Stek Batang Pokok Tin Langsung Tanam

Stek Batang 

Dalam perbanyakan pokok Tin umumnya dengan cangkok batang. Namun saya mencoba dengan stek batang saja. Alhamdhulillah mulai ada akar yang tumbuh, setelah 3 hari kemudian. 

Apa yang saya kerjakan ini masih coba coba yaitu dengan cara begini:
  1. Potong batang Tin yang tua. Paling mudah yang ada pucuk. Kira kira ada minimal 3 ruas atau lebih.
  2. Kemudian rendam dalam larutan penumbuh akar (Root Up) selama 4 jam. Intinya supaya zat penumbuh akar meresap
    dalam kulit batang Tin.
  3. Kalau tidak ada ambil bawang merah di gecek halus, lalu sedikit air., nah gunakan merendam batang Tin selama 4 jam.
  4. Kemudian siapkan media tanam yang bernutrisi banyak humus atau nitrogen. Banyak unsur N untuk memberikan cepat bertunas. Meski sifat pokok Tin sendiri duluan tumbuh Tunas dari pada akar.
  5. Tancapkan batang yang sudah direndam tadi. bikin lobang dulu. supaya gesekan media tidak membersihkan Zat penumbuh akar di batang.
  6. Lalu sungkup atau tutup dengan plastik . Saya gunakan plastik bekas minum ChatTime atau apa pun.
  7. Tunggu sampai keluar akar dan tumbuh daun daun . baru sedikit demi sedikit di tambah media.
Selamat mencoba cara ini. Lebih cepat perbanyakan dari pada mencangkok menunggu  sampai sebulan.


Tingkat keberhasilan saya 70%. Kalau salah , misal tangan kotor atau kena jamur, maka tingkat keberhasilan menjadi kurang, bahkan mati semua kering.

Air cucian kolam ikan atau Aquarium

Kalau memelihara ikan Lele atau ikan lainnya sangat menguntungkan. Sekali mencuci kolam sekalian menyiram pokok tanaman. Nah pokok Tin sangat subur apabila disiram dengan air cucian ikan. Entah belum tahu pasti, tapi saya gunakan menyiram dengan air dari piara ikan lele. 

Alhamdhulillah hasilnya banyak muncul cabang baru. Bahkan yang Blue Giant langsung kluar biji kecil. Ini kah manfaat air bilas kolam ikan tadi. Semoga ini berguna ya.

Pindahkan ke Polybag Lebih Besar.

Saya memindahkan batang tumbuh Tin ini setelah yakin ada tumbuh akar dan daun muda bersemi baru. Maka akan memindahkan sekitar setelah 1 mingggu , atau sepuluh hari.

Intinya yakin itu kalau dipindah maka akarnya mampu mencari makan sendiri dan tumbuh di media polybag baru. Ingat gunakan media yang porositas tinggi dan mengandung banyak nutrisi. 

Sekam padi dan kotoran hewan

Media tanah tidak cukup. Maka harus diberi media yang menambah porositas yaitu sekam padi. Bisa mentah atau sekam bakar sekalipun. Sedang makanan, nutrisi ditambah dengan kotoran hewan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel