Buah Besar Olympian

Besar Manis Buah Tin Olympian

Begitulah kira kira rasa daripada buah Tin Olympian (Olympian Hardy Figs) yang terkenal dengan sebut the Giant Figs.  Besar ukuran buahnya kalau sudah masak, sekitar 150 gram beratnya dan rasanya lebih enak dari yang namanya Brown Turkey.

Secara keseluruhan kwalitas buahnya luar biasa, warna ungu kehijauan, ukuran besar, rasa manis, lezatnya juicy lembut dalamnya, di bagian dalamnya berwarna coklat gelap wujud seperti bubur lembut.

Pertama kali dikenalkan di wilayah Olympia di Barat Washington, USA. Tumbuhan ini sangat subur di udara dingin sampai 12 Fahrenheit. Lingkungan Zona 6 cocok untuk perkembangan pokok Tin Olympian.

Nah bagaimana kalau di import ke Indonesia, masih bisakah seukuran aslinya . Mungkin dari sekian penghobbi dan petani pohon Tin Indonesia ada yang sudah punya koleksi ini.

Boleh dong di share, FC atau cuttingpun cukup la.

Lingkungan Tumbuh Olympian

Bukan saja Besar dan manis buah Tin Olympian. Dia mempunyai kharakter semacam Verm Brown Turkey , cuma ukuran memang besar ini.

Adaptasi tanaman ini boleh di acungi jempol, di tempat kelahirannya sana. Tumbuh sejak 1800 di pinggir kota Olympia (Washington DC)

Buah genjah itu pasti, sebut saja Brown Turkey sapa yang protes. Selalu mudah ditanam dan berbuah genjah.

Selain di lingkungan sejuk, Olympian juga hidup di zona 6 menurut pembagian zona climatologi ekstrim di Amerika (USDA) , pesisir pantai pun masih hidup.

Biologist Elma dan Denni Mc Gaughy

Adalah seorang pakar Biologi ilmu tanaman bernama Elma yang telah berjasa menemukan varietas baru pohon Tin. Dimana dia telah 100 tahun tumbuh di Olympia. Kemungkinan dulunya dibawa oleh imigran dari benua Mediterania sekitar lembah Yordania dan di bawa ke USA sekitar antara tahun 1500-1700 an.

Kemudian bersama dikembangkan oleh Denni Mc Gaughy sebagai tanaman tin di kebunnya. Dia adalah seorang yang fanatik akan tanaman Tin.

Di sekitar asalnya sana di USA , Seorang pekebun "South Sound Garden" telah mengembangkan Olympian ini sejak diketemukan oleh Elma. 

Selain kwalitas buahnya ungu kehijauan , besar, manis dan rasa dalamnya lembut seperti bubur. 

Maka tanaman ini boleh bertahan sejuk ekstrim dari panas sedang di sana Olympia, Washington Barat.

Varian lain yang juga ditanam adalah Violette de Bourdeaux, Desert King, dan Brown Turkey, Cordi, Atriano dan Brunswick.

Besar Buah Tin Di Indonesia

Indonesia mempunyai banyak varian Tin yang sudah dikembangkan para pendahulu hobbiis dan pekebun diseluruh wilayah nusantara. 

Di antara yang saya ketahui , jenis pokok Tin yang mempunyai buah besar dan sudah adaptif tumbuh sudah adaptif tumbuh subur di Indonesia antara lain 

Pupl Figs

Kavax Figs
   

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel