Lubangi Media Tanam untuk perakaran


Saya secara tidak sengaja membuat lobang pada media tanam, namun beberapa hari kemudian muncul akar baru disekitar lobang dan pada lobang , maka saya berpikir ini ide yang baik untuk pertumbuhan tanaman. sebenarnya saya membuat lobang dengan maksud untuk supaya air siraman tidak menjadi becek, sekaligus saya membuat beberapa lobang untuk memberi serbuk Furadan guna menghilangkan cacing dan binatang kecil.

Alhamdulillah kok keluar akar baru dan ini sangat memberikan hal baik bagi tanaman bagisaya akan menambah daya serap makanan yang kita berikan melalui siraman setiap hari.

Adalah ujung akar sebagai mulut tanaman dalam proses pertumbuhannya dan menyerap unsur hara dari dalam tanah, nah oleh sebab itu maka semakin banyak akar akan semakin kuat pertumbuhannya.

Maka semakin saya buat lobang di media tanam akar semakin muncul , dan banyak akar ini memberi peluang menambah daya tumbuh tanaman. Namun entahlah kalau akar yang lain menjadi mati alias tumpul menyerap unsur hara.

Pada apa yang saya buat ini menunjukkan bahwa ada muncul akar baru di bagian lobang bahkan di sekitar lobang.

Kelembaban

Faktor yang muncul yang lain saya melihat adanya keseimbangan kelembaban media tanam ketika saya lobangi dan berarti positip bagi tanaman. Ini lebih baik dan saya kerjakan terus.


Sebab tanaman yang nama latinya Ficus Carica ini sesungguhnya tidak suka dengan situasi media becek , so saya membuat lobang itu sangat baik maksudnya.

Semoga lebih hidup dan menjadi lebih subur, apalagi dengan saya menambah pupuk organik cair yang dicampur air siraman setiap hari, tentu dalam takaran yang sangat sedikit saja.

Sinar Matahari

Lain dari itu adalah sinar matahari setiap hari minimal 6 jam adalah kebutuhan tanaman dalam melakukan proses metabolisme dan ini diperlukan juga tambahan unsur yang diambil dari dalam media tanam

Tanaman yang di dalam wadah atau pot atau Fasu semua tentu ada keterbatasan dalam perakaran. Nah untuk itu perlu penambahan makanan baginya dan itulah gunakan POC atau yang lainnya.

Sinar matahari terbaik adalah pagi hari, orang menyebutnya GoldenSun atau entah apalah. Tapi pertumbuhan tanaman yang saya perhatikan yang setiap pagi kena simat lebih baik dari yang hanya sore hari kena simat. Mungkin ada efek dari waktu penyinaran ini, jelas bahwa yang pagi hari lebih hidup dan yang kena simat sore kurang bergairah gitu.  

0 Response to "Lubangi Media Tanam untuk perakaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel