Ganti Media Tanam



Tanaman dalam pot selalunya menuntut tiga hal pokok yang harus diperhatikan, dan hal tersebut adalah media tanam, sinar matahari dan pemeliharaan termasuk pemupukan. Ketiga hal tersebut dua terdahulu berasal dari alam disediakan alam melalui alam secara alami. Sedang yang ketiga tergantung oleh manusia pemeliharanya , yang harus aktif dan melakukan penyiraman, pemupukan dan mengganti media pada waktunya, memelihara ranting, memangkas daun dan dahannya dan seterusnya.

Banyak yang sering kita abaikan terutama hal yang ketiga ini, sering dikira sekali tanam dan selamanya tidak perlu lagi , tinggal menunggu buah datang suatu waktu. Dan ternyata tidak pernah terjadi buah yang datang, melainkan tanaman menjadi kurus dan mati perlahan lahan. 

Hal inilah yang harus selalau diperhatikan didalam bercocok tananam terutama yang memakai media tanam di dalam pot atau wadah tertentu.

Media tanam sudah tentu berasal dari alam sekitar yang digunakan untuk menanam, sedangkan apa yang dijadikan media tanam sudah tersedia dimana mana dalam kemasan jadi tinggal mempergunakannya. Hampir selalunya mengandung tanah soil, kompos, pupuk kandang, dan sering dengan tambahan EM4, atau anti jamur.

Kombinasi lengkap tersebut sudah banyak dikenal dan dipergunakan didalam masyarakat, maka tidak sulit untuk menanam pokok tanaman dengan media tanam seperti apa yang di maukan. Semua sudah tersedia di pasar, toko tani disekitar kita.

Sedang faktor kedua, matahari juga bersumber dari alam , maka tidak dapat dirubah apa lagi menentukan, semua hanya karena alam dan sebaiknya mengikuti apa yang ada di alam. Oleh sebab itu ikutilah apa yang terjadi di alam secara alami, jangan pernah melawan alam. Kalau tanaman kurang sinar matahari , maka pindahkanlah ditempat yang ada sinar matahari.

Dua hal yang disediakan alam akan menjadi modal utama dalam bercocok tanam, sedang selanjutnya modal ketiga adalah diri kita sendiri yakni pememliharaan termasuk menyiram, memupukan dan merawat secara istoqomah.

Pada umumnya kalau tiga faktor utama ini sudah dilaksanakan, insya Allah tanaman akan tumbuh dengan sewajarnya dan menghasilkan buah atau bunga yang di targetkan. Jangankan buah atau bunga, sedang semua kegiatan yang dilakukan setiap saat itupun secara rohani sudah memberikan hasil.

Coba rasakan kalau setiap merawat dan mengelola tanaman kita, dan rasakan apa yang ada dalam hati. Senantiasa ada kepuasan tersendiri kalau tananam itu berkembang dan menandakan ada hasil perkembangan kegiatan kita tersebut. Alhamdulillah.

Selain itu dalam keseharian kegiatan bercocok tanam merupakan obat awet muda, atau disebut therapi dapatkan disemua tempat dan kesempatan, selain dari bercocok tanam ini.

Secara psikologis ada memuaskan jiwa dan hati yang terdalam setiap beraktifitas di kebun merawat tanaman satu demi satu. Ada kalanya kita seolah menyatu dalam sedih kalau salah satu tanaman dimakan ham atau patah. Begitu sebalikan ada rasa senang kalau tanaman bercabang baru, daun baru dan ada bakal buah.

Itulah makna yang dapat dirasakan ketika kegiatan memberikan makna yang positip.

Mengganti media tanam

Dalam bercocok tanam sering sekali sudah disiram dan dipupuk kok masih tidak menunjukkan hasil yang maksimal. Maka ada baiknya ditengoklah media tanamnya. Apa perlu diganti dengan yang baru.

Satu media tanam yang sudah tercemar jamur sebaiknya segera diganti dengan yang baru. Ada kaidah dan perlunya mengganti dengan media tanam baru. karena hama didalam tanah sangatlah mengganggu pertumbuhan tanaman.

Sedikit demi sedikit cara mengganti media tanam sudah bagus, pada awalnya sebelah sisi , dan selanjutnya sebelah sisi lagi sampai semua dapat diganti sambil bertumbuh secara alami.

Apa manfaat mengganti media tanam?

  1. Memberikan ruang tumbuh pada pokok tanaman
  2. Menghindarkan hama tanah yang sudah menjalar didalam pot
  3. Membuang jamur yang sudah tumbuh di dalam media
  4. mengintrol kesehatan dan pertumbuhan
  5. Tanaman menjadi sehat dalam ruang hidup akar yang baru
  6. Menjaga dari gulma dan zat asam, jamur , ulat, dalam tanah 
  7. Tanaman menjadi segar semula
  8. Tanaman mempunyai rumah yang segar dan sehat
  9. Gunakan media yang terpilih
  10. Memperhatikan senantiasa dalam mengawal tumbuh kembangnya tanaman

0 Response to "Ganti Media Tanam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel