Hari Buruh May Day 1 Mei

Hari Buruh May Day 1 Mei

Tahukah kamu bahwa hari ini merupakan hari buruh May day 1 Mei . Hari ini sebagai bagian dari sejarah yang telah berlangsung sejak tahun 1889. Pada awalnya di dasari oleh peristiwa historis yang terjadi pada kaum serikat buruh di Amerika sejak awal tahun 1806.

Banyak peristiwa menjadi bagian sejarah perkembangan kaum buruh seluruh dunia.  Awalnya tahun 1872 dengan di motori oleh dua nama Peter Mc Guire dan Matthew Maquire yang dengan ikhlas mengorganisir pekerja pabrik mesin di New Yersey. Keduanya telah mengumpulkan hampir 100 000 orang pekerja untuk berdemontrasi.

Apa tujuannya waktu itu  sekian ribu orang berdemontrasi?

Mereka pada saat itu menuntut perlakuan atas jam kerja yang terlalu banyak, sementara gaji tetap, perhitungan jam kerja semakin ketat. 
Note:

Pada jaman dahulu awal abad 19, jam kerja di Amerika sampai dengan 20 jam sehari. Pun pendapatan pas pasan saja, dan pengetatan aturan atas jam kerja , tiada toleransi atas pekerja.

Dari keadaan penindasan atas buruh pabrik pada saat itu, muncullah suatu kesatuan sama sama tertindas. Dan berkembang terus dari New yersey , ke Chicago, akhirnya ke New York. 

Kerusuhan Haymarket, apa itu kejadiannya?

Pada tanggal 1 Mei 1886, sekitar 400 000 buruh di berbagai negara di Amerika melakukan pemogokan, demontrasi. Bentrok dengan aparat tidak terelakkan dan banyak kaum buruh yang meninggal pasa saat kejadian itu.

Oleh sebab itu di Paris diadakan konggres 3 tahun kemudian, terbentuklah serikat buruh sedunia  dan menjadikan hari peristiwa Haymarket sebagai Hari Buruh May Day 1 Mei.

Bagaimana dengan di Indonesia?

Sejak 2014 , Indonesia menetapkan libur nasional pada 1 Mei , sebagai peringatan May day.

Pada masa pemerintahan orde baru sempat dilarang peringatan 1 mei ini. Pasalnya menjadi salah paham konotasi paham  termasuk subversip, sehingga dilarang. 

Apa manfaatnya dengan Hari Buruh May day 1 mei?

Dengan momentum tersebut secara alamiah terbangun suatu komunikasi antar pekerja dan pengusaha. Sehingga dapat dijadikan satu even komunikasi yang serasi demi memajukan iklim usaha dan bekerja yang baik dan bersinergi.

Memang ada kadangkala dengan sejumlah masa yang berkumpul dapat menimbulkan hal yang tidak diinginkan, namun pastinya selalu bertujuan positip dan baik. Pasti disana ada berkah yang bernilai besar. Dan kalau baik itu datang nya dari Allah ta ala.     In shaa Allah

Syukuri Apa yang ada

Dengan adanya momentum May Day, memberikan suatu idea atau inovasi komunikasi antara karyawan dan pengusaha. Sekurang kurangnya melalui atasan, admin officer, HRD, atau segala saluran komunikasi di perusahaan tempat bekerja.

Kalau pun boleh berkomentar , sambil berkomunikasi sambil bersyukur atas apa yang ada. 

Maksudnya apa ?

Dimaksudkan dengan bersyukur atas apa yang ada, maka dengan hari buruh may day 1 mei , dapat membuat hati kita lebih tenang.  Kalau dalam menjalani kehidupan diikuti dengan bersyukur, in shaa Allah akan membawa berkah. Hanya Allah yang Maha Tahu.






Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel