Daun Tin Atau Buah Tin

Daun Tin Atau Buah Tin

Seperti Judul di atas, saya kemukakan bahwa ada dua pilihan untuk memelihara tanaman Tin. Kalau suka ambil daunnya , maka buah tentu kurang bahkan tidak produktif. Sebaliknya kalau mau ambil buahnya ya jangan di ambil daunnya.

Daun Tin atau Buah Tin, kedua duanya mempunyai manfaat yang sama sama baik. Banyak sudah saksi dan pengalaman menceritakan sehingga ke saya. Maka segera saya menanam tanaman dari negeri seberang laut Mediterania ini.

Pertama tama saya kurang begitu yakin apa boleh hidup atau tidak di lingkungan yang seperti di rumah saya. Akan tetapi saya mencoba , waktu itu saya membeli jenis Green Yordania dan Purple Yordania.  Alhamdhulillah semua tumbuh dan berbuah setelah lepas masa enam bulan dan satu tahun.

Meski berikutnya setelah besar batang tersebut mati, karena anai anai jahat dari dalam tanah di pekarangan rumah saya .


Kenapa pertanyaan di atas sebagai Judul?


Sebab tanaman akan menjadi kurang atau bahkan tidak keluar buah kalau di potong terus daunnya. Hal ini sudah dapat di lihat pada gambar di atas. Sebelum ini buah Tin di Pot saya itu cukup lebat meskin dalam pot ukuran 35Cm saja.  

Akan tetapi setelah banyak permintaan daun Tin untuk bikin Teh Daun Tin. Lah itu masalah bagi pembentukan buah.


Pokok Tin Sakit

Dengan pemetikan atau pemotongan daun yang terus menerus, maka tiada sempat makanan untuk membentuk pembuahan. Akan tetapi hanya membetulkan luka di daun saja. Ini lah penyebab yang utama , selain tentu gizi unsur hara di dalam media tanam itu sendiri.

Off course kita harus membuat media tanam yang terbaik dan ini nanti kita bahas kemudian ya. 


Daun dan Buah Tin semuanya membawa untung

Mengapa kita harus memilih antara daun atau buah. Pada tanaman Tin keduanya mempunyai manfaat yang pasti bagi kesehatan. Sehingga baik daun taupun buah semua di cari orang.

Inilah yang menjadi pelik dan menariknya dari tanaman Tin. Jangan hanya buah saja , sedang daunnya saja berguna. Coba kenapa kamu tidak menanam pokok ini. Mudah dan munafaat, bagi kehidupan kesehatan kita.

Bahkan orang menjual daun tin dalam kemasan plastik setengah Kg dengan harga sekitar Rp25000/perkemasan. Sedang buah tin biasa orang menjual dengan harga antara Ro200000 sd Rp300000. per Kg. 


Artinya apa ?

Maknanya pokok Tin mempunyai peluang untuk di budidayakan sebagai tanaman sela di depan rumah atau di belakang rumah. ya kan?

Coba saja dulu dengan yang paling mudah hidup jenis Yordania ...green atau purple. Juga Blue Giant , atai Red Pelestine/Red Israel.  Or You will be a Collector Figs Carica. Disana dikenal hampir 1200 Jenis Varian pokok Tin telah di kenal orang di seluruh dunia. 


Negara negara Penghasil Tin

Antara negara negara yang menghasilkan tanaman Tin ini bukan saja dari Timur Tengah atau Mediterania saja. 
  • Yordania , Arab, Turkey, Israel, Palestine
  • France , Italia, Cyprus, Spain, 
  • Taiwan : TGF , China : ZingZiang
  • Japan : Masui Dauphine
  • America: Lousiana University Sosiety, Chicago hardi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel