanglah tidak berbahaya bagi tanaman secara langsung karena dia jenis "Unaerop Fungi".

Lama kelamaan kalau jamu ini berkembang, maka media tanam menjadi putih semua dan ruang gerak akar tanaman untuk mencari makan berkurang.

Tentu buah yang di tunggu tunggu tidak muncul juga, karena asupan makanan sudah di makan sama jamur.


Cara Mengatasi Jamur tanah

Media tanam untuk pohon Tin sebaiknya memperhatikan betul betul karakter tanaman ini. Ingat bahwa jenis tumbuhan yang berasal dai Mediteranean ini Ficus Carica akarnya berkembang di bagian atas tubuh tanaman.

Tanaman pun tampak biasa saja, tidak semacam kena benalu yang merambat pada pokok Mangga atau durian. Sehingga tuan kebun pun tak perasan, tenang saja tiap hari menyiram.

Suatu ketika ada main ke teman ada pertanyaan soalan jamur macam ini, eh pulang tengok tanaman sendiri, kok sama. Ya sekarang baru tahu bahwa ada hal yang harus di benahi dibetulkan. Yaitu cara mempersiapkan media tanam.


Obat Pembasmi Jamu Tanah Putih

Sehingga sekarang saya belum pasti mana yang cocok untuk membasmi jamu tanah di dalam pot tanaman saya. Cuma salah satu yang saya perhatikan kalau sudah jamuan saya mengganti media tanam. Itu saja saya mampu.


Mencoba campuran obat jamu di dalam ai siraman sudah dilakukan tetapi belum maksimal mungkin. Pembasmi dilakukan , akan tetapi lingkungan hidup jamu masih putus berlangsung. Itu lah belum ada pemutus perkembangan jamurnya.


Paling mudah saja saya ganti media tanam yang baru. Keluarkan pohon Tin dari pot, dan semprot air kuat kuat bersihkan akar dari kotoran jamu, lalu tanam lagi dengan media yang baru. In Shaa Allah tumbuh bagus lagi.


Masih takut mati..?
Ya lakukan sepertiga media tanam dibuang di dalam pot. Tunggu tumbuh akar bau , bulan berikutnya di sepertiga berikutnya. dan seterusnya.
 

Baca Juga Artikel ini:


https://rubyruthy.blogspot.com/2019/10/caa-mengatu-media-tanam-pohon-tin.html
Mencampur Media tanam
https://rubyruthy.blogspot.com/2019/10/cara-mempersiapkan-media-tanam-pohon.html

Mempersiapkan media tanam
Mekkah di atas Formasi Batuan Tertua

Logam Mulia
Manfaat Daun Kelor

gamabampurt


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel