Daun Tin Rontok

Hujan merupakan rahmat bagi semua yang ada di bumi ciptaan yang maha pencipta ini. Meski sebahagian menjadikan bencana , karena hujan. Itulah lika liku apa yang terjadi di muka bumi ini disekitar kehidupan manusia.

Pun ini sudah disebutkan di dalam Al Quran bahwa setelah dijadikannya bumi dan tatasurya, maka hujan pun diturunkan untuk kesejahteraan dengan sayuran dan buah buahan, maka janganlah menyekutukan Allah.

Quran Surah Al Baqaroh 2: 22.
Dialah yang menjadikan bumi ini untuk kamu sebagai hamparan dan langit (serta segala isinya) sebagai bangunan (yang dibina dengan kukuhnya) dan diturunkanNya air hujan dari langit, lalu dikeluarkanNya dengan air itu berjenis-jenis buah-buahan yang menjadi rezeki bagi kamu; maka janganlah kamu mengadakan bagi Allah, sebarang sekutu, padahal kamu semua mengetahui (bahawa Allah ialah Tuhan Yang Maha Esa)

Maka hendaknya kita dapat mensyukuri saja nikmat ini. Allohuma syoyiban nafian. Semoga hujan yang turun membawa manfaat bagi kehidupan kami manusia.
Adapun keadaanya bahwa pepohonan Tin menjadi rontok kemungkinan itu adalah sifat alami dari pohon ini yang tidak tahan akan air asam yang datang bersama hujan. Kerontokan ini merupakan penyesuaian alam atas situasi di dalam media tanam dan udara kelembaban sekitar.

Akibat Hujan Berterusan

Salah satu hal yang menyebabkan kerontokan daun Tin adalah datangnya hujan yang terus menerus. Air hujan merupakan air yang bersifat asam, dan oleh karena itu tidak baik untuk tumbuhnya pohon Tin.

Selain itu sifat akar pohon Tin mau pada lingkungan kering , dan tidak becek. Apalagi becek oleh air asam semacam ini sangat di jauhkan sebaiknya.

Sering melihati pangkal batang yang terlihat berbintik bintik putih. Adalah jamur yang lama kelamaan akan menjadi membusukkan batang.

Kalau sudah seperti itu, korek sedikit media tanam, terlihat jamur sudah ke akar tanaman dan seluruh media terancam menjadi di dera jamur putih.


Cepat Ganti Media

Kalau sudah terlihat demikian, maka segera ganti media tanam dengan yang steril. Semprot dengat anti jamur dan desinfectan.

Mengganti media tanam sangatlah di anjurkan. gunakan media porositas tinggi namun mampu menyimpan hara tanaman.

Jangan biarkan jamur putih duluan berkembang di dalam media tanam, mereka akan segera membawa bencana bagi akar dan batang dikemudian hari tanpa terlihat oleh petani


Pindahkan Ke Tempat Baru

Untuk menghindari situasi yang tidak nyaman bagi tanaman, khususnya untuk tanaman dalam pot, maka di sarankan di pindahkan.

Pendahkan pot tanaman ke tempat yang lebih dapat sinar matahari pagi sampai siang. Atau sekurang kurangnya 4 jam kena sinar matahari langsung.

Korek korek sedikit media tanam sehingga terburai dan kena angin, akan memberikan nafas baru bagi suasana dalam media tanam pot.

Memberikan peluang untuk media bersifat posos sekali dalam satu sisi pot juga sangat bagus untuk menjaga kelembabab media tanam


Pupuk Berkwalitas Nitrogen

Sebaiknya juga di berikan makanan tambahan bagi tanaman, seperti pupuk dengan seri perbandingan N lebih besar: NPK    misal N50% , P25% , K 25%

Dengan tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan daun yang sangat diperlukan saat terjadi rontok ini. Unsur Nitrogen memberikan daya pertumbuhan tanaman pada sisi daun,  dan dapat memberikan proses fotosintesa daun yang maksimal  pada akhirnya.


Akar Pokok Tin Di Atas

Perhatikan baik baik, pohon Tin ini menunjukkan pertumbuhan akar yang berbeda dengan umumnya pokok. Kalau biasanya akar berkembang di bagian bawah , maka Tin akarnya berkembang di lapisan atas media tanam.

Oleh itu maka penambahan media selapis tipis di atas sekitar pangkal pokok sangat membantu pertumbuhan secara normal.

Dengan memunculkan akar yang baru setelah diberi selapis media baru, maka akan tumbuh akar serabut baru dan membawa tanaman menjadi subur, dengan ujung penyerapan yang cukup.



Ulat dan Serangga

Ingat daun baru yang masih segar muda dan kuncup menjadikan hama tanaman datang, seperti ulat dan serangga.

Kenali daun yang terserang di makan ulat, biasanya ulatnya berwarna hitam bergaris putih, ulat ini dapat sebesar kelingking bayi. Jadi lumayan besar ukurannya kalau kenyang dan daun satu lembar dapat habis satu malam.

Sangat cepat di memakan santapan sedaap daun Tin, apalagi gratis dari pokok sendiri rasanya. Tapi ingat pemilik kebun selalu mengontrol dan membuat hal yang sangat berbahaya bagi ulat.


Sinar Matahari


Tanaman dalam pot, dapat dipindahkan ke tempat yang langsung dapat sinar matahari, sekurang kurangnya 6 jam 

Kalau mungkin sebanyak banyaknya kena sinar matahari, akan tetapi situasi tidak memungkinkan , maka dapat lah 8 jam atau hanya 6 jam tapi maksimal.

Jangan terteduhan, atau di halangi atap plastik menaungi pokok tanaman kamu. Oleh itu maka fotosintesa dapat berkerja maksimal

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel