Diet Sehat Mudah


Mempunyai tubuh yang ideal dalam ukuran umum siapa yang tidak senang. Meski demikian banyak yang masih belum mencapai hal tersebut. Oleh karenanya banyak suatu usaha untuk menuju berat badan ideal , dengan cara melakukan diet. Diet Sehat Mudah tentu menjadi salah satu acuan yang dapat di ikuti.

Saya sendiri tidak pernah merasa melakukan diet sehat mudah tersebut. Akan tetapi mungkin yang saya lakukan sudah sekaligus mengurangi karbohidrat, asupan lemak yang lainnya.

Apa yang saya lakukan hanyalah berpuasa secara kontinyu di hari Senin dan Kamis. Dan satu lagi saya mengurangi makanan yang bersifat lemak, dan memotong porsi nasi yang saya konsumsi setiap makan.

Melihat Anak Saya Melakukan Diet

Keto Diet
Perlu saya kemukankan disini juga apa yang saya lihat pada anak saya. Dia melakukan diet sehat juga dengan mengatur menu pagi dan siang hari dengan mengikuti petunjuk dari sebuah buku bersampul putih dengan gambar wanita yang langsing sporty. 

Setiap pagi dia masak makanan yang tertentu, sesekali saya melihat ada wortel, kenthang, bunga kol, dan ada beberapa lainnya.

Namun soal istiqomah belum saya lihat, kadang malam masih makan bersama teman teman yang mungkin itu menjadi lepas dari diet sehatnya. Sehingga sudah 6 bulan berjalan masih turun dan naik lagi ke angka pala 80 Kg. 

Saya sering terdiam melihat berbagai tindakan yang dilakukan dalam rangka ingin menurunkan berat badan

Ada pepatah " Menambah berat badan mudah, menurunkan berat badan itu yang susah" Meski seorang pakar olah raga sekalipun masih sulit berbuat demikian. Lihat saja seorang petinju yang ingin turun klasnya, maka dia setiap sore berlari sampai berkilo kilo meter untuk membuang energi , lemak dan karbo dalam tubuh , dalam rangka mencapai berat tertentu di klas tinjunya.

Melihat hal demikian itu, maka saya jadi prihatin terhadap kemauan bagi sahabat yang sedang ingin menurunkan berat badan. Meski demikian ada pula orang yang enak saja dan mudah menaik turunkan berat badannya, hanya dengan mengatur pola makan . Padahal yang di makan sesuka seleranya sendiri, tanpa mengikuti petunjuk ahli gizi dan makanan.

Termasuk yang saya lihat sendiri terhadap buah hati saya, begitu gigihnya berusaha dengan membayar konsultan, membeli buku petunjuk. 

Pada akhirnya sehingga saya membuat satu sari "summary" , bahwa untuk menurunkan berat badan bukan saja dari mengatur pola makan. Akan tetapi lebih dari itu, di sana ada mengatur menu makanan, pola makan, gerak olah tubuh mengeluarkan keringat, menata hati dan rasa dan jiwa , melakukan dengan kontinyu istiqomah dan terakhir selalu berdoa memohon Yang Maha Kuasa.

Pengalaman Artis Terkenal Bertubuh Gemuk Jadi Slim

Ada satu cerita dari sahabat saya , bahwa kalau artis terkenal yang mempunyai badan gemuk itu sekarang sudah menjadi langsing. Bagaimana dan apa yang dilakukannya?

Katanya dia melakukan secara kontinyu setiap bangun tidur. Dia berdiri tegak dan sambil menepuk nepuk perut besarnya sambil mengucapkan suatu kalimat.
"Bikin malu bikin malu bikin bikin malu  bikin malu" terus terus gitu saja.

Menurut saya itu hanyalah cara sendirinya untuk membuat semangat dalam rangka berusaha diet sehat mudah.

Tentu ada hal yang dilakukannya selain itu, mungkin juga soal mengatur makanan dan pola makan, menghindari makanan tertentu atau mengurangi makanan tertentu. Tak lah sesederhana tersbut.


Nah Yang Saya Lakukan BerPuasa Saja

Sesuai apa yang di uraikan dalam Al Quran dan Al Hadist tentang berpuasa sunat , selain puasa wajib itu di bolehkan. Maka pun saya melakukannya.

Seperti telah di sampaikan dalam Hadist

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR. An Nasai no. 2362 dan Ibnu Majah no. 1739)

“Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi no. 747)

Pintu surga dibuka pada hari Senin dan kamis. Setia hamba yang tidak berbuat syirik pada Allah sedikit pun akan diampuni (pada hari tersebut) kecuali seseorang yang memiliki percekcokan (permusuhan) antara dirinya dan saudaranya. Nanti akan dikatakan pada mereka, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai.” (HR. Muslim no. 2565).

Apa yang saya rasakan sekarang ini?

Selain saya merasa lebih ringan bergerak dan beraktifitas , maka saya kok merasa lebih nyaman dalam menjalani hidup. Oleeh sebab itu saya share apa yang saya lakukan. Ternyata banyak hasilnya :
  • Dapat barokah dari Yang Maha Kuasa
  • Berat badan terjaga dalam 60 - 66 Kg, Tinggi saya 160 Cm
  • Bergerak terasa enak, lincah dan suka saja aktif
  • Makan serasa uenak dan enak sekali setiap saat makan 
  • Semua jenis makanan saya merasa enak saja 
  • Apa Yang saya hindari antara lain : Bumbu penyedap rasa, Lemak, Kurangi nasi setengah setiap makan.
  • Waktu makan saya bahkan kalau sedang tidak puasa menjadi 4 atau 5 kali sehari. Cuma jumlahnya sedikit sedikit, kalau sedang memasak untuk anak saya ya mestinya saya merasakan dulu.
  • Alhamdhulillah berat badan terjaga . Kesimpulan saya karena puasa yang kontinyu, terus Senin dan Kamis.

 

Makan makanan tertentu saja

Cooks Special
Ada yang melakukan diet sehat mudah dengan cara memakan jenis makanan tertentu, misalnya buGaah buahan saja, atau sayur sayuran saja, atau campuran sayuran dan buah buahan tanpa nasi . Tambahan Ayam, atau daging, Tahu atau Tempe yang di rebus.

Ada pula yang diet sehat mudah dengan mengikuti aturan paket yang di tentukan dalam konsultasi dokter. Atau ikuti program dalam buku on Line, atau ikut program dari Konsultan Diet dan Gizi tentu dokter ahli nya.


Pada jaman dahulu ada yang namanya "Puasa Ngrowot" hanya makan buah pisang misalnya. Tapi bukan tujuan diet sehat mudah seperti dikenal jaman sekarang ini. Kalau tidak salah orang tua bilang puasa ini pernah di jalani oleh bapak Presiden Republik Indonesia Ke dua Bapak Presiden Soeharto, sewaktu masih menjadi prajurit dan berjuang di masa mudanya dahulu. Beliau orang yang suka "prihatin" (bahasa Jawa) , yang maknanya melakukan sesuatu langkah untuk mendapatkan keridhoan Yang Maha Kuasa.


Ada lagi yang melakukan puasa tidak makan daging dari hewan apapun. Sehingga sehari hari makan dengan lauk pauknya Tahu dan Tempe saja, plus tambahan sayur mayur. nah ini lebih mungkin dalam rangka diet sehat sebenarnya, akan tetapi biasanya dikarenakan untuk mengurangi kelebihan kolesterol tubuh.


Ada lagi yang justru puasa makan nasi putih dan minum  air putih saja. Nah yang ini lain lagi tujuannya. Tentu mempunyai tujuan tertentu dan melakukanlangkah untuk mendapatkan keridhoan Allah ta ala.


Kaidah Diet Sehat 




Berikut beberapa kaidah dan langkah untuk menuju diet sehat mudah dan dapat di ikuti siapapun tanpa kesulitan.

Termasuk di dalamnya adalah pola makan, gerak badan dan pola hidup yang teratur. Menata hidup merupakan bagian dari rasa jiwa yang menjadi ketenangan dalam menjalani hidup.

Oleh karena itu bukan saja mengatur menu makanan di tambah dengan keluarkan keringat berbagai olah raga. Akan tetapi olah jiwa itu juga merupakan hal yang penting dan perlu. Maka ada diet melalui meditasi Yoga.

Langkah dan tindakan diet sehat yang saya sarankan dan rekomendasikan antara lain sebagai berikut di bawah ini:
  1. Makan teratur dengan porsi dikurangi biasanya
  2. Kurangi nasi dari biasanya, sisihkan untuk yang perlu
  3. Makan buah dan sayuran lebih di anjurkan
  4. Kurangkan daging, jauhi lemak, kurangkan telur
  5. Ubi ubian dapat menjadi alternatif nasi
  6. Ikan lebih baik dari daging
  7. Tahu dan tempe alternatif lauk pauk
  8. Makanan rebusan lebih dianjurkan
  9. Olah raga berkeringat cukup
  10. Meditasi, Yoga dan Dzikir di anjurkan

 

Buah Tin Untuk Diet

Figs Carica De King
Ada  juga khasiat buah Tin (Fig Carica Fruit) untuk mengurangi berat badan. Loh bagaimana boleh bisa terjadi, kan buah ini begitu aja.

Dalam buah Tin terkandung banyak serat , di mana berfungsi sebagai mengurangkan penyerapan lemak dalam usus , sehingga membantu orang gemuk menurunkan berat badan.

Namun demikian jangan makan terlalu banyak, karena dalam buah Tin ada energi yang cukup banyak sehingga juga menyebabkan badan gemuk, oleh sebab itu sedikit saja konsumsi buah Tin.

Pesan sedikit jangan makan buah Tin juga minum susu. Wah tambah bengkak badan kamu nanti.

 

Pesan Untuk Mereka Yang Bertubuh Harus Diet

Sebagai sahabat pembaca setia, maka bersama ini saya pesankan untuk menjadi hidup dalam pola yang beratur. Artinya dari segi kegiatan dan pemenuhan asupan tubuh.

Kalau kamu harus makan banyak ya makan saja, sehat dan bugar itu nomer satu, sedang kepentingan diet itu kedua. Kan tidak enak kalau diet sukses tetapi akhirnya badan jadi sakit. Jangan lah yaa...jangan jangan terjadi itu. Mohon kan jangan lah.

Sebaik baiknya tetap sehat bersemangat dan aktif, namun dapat menjalani diet. Itu lah maksud postingan ini Diet Sehat Mudah. Bukan untuk satu tujuan , akan tetapi berbagai sendi kehidupan dan segi pemenuhan jasmani dan rohani itu perlu.

Tatalah hidup dengan teratur, baik dan rapi serta pola menjalani hidup juga yang tertata baik. Niscaya akan menjadi baik semuanya. Diet sehat mudah kamu dapat jalani dengan hal tersebut di atas. In shaa Allah. Selamat menjalankan puasa, makan yang baik dan sehat, selamat beraktifitas. 


 
Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi no. 747

Simak selengkapnya disini. Klik https://muslim.or.id/17854-puasa-senin-kamis.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel