Darah Tinggi dan Herbal

Tekanan Darah Tinggi

Darah Tinggi merupakan hal yang menjadi hantu bagi setiap orang. Terutama orang tua, di atas kepala  lima. Darah Tinggi dan Herba perlu saya share disini dan untuk menambah pengetahuan saja. Karena saya mengalami sendiri dan sudah berusaha melakukan beberapa hal. Ubat atau mengurangkan makan dan mencari informasi dari mana mana sumber. Termasuk mbah Google dan sosial media.

Darting dapat terjadi pada setiap insan, tua terutama. Sedang anak muda jarang meski masih dijumpai ada. 

Banyak ubat Herbal yang dijual dan dipasarkan dimana mana. Sumbernya pun mudah dicari disekitar kita. Jadi tinggal bagaimana kita mau mengkonsumsi.


Secara awam penyebabnya 

Secara orang ramai yang menyebabkan darah tinggi bermacam macam. Dapat karena faktor memakan makanan yang ber kadar kolesterol tinggi. Misalnya makanan laut, sea food, makanan semacam jeroan , ayam, sapi, makanan telur puyuh dan banyak lagi.

Namun yang dapat saya sebut disini penyebab darah tinggi antara lain:
  1. Umur , di atas kepala lima 
  2. Berat badan terlalau berlebih
  3. Konsumsi makanan kurang tepat
  4. Ada faktor keturunan
  5. Konsumsi obat obat yang efek penyebab DT
  6. Konsumsi minum ber alkohol
  7. Jaga Ketentraman Hati
  8. Banyak pikiran masalah
  9. Kurang memperhatikan kesehatan diri
Itulah sembilan penyebab penyakit darah tinggi , menurut pendapat saya. Adapun salah satu faktor yang utama adalah umur dan keturunan. Ini merupakan faktor datang sendirinya dan tidak dapat dihindarkan.
Sedang kedua faktor yang kretif diri kita sendiri. Contoh dari perkara makanan dan konsumsi minum dan atau obat obatan . Dimana tentu yang memberi efek penyebab darah tinggi.
Faktor ketiga yang paling dekat dengan kehidupan sehari hari. Adalah berpikir terlalu , stress, bermasalah dan berat. Biasanya kita sehari hari banyak berjumpa dengan masalah "tidak punyai duit" . Ini sangat mungkin menyebabkan penyakit darah tinggi.  Kalau dipikir terlalu stress.
Biarkan saja kehidupan berjalan sendiri. Sudah ada roda dan putarannya. Tentu akan berlaku sesuai aturan alam. Dan dimana tentu sudah ada yang mengaturnya juga, siapa itu ...Allah ta ala.

Kesehatan harus sering diperhatikan 

Kesehatan harus diperhatikan, maksudnya sering memeriksa.  Periksalah badan atau cek up secara teratur. Jangan sekali seumur hidup baru pergi periksa cek up. Terkadang dalam situasi sehat Tidak pernah terpikirkan untuk pergi dokter. namun baru disadari setelah kurang sehat dan diingatkan oleh dokter.

Banyak alasan memang, alasan biaya, alasan sibuk, alasan ntar dulu atau belum jadwalnya.   Banyak sekali saya mendengar beralasan sibuk. Padahal ini untuk keperluan dirinya sendiri.

Ibarat mesin mobil, dipakai terus tidak pernah diganti oli, atau di cek minyak pelumasnya. Bagaimana jadinya, suatu saat akan rusaklah di tengah jalan.

Maka jadikan pemeriksaan itu perlu, minimal sekali setahun. Atau bila perlu setiap quartal atau sekurangnya setiap semester. Mencari ke dokter yang cocok buat kamu.

Ada 4 hal yang tidak dapat diganti 

Dalam kehidupan se hari hari ini, kalau diperhatikan . Maka ada emapat hal yang susah untuk berganti atau di ganti mendadak. Dan keempat hal tersebut adalah yang berhubungan dengan keperluan pribadi. Hal tersebut adalah
  1. Jahit baju/ pakaian
  2. Gunting rambut/ Salon
  3. Reparasi Bengkel
  4. Ke Dokter/Pemeriksaan Kesehatan
Dari pada emapat hal tersebut, tentu semua kehidupan mengalaminya. Cobalah diingat kembali, apakah kamu sering berganti ganti?.

Tentu lebih nyaman dan bersifat personal kalau dengan yang sudah berlangganan. Semua mudah lancar dan tidak lagi bikin ribet tanya ini itu. Apapun urusannya, cobalah remind untuk kamu.

Jahit baju kalau sudah fit proper pada salah satu penjahit/designer. Memanglah cucok lah sudah, tidak mudah mencari lainnya. Nanti tidak cocok pasang kancing, jahitannnya ngelipat dan macam macam. Apalagi kalau setiap jahitannya sudah memberimu kesan lebih cantik, lebih seksi dan fitting good.   Anah ini jangan sekali pindah lagi.

Salon/gunting rambut, bila sudah cocok senang .  Tahu selera apa kamu suka. Model guntingan mau bagaimana sudah hapal. Salon kecantikan , sudah hapal mau dengan alat macam apa untuk melayani kamu.  Maka jangan sekali pindah kalau sudah ketemu yang fit and proper.

Bengkel, apapun motor, mobil, elektronik  semua. Kalau sudah cocok kerjanya bagus, bersih, harga pun murah juga, pelayanan bagus care full  friendly. Nah itu sudah bagus , maka jangan pindah lagi.  Mereka pekerja bengkel sudah tahu bagaimana penyakin kendaraan kamu.

Dokter, apalagi ini berurusan dengan kesehatan. Kalau kamu sudah cocok dengan dokter , pesan saya jangan pindah pindah. Sebab dia tahu riwayat medis kamu. DIalah yang memberimu obat dan resep kemarin. Tahu takarannya, tahu resiko dan akibatnya. Terhadap badan kamu dan kesehatan. Jangan pindah pindah dokter.  Kecuali memang perlu periksa hal lain. Pun doktermu akan memberikan rekomendasi, mengarahkan.

Stress dan Kurang Santai

Dalam kehidupan, tentu ada pasang dan surutnya. Sesuai aturan alam ada selalu yang namanya kurang. Siapapun dari masyarakat rendah tentu rasa kurang ada. Bagi orang miskin, maaf, lebih banyak merasa kurang. Bagi yang lebih mampu mungkin rasa kurangnya sedikit saja.

Maksud saya disini selalu ada perasaan kurang bagi setiap insan.  Namun  itu jangan menjadi beban hidup yang menjadi besar. Biarlah saja , akan tetapi lakukan sesuatu yang dapat membawamu keluar dari itu.

Bawalah dengan santai dan kurang kan stress kamu. Dengan cara apa saja cobalah berbuat yang sewajarnya dan berlaku tidak "TAMAK".  Karena benda satu ini akan membawamu stress dan kurang santai. Sedikit demi sedikit sifat ini akan membawamu menjadi penyakit.

Cobalah kamu remind sendiri, adakah sudah berlaku release stress kamu. Cobalah melakukan sesuatu yang positif, bergerak atau berbuat suatu hal. Contoh bersenam, berlari kecil kecil. Tarik otot sedikit, loncat loncat, dan slow motion relaxing kemudian. 

Kemudian rasakan seperti relaxation sesudah senam itu. Lepas buang lah tangan ke atas, seolah raih sesuatu. Lepas ke bawah.

Lakukan olah raga ringan saja , setiap saat dan secara rutin komit atas diri kamu.


Berdoa dan dzikir

Ada satu yang dapat kamu lakukan secara rohani. Adalah dengan melakukan dzikir dan doa dapat menghilangkan stress, darah tinggi.  Betul saya pernah melakukan hal ini. Dengan bangun pagi dan berdoa secara rutin memberi makna.  Besar hasilnya bagi saya atas perasaan stress yang dapat menyebabkan darah tinggi.

Saya sudah diberi obat dokter ketika memeriksakan kesehatan. Namun saya berusaha untuk mencari alternatif yang paling dekat . Ya berdoa dan berdzikir saja itu lah yang saya lakukan. 

Kurangkan makan yang kolesterol , ta itu saya juga lakukan. Tidak makan daging , ya juga saya kerjakan.

Namun bagi perasaan saya yang paling yakin bahwa , ketika berdoa. Ini sangat langsung memberikan ketenangan dalam hati. Serasa disiram air pada tanaman kering. Bukan promosi, tapi sekedar berbagi apa yang saya sudah pernah lakukan.


Cari kegiatan rutin dirumah

Mencari kegiatan rutin yang memberikan rasa nyaman dirumah. Misalnya bertanam sayur, bertanam bunga dan membersihakan halaman.

Berkegioatan yang bersifat netral atau tidak menjadi pusing kepala. Ya itulah bercocok tanam sendiri. Apa saja dapat dibuat dalam tanah langsung, atau pot . Semua memberikan arti kegiatan yang dapat diikuti sehari hari. 

Dari beraktifitas dan mengikuti perkembangan pertumbuhan. Setiap pagi, setiap sore dapat kita lihat. Bahkan seolagh berkomunikasi dengan tanaman kamu sendiri. Apakah bagus tumbuhnya atau sudah mau berbuah. nah itu suatu situasi rasa yang paling menyenangkan.  

Coba kamu pandang tanaman bunga yang belum tumbuh bakal bunga.  Nah katakan pada nya kalau kapan akan berbunga. Lalu tunggu beberapa hari kemudia muncul bakal bunga.   Disinilah perasaan kamu seolah dijawab, itulah komunikasi berhasil

Sekaligus menjadi terapi darah tinggi dan herba. Pada hari hari kamu dapat melakukannya sendiri. Dirumah di halaman di kebun.


Obat Herbal darah tinggi

Banyak dikenal obat herba darah tinggi. Dari yang mudah didapatkan sampai yang sukar. Setelah jaman komputer internet ini, semua dapat dicari di mbah Google. Kemudian mencarinya di pasar sesuai nama dan barangnya.

Kadang yang tidak tahu adalah namanya, sedang tanamannnya sudah kamu kenali sejak lam. Namun kurang tahu kegunaannya saja.

Obat Herbal yang dapat membantu mengatasi Darah Tinggi:
  1. Serai : Serai gepuk buat minum teh pagi
  2. Daun Salam  , rebusan daun salam mampu menurunkan DT
  3. Jeli Gamat , ramuan jeli gamat mengobati DT
  4. Temu Ireng, Rebusan temj ireng dapat turunkan DT
  5. Buah Tin, makanlah buah surga ini sering mungkin
  6. Kelor daun, ubi , Ubi dan daun kelor mampu mengobati DT.
Selain daun dari atas tersebut, maka ada juga ramuan penurun darah tinggi. Salah satu ramuan menurunkan darah tinggi adalah 
  1. Ramuan Jahe, Jeruk, Bawang Putih, Cuka Apel, madu kurma. Caranya Jahe di parut halus, bw putih juga parut halus, tambah cuka apel, tambah madu kurma dan sedikit perasan jeruk.  Simpan bahan siap tadi dikulkas, dan konsumsi setelah 3 sd 5 hari.  Untuk koesterol dan darting
  2. Ramuan Jeli Gamat , dikenal sekali menurunkan darah tinggi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel