Piara Lele dan Siram Pokok Tin

Air Ikan Mendorong pertumbuhan Tanaman

Setelah saya melakukan hal tidak sengaja sambil menguras air ikan lele dan saya gunakan untuk menyiram tanaman Pokok Tin saya ... eh ternyata seminggi muncul buah. Kemudian saya mencoba ke pot lainnya dengan cara sama , dengan air kurasan ikan lele tersebut. Hasilnya pertumbuhan daun dan cabang muda banyak muncul.  

Sementara saya masih bingung apa sebenarnya yang memberikan energy kehidupan atau kesuburan tanaman dari pada air ikan lele ini.  

Mungkin beberapa dugaan antara lain:
  • Mengandung bekas kotoran ikan
  • Mengandung sisa pelet makanan ikan
  • Air amis dan licin, pasti ada zat positip pada tanaman.
  • Pastinya airnya sudah di endapkan dahulu
  • Bukan air langsung dari kran, atau ledeng.

Trubus daun dan cabang muda

Dalam beberapa hari saja sudah tampak adanya muncul daun muda dan trubus baru. Ini berarti cocok , bahwa air kuras kolam ikan dapat menjadi air penyiram yang bermanfaat.

Dengan begitu beberapa hari sudah saya amati, memanglah cocok sekalian menguran ikan lele sekalian menyiran pokok Tin dan tanaman buah lainnya. Ini suatu hal secara kebetulan, akan tetaopi setelah saya membaca mbah Google ternyata benar. Ada yang menulis tentang air piaraan ikan lele ini untuk menyiram tanaman dalam pot.

Sungguh suatu hal yang dapat di manfaatkan dan munafaat bagi saya pribadi. Meskipun hanya segelintir tanaman saja akan tetapi memberikan makna yang positip terhadap perkembangan pertumbuhan tanaman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel