Usaha kreatif bisnis tanpa modal

Usaha kreatif bisnis tanpa modal

Membaca title diatas, siapapun akan bertanya dan meragukan. Terbayang bohong ini tulisan posting. Akan tetapi ini saya tulis berdasarkan fakta dari pelakunya. Jadi dia yang mengalaminya , melakukannya serta menuturkan kepada saya. Usaha kreatif bisnis tanpa modal dengan bercocok tanam. 

Awalnya ibu ini hanyalah sekedar pengisi waktu. Ketika hilang kegiatan rutinitas nya sebagai guru setelah ambil pensiun muda.  Nah sekarang kesempatannya hanyalah belajar agama dan membaca buku pengetahuan. Apa saja dia pelajari terutama soal masak memasak dan bercocok tanam.

Sekarang ibu ini telah menemukan makna kegiatannya. Adalah menanam sayuran dan menanam pohon tin. 

Kedua jenis tanaman ini sama saja memberikan hasil biar cuma sedikit . Dengan memperbanyak basil manis dari halamannya saja. Itu dapat memberikan sedikit masukan.

Ditambah dengan buah tin yang dia keringkan. Dia kemas sedikit sederhana namun rapih . Buah kering itu dapat dijual secara lebih awet pun murah juga.

Membuat suatu kemasan sederhana

Setelah sayuran dan buah nya panen. Suatu ketika bingung juga kebanyakan dirumah untuk apa. Tetapi ternyata ada yang membeli, satu persatu dan habis. Maka mulailah timbul pikirannya untuk lebih banyak tanama lagi.

Dengan ketekunan dan kegigihan hari demi hari dilalui. Tiadapun rasa capek meski kotor dan basah. Ibu itu tetap jalani masa pensiun dengan berkegiatan positif.

Tibalah idea untuk mengemas buah Tin nya dalam kemasan kecil saja berisi sepuluh butir. Dicobanya dijual, ke teman teman. Ternyata ada laku sedikit demi sedikit.

Keyakinannya bahwa , benda ini dapat memberikan masukan biar sedikit. Dan jadilah keinginan untuk mengembangkan kebunnya secara lebih profesional. 

Buatlah di lantai atap dekat jemuran baju. Disitu dapat berkegiatan tanam sayur . Sedang di halaman belakang yang tidak luas juga itu bertanam Tin. Lengkap sudah day to day seorang pensiun 

Tanpa modal Istilahnya

Kalau dibilang tanpa modal ya tidak. Akan tetapi sedikit saja keluar modal. Pada saat membeli bibit, dan beberapa media tanam. Tentu semua ada biar sedikit keluar juga. Bukannya seratus persen tiada modal sama sekali.

Namun dengan sedikit menyisihkan uang tuk membeli secukupnya bibit dan perlengkapan menanam sudah cukup. Dan selanjutnya berputar dari apa yang dijual.


Komentar

Menilai apa yang sudah dikerjakan ibu pensiunan itu. Nampak memang ada positif aktifitas. Sangat dihargai, dan dapat menjadi contoh.  Namun ada baiknya melihat kelancaran dan kemenerusan usaha ini. 

Apakah usaha seperti ini dapat berjalan rutin dan kontinyu.

Pasal sebagai kegiatan rumahan, tentu lemah dan tiada kemampuan bersaing dengan dunia usaha yang lebih pro. Misalnya supermarket, mini market atau Mall sekalipun. Nah dengan disini hanyalah pengisi waktu.

Satu idea saja, membuat satu perkumpulan dari para pensiunan. Kemudian membuat satu bentuk usaha bersama.

lalu saling mengumpulkan hasil idea positif . Dan bentuklah suatu hal yang menghasilkan.

Peluang usaha kecil yang berhasil hendaknya juga didukung pemerintah. Terutama sektor yang langsung di masyarakat .  Pastinya untuk mengisi kegiatan di masa pensiun, supaya tidak berbual tiada arti. 

Hidup adalah suatu hal yang harus dijalani dengan sesuatu yang bermakna.

Ok. Sekedar share, semoga usaha kreatif bisnis tanpa modal ini sebagai tulisan yang menginspirasi. Kepada pembaca , dan jangan lupa komentar ya bos.
Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel